√ Download Buku Pedoman Penilaina Pembelajaran Paud (Tk Ra Kb Tpa Ba)

Download Buku Pedoman Penilaina Pembelajaran PAUD √ Download Buku Pedoman Penilaina Pembelajaran PAUD (TK RA KB TPA BA)

Tujuan Penilaian
Tujuan penilaian ialah untuk mengetahui dan menindaklanjuti pertumbuhan dan perkembangan yang dicapai penerima didik selama mengikuti pendidikan PAUD.

Fungsi Penilaian
Fungsi penilaian adalanh sebagai berikut :
  1. Memberikan umpan balik kepada guru untuk memperbaiki kegiatan pembelajaran, termasuk dalam penyusunan kegiatan kegiatan.
  2. Memberikan materi pertimbangan bagi guru untuk melaksanakan kegiatan bimbingan terhadap penerima didik biar fisik maupun psikisnya sanggup tumbuh dan berkembang secara optimal.
  3. Memberikan materi pertimbangan bagi guru untuk menempatkan anak dalam kegiata yang sesuai dengan minat dan kebutuhannya.
  4. Memberikan informasi kepada orang renta perihal pertumbuhan dan perkembangan yang telah dicapai oleh anak sebagai bentuk pertanggung tanggapan PAUD.
  5. Memberikan informasi bagi orangtua untuk melaksanakan pendidikan keluarga yang sesuai dan terpadu dengan proses pembelajaran di PAUD. Memberikan materi masukan bagi banyak sekali pihak dalam rangka pelatihan selanjutnya terhadap penerima didik.


Prinsip – Prinsip Penilaian
Sistematis
Penilain harus dilakukan secara sistematis, artinya kegiatan penialaian dilakukan secara teratur dan terprogram, sesuai dengan planning yang telah disusun, kebutuhan kasatmata yang ada di lapangan, dan atau karakteristik penggunaan instrument yang akan digunakan.

Menyeluruh
Penilain meliputi semua aspek perkembangan anak yang meliputi : nilai – nilai agama dan moral, motorik, kognitif, bahasa, serta social emosional. Disamping aspek yang dinilai, sesuai sifat dan tingkat kedalamannya, kegiatan penilaian juga sanggup menggali data dari berbagaisumber yang relevan dengan aspek yang dinilai.

Berkesinambungan
Penilain dilakukan secara terencana, sedikit demi sedikit dan terus menerus untuk memperoleh citra perihal pertumbuhan dan perkembangan penerima didik.

Objektif
Proses dan hasil – hasil penilaian dilakukan sesuai dengan kondisi anak yang sebetulnya dan semata – mata untuk kepentingan pertumbuhan dan perkembangan anak.oleh jadinya hal – hal lain yang tidak bekerjasama dengan pertumbuhan dan perkembangan anak tidak menjadi bab dari pertimbangan dalam penilaian.

Mendidik
Proses dan hasil penilaian sanggup dijadikan dasar untuk memotivasi, membuatkan dan membina anak biar tumbuh dan berkembang secara optimal.

Kebermaknaan
Hasil penilaian harus memiliki arti dan bermanfaat bagi penerima didik, orangtua, guru dan pihak lain yang relevan.

Teknik Penilaian
Penilaian di PAUD dilaksanakan menurut citra / deskripsi pertumbuhan dan perkembangan, serta unjuk kerja penerima didik yang diperoleh dengan memakai banyak sekali teknik penilaian. Dalam kegiatan pembelajaran sehari – hari, penggunaan banyak sekali teknik penilaian ini terintegrasi dengan kegiatan pembelajaran itu sendiri, sehingga guru tidak harus memakai instrument khusus. Untuk anak – anak yang menawarkan perkembangan dan sikap yang khas, dan memerlukan penanganan secara khusus diharapkan instrument yang khusus pula menyerupai disajikan dalam lempiran pedoman. Beberapa teknik penilaian yang sanggup dilakukan di PAUD, diantaranya :

Observasi
Observasi merupakan pengamatan yang dilakukan secara pribadi dan alamiah untuk mendapat data dan informasi perihal perkembangan anak dalam banyak sekali situasi dan kegiatan yang dilakukan. Agar observasi lebih terarah, guru sanggup memakai instrument observasi, baik yang dikembangkan oleh guru sendiri maupun memakai instrumen yang sudah tersedia, dengan tetap mengacu pada indicator pencapaian perkembangan anak.

Catatan Anekdot
Catatan anekdot intinya merupakan bab dari teknik observasi. Catatan anekdot lebih memfokuska pada catatan perihal sikap dan sikap anak yang terjadi secara khusus atau insiden yang terjadi secara incidental / datang – tiba.

Percakapan
Percakapan yang dilakukan untuk mendapat informasi perihal pengetahuan atau budi sehat anak mengenai sesuatu hal.

Penugasan
Penugasan merupakan cara penilaian berupa sumbangan kiprah yang harus dikerjakan penerima didik dalam waktu tertentu baik secara perorangan maupun kelompok. Misalnya : melaksanakan percobaan dengan menanam cabe, tomat dan kacang – kacangan, menciptakan banyak sekali bentuk dengan materi dasar plastisin, tanah liat, campuran (playdough) dan jenis penugasan lainnya.

Unjuk Kerja (Performance)
Unjuk kerja merupakan penilaian yang menuntut penerima didik untuk melaksanakan kiprah dalam perbuatan yang sanggup diamati, contohnya praktek menyanyi, olahraga, menari dan bentuk praktek lainnya.

Hasil Karya
Hasil karya ialah hasil kerja penerima didik sehabis melaksanakan sesuatu kegiatan sanggup berupa pekerjaan tangan atau karya seni. Hasil karya anak sanggup dipajangkan dalam bentuk berdikari atau bentuk pekan raya karya anak yang disajikan secara bersama – sama.

Pengembangan Perangkat Penilaian Sendiri
Seorang guru dimungkinkan untuk membuatkan perangkat penilaian atau asesmen sendiri, sesuai dengan kebutuhan. Misalnya, untuk mendapat citra secara lebih rinci berkenaan dengan aktifitas anak, seorang guru sanggup membuatkan instrumen observasi untuk mengamati aktifitas anak dalampercobaan sains, atau instrument untuk mengetahui minat anak terhadap materi bacaan.

Penggunaan Instrumen Standar
Disamping instrument yang dikembangkan oleh guru, instrument lain yang juga sanggup digunakan, khususnya dalam kegiatan asesmen dan untuk kasus – kasus yang perlu penanganan khusus ialah instrument – instrument yang terstandar, menyerupai instrument untuk mendeteksi tingkat kecerdasan atau kematangan anak. Penggunaan instrument ini umumnya melibatkan pihak lain yang andal di bidangnya.

Portofolio
Portofolio pada hakikatnya merupakan kumpulan atau rekam jejak banyak sekali hasil kegiatan atau catatan – catatan guru perihal banyak sekali aspek perkembangan anak dalam kurun waktu tertentu, contohnya dalam kurun waktu satu semester atau satu tahun. Berdasarkan data tersebut, guru melaksanakan analisis untuk memperoleh kesimpulan perihal citra simpulan perkembangan anak menurut semua indicator yang telah ditetapkan setiap semester.

Donwload File

Belum ada Komentar untuk "√ Download Buku Pedoman Penilaina Pembelajaran Paud (Tk Ra Kb Tpa Ba)"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel