√ Download Perangkat Pembelajaran Prakarya Kelas 8 Jenjang Smp/Mts K13 Revisi Terbaru

Sejarah Prakarya di Indonesia dimulai dari acara nonformal yang bersinggungan dengan tradisi lokal yang memuat sistem budaya, teknologi lokal, serta nilai-nilai kehidupan sosial. Oleh karenanya, penataan pelajaran Prakarya pada Kurikulum 2013 berjalan mengikuti perubahan serta berpijak pada perkembangan IPTEK yang mendasarkan pada budaya lokal. Hal ini diajukan alasannya ialah kekuatan local genius dan local wisdom masih unggul dan menjadi sistem nilai kerja pada setiap kawasan sebagai potensi lokal. Konteks pendidikan kearifan lokal, pelajaran Prakarya berbasis budaya, diselenggarakan pada tingkat awal. Konten pendidikan Prakarya dari kearifan lokal berupa pendidikan:

 Sejarah Prakarya di Indonesia dimulai dari acara nonformal yang bersinggungan dengan t √ Download Perangkat Pembelajaran PRAKARYA Kelas 8 Jenjang SMP/MTs  K13 Revisi Terbaru

Tata nilai, sumber etika, dan moral dalam kearifan lokal, sekaligus sebagai sumber pendidikan huruf bangsa, (2) teknologi sempurna guna yang masih relevan dikembangkan untuk menumbuhkan semangat pendidikan keterampilan proses produksi, dan (3) materi kearifan lokal.
Dasar pembelajaran berbasis budaya ini dibutuhkan sanggup menumbuhkan nilai ‘kearifan lokal’ dan ‘jati diri’ sehingga tumbuh semangat kemandirian, kewirausahaan, dan kesediaan melestarikan potensi dan nilai-nilai kearifan lokal. Hal ini didasari pada kondisi kasatmata bahwa efek kuat budaya luar masih perlu menerima perhatian terhadap budaya siswa.

Pelajaran Prakarya juga memperhatikan wawasan pasar, dengan mendasarkan pada prinsip pendidikan dan latihan (diklat). Hal ini sesuai dengan impian Inpres No. 6 tahun 2009 perihal Pengembangan Pendidikan Kewirausahaan, Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa, dan Belajar Aktif dan Naturalistik dilaksanakan dengan pendekatan kontekstual. Isi Instruksi

Presiden tersebut menyangkut kebijakan Pengembangan Ekonomi Kreatif untuk periode 2009-2019, yakni pengembangan acara ekonomi menurut pada kreativitas, keterampilan, dan talenta individu untuk membuat daya kreasi dan daya cipta individu yang bernilai hemat dan kuat pada kesejahteraan masyarakat Indonesia.

Tantangan pelajaran Prakarya dalam menghadapi problem internal dan eksternal dibutuhkan keterpaduan: (1) pemahaman nilai tradisi dan kearifran lokal serta teknologi sempurna guna, (2) adopsi sistem produksi dengan teknologi dasar, serta (3) mendasarkan wawasan training dengan kewirausahaan. Dasar keterampilan yang menjadi acuan pengembangan adalah: rekayasa, pengolahan, akal daya, dan kerajinan. Secara garis besar, pelajaran Prakarya dibutuhkan memperhatikan: (1) pendidikan budaya dan huruf bangsa sebagai bab integral yang tak terpisahkan dari pendidikan nasional, (2) pendidikan budaya dan huruf bangsa yang dikembangkan secara komprehensif sebagai proses pembudayaan, (3) fasilitasi pendidikan dan kebudayaan secara kelembagaan perlu diwadahi secara utuh, (4) pendidikan budaya dan huruf bangsa sebagai tanggung jawab bersama antara pemerintah, masyarakat, sekolah dan orangtua, dan (5) revitalisasi pendidikan dan budaya huruf bangsa dalam menggugah semangat kebersamaan.

Kewirausahaan ialah proses dinamis antara visi yang ingin dicapai dengan perubahan lingkungan dan kemampuan berkreasi untuk menyelaraskan visi dan perubahan lingkungan. Proses dinamis tersebut perlu didorong oleh energi dan hasrat yang tinggi untuk menemukan ide-ide gres dalam memecahkan setiap problem yang timbul selama proses harmonisasi.

Kewirausahaan pada mata pelajaran Prakarya di SMP/MTs arah pembelajarannya lebih kepada memfasilitasi siswa menyebarkan diri dengan kecakapan hidup (life skill) dan diarahkan pada pembentukan huruf kewirausahaan dengan menyebarkan sikap, pengetahuan dan penumbuhan nilai-nilai kewirausahaan. Pembentukan nilai-nilai huruf kewirausahaan ini dimulai dari penyelarasan antara kemampuan dan kesukaan dengan minat dan motif berwirausaha dengan tujuan melatih koordinasi otak dengan keterampilan teknis. Selain itu, pengembangan keterampilan diarahkan kepada teknologi sempurna guna dengan mengganti bahan, bentuk serta keteknikan kepada pemenuhan prakarya family/home skill dan life skill dengan berbasis pada potensi/konteks lokal (kearifan lokal) setempat.

Download File
Download Perangkat Pembelajaran PRAKARYA Kelas 8 Jenjang SMP/MTs, DISINI

Belum ada Komentar untuk "√ Download Perangkat Pembelajaran Prakarya Kelas 8 Jenjang Smp/Mts K13 Revisi Terbaru"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel