√ Download Perangkat Pembelajaran Prakarya Kelas 9 Jenjang Smp/Mts K13 Revisi Terbaru

Mata pelajaran Prakarya secara umum dirancang dengan tujuan membekali siswa semoga mampu: membuatkan kreativitas melalui pembuatan produk berupa kerajinan, rekayasa, kecerdikan daya, dan pengolahan yang bermanfaat dalam kehidupan sehari-hari; membuatkan kreativitas melalui: mencipta, merancang, memodifikasi (menggubah), dan merekonstruksi menurut pendidikan teknologi dasar, kewirausahaan, dan kearifan lokal; melatih kepekaan rasa siswa terhadap perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni untuk menjadi inovator dengan mengembangkan: rasa ingin tahu, rasa kepedulian, rasa mempunyai bersama, rasa keindaha,n dan toleransi;membangun jiwa berdikari dan inovatif siswa yang berkarakter: jujur, bertanggungjawab, disiplin, dan peduli; dan menumbuhkembangkan berpikir teknologi dan estetis: cepat, tepat, cekat serta estetis, hemat dan praktis

 Mata pelajaran Prakarya secara umum dirancang dengan tujuan membekali siswa semoga bisa √ Download Perangkat Pembelajaran PRAKARYA Kelas 9 Jenjang SMP/MTs K13 Revisi Terbaru

RUANG LINGKUP
Ruang lingkup mata pelajaran Prakarya mempunyai 4 aspek, yaitu:

Kerajinan
Kerajinan sanggup dikaitkan dengan kerja tangan yang balasannya merupakan benda untuk memenuhi tuntutan kepuasan pandangan estetika - ergonomis, dengan simbol budaya, kebutuhan tata upacara dan kepercayaan (theory of magic and relligy), dan benda fungsional yang dikaitkan dengan nilai pendidikan pada mekanisme pembuatannya. Lingkup ini sanggup digali dari potensi lokal, seni terap (applied art), dan desain kekinian (modernisme dan postmodernisme).

Rekayasa
Rekayasa terkait dengan beberapa kemampuan: merancang, merekonstruksi dan membuat benda produk yang bermanfaat dalam kehidupan sehari-hari dengan pendekatan pemecahan masalah. Sebagai contoh, rekayasa penyambungan balok kayu untuk membuat susunan (konstruksi) kerangka atap rumah, harus dilakukan dengan prinsip ketepatan semoga susunan rumah tidak gampang runtuh. Lingkup ini memerlukan kesatuan pikir dan kecekatan tangan membuat susunan mengarah kepada: berpikir kreatif, praktis, efektif, ketepatan dan hemat serta berpikir prediktif.

Budi daya
Budi daya berpangkal pada cultivation, yaitu suatu perjuangan untuk menambah, menumbuhkan, dan mewujudkan benda atau makhluk hidup semoga lebih besar/tumbuh dan berkembang biak. Kinerja ini membutuhkan perasaan seolah dirinya pembudi daya. Prinsip pembinaan rasa dalam kinerja budidaya ini akan menunjukkan hidup pada flora atau hewan, namu,n dalam bekerja diharapkan sistem yang berjalan rutin atau prosedural. Manfaat edukatif teknologi kecerdikan daya ini yakni pembinaan perasaan, pembinaan kemampuan memahami pertumbuhan dan menyatukan dengan alam (ecosystem) menjadi siswa yang berpikir sistematis menurut potensi kearifan lokal.

Pengolahan
Pengolahan artinya membuat, membuat materi dasar menjadi benda produk jadi, semoga sanggup dimanfaatkan. Pada prinsipnya kerja pengolahan yakni mengubah benda mentah menjadi produk jadi pangan yang mempunyai nilai tambah melalui teknik pengelolaan seperti: mencampur, mengawetkan, dan memodifikasi, sehingga menghasilkan produk pengolahan pangan. Manfaat edukatif teknologi pengolahan bagi pengembangan kepribadian siswa yakni pembinaan rasa yang sanggup dikorelasikan dalam kehidupan sehari-hari, sistematis yang dipadukan dengan pikiran serta prakarya.

Download File
Download Perangkat Pembelajaran PRAKARYA Kelas 9, DISINI

Belum ada Komentar untuk "√ Download Perangkat Pembelajaran Prakarya Kelas 9 Jenjang Smp/Mts K13 Revisi Terbaru"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel