√ Download Juknis Fatwa Acara Pekan Raya Penemuan Dan Kewirausahawan Siswa Indonesia ( Fiksi ) Tahun 2019

Pedoman Kegiatan Festival Inovasi Dan Kewirausahawan Siswa Indonesia √ Download Juknis Pedoman Kegiatan Festival Inovasi Dan Kewirausahawan Siswa Indonesia ( FIKSI ) Tahun 2019

Dari sisi kebijakan, Rencana Pembangunan Jangka Menengah III (2019-2019) pada peta perjalanan pembangunan pendidikan Pedoman Kegiatan FIKSI 2019 9 bertujuan untuk memantapkan pembangunan secara menyeluruh dengan menekankan pembangunan keunggulan kompetitif perekonomian yang berbasis pada sumber daya alam yang tersedia, sumber daya insan yang berkualitas, serta kemampuan Iptek. Tema pembangunan pendidikan tahun 2019-2019 yakni Daya Saing Regional. Hal ini senada dengan pentingnya membangun daya saing generasi muda dalam menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN yang nantinya juga dipersiapkan semoga berdaya saing internasional.

Pemerintah yang mempunyai tujuan untuk meningkatkan kualitas pendidikan melalui jalan revolusi mental juga menghendaki semoga para penerima ajar mempunyai huruf yang sanggup berdiri diatas kaki sendiri dan berkepribadian. Atas dasar itulah kewirausahaan menjadi sangat ideal untuk dikembangkan di tingkat SMA.

Data tahun 2012-2013 pada Kementerian Koperasi dan KUKM mengatakan bahwa industri di Indonesia didominasi oleh skala mikro (sejumlah 98,77%), diikuti oleh skala kecil (1,13%), skala menengah (0,09%), dan skala industri besar (0,01%). Ketimpangan proporsi ini hanya bisa diatasi kalau perusahaan/industri skala mikro dan kecil ditingkatkan sehingga mencapai skala menengah. Adalah kiprah kaum terdidik dan terampil negeri ini untuk menyiapkan angkatan muda Indonesia menjadi generasi yang sanggup berkontribusi bagi kesejahteraan bangsa melalui keterlibatan aktifnya dalam meningkatkan kelas-kelas industri skala mikro dan kecil tersebut. Patut dicatat juga, bahwa segala upaya untuk menyiapkan angkatan muda tersebut harus dilakukan secara sedikit demi sedikit dan berkelanjutan, bukan sekedar aktivitas sesekali yang bersifat seremonial untuk mendapat ‘pemenang’. 

Terselenggaranya Festival Inovasi dan Kewirausahaan Siswa Indonesia (FIKSI) dirintis oleh Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Atas atas dasar semangat tersebut. Program ini dimaksudkan untuk memfasilitasi para siswa SMA/MA yang mempunyai minat dan talenta berwirausaha dan memulai perjuangan dengan basis ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni. Fasilitas yang diberikan mencakup pendidikan dan training kewirausahaan sosial, penyusunan rencana wirausaha (business plan), serta keberlanjutan usaha.

Sumber : psma.kemdikbud.go.id
Download File

Belum ada Komentar untuk "√ Download Juknis Fatwa Acara Pekan Raya Penemuan Dan Kewirausahawan Siswa Indonesia ( Fiksi ) Tahun 2019"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel