√ Panduan Terbaru Ihwal Pembuatan Rpp Ktsp Dan K13
Sesuai dengan Permendiknas No. 41 tahun 2007 perihal Standar Proses, maka ada 3 proses yang harus dilalui oleh penerima didik pada acara inti di acara pembelajaran. ” Kegiatan inti merupakan proses pembelajaran untuk mencapai KD. Kegiatan pembelajaran di¬lakukan secara interaktif, inspiratif, menyenang¬kan, menantang, memotivasi penerima didik untuk berpartisipasi aktif, serta memperlihatkan ruang yang cukup bagi prakarsa, kreativitas, dan kemandirian sesuai dengan bakat, minat, dan perkembangan fisik serta psikologis penerima didik. Kegiatan ini dilakukan secara sistematis dan sistemik melalui proses eksplorasi, elaborasi, dan konfirmasi.”Apa, dan bagaimana proses tersebut?
Kegiatan Eksplorasi
Dalam acara eksplorasi, guru melaksanakan acara berikut:
- Melibatkan penerima didik mencari info yang luas dan dalam perihal topik/tema Materi yang akan dipelajari dengan menerapkan prin¬sip alam takambang jadi guru dan berguru dari aneka sumber;
- Menggunakan bermacam-macam pendekatan pembela¬jaran, media pembelajaran, dan sumber berguru lain;
- Memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara penerima didik dengan guru, lingkungan, dan sumber berguru lainnya;
- Melibatkan penerima didik secara aktif dalam se¬tiap acara pembelajaran; dan
- Memfasilitasi penerima didik melaksanakan per¬cobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
Macam-macam alternatif acara eksplorasi:
- Membaca tentang
- Mendengar tentang
- Berdiskusi tentang
- Mengamati model (teks/ karya)
- Mengamati demonstrasi
- Mengamati simulasi kasus
- Mengamati 2 perbandingan (yang salah dan yang benar)
- Mencoba melaksanakan acara trtentu
- Membaca masalah (bedah kasus)
- Talk show
- Werwawancara dengan sumber tertentu (menggali informasi)
- Observasi terhadap lingkungan
- Mencoba melaksanakan kompetensi dengan kemampuan awalnya
- Mencoba bereksperimen
- Bernyanyi (berkaitan dengan konsep yang akan dibahas)
- Bermain (berkaitan dengan konsep yang akan dibahas
Kegiatan Elaborasi
Dalam acara elaborasi, guru melaksanakan hal-hal berikut.
- membiasakan penerima didik membaca dan menulis yang bermacam-macam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
- memfasilitasi penerima didik melalui pinjaman tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memuncul¬kan gagasan gres baik secara verbal maupun tertulis;
- memberi kesempatan untuk berpikir, menga¬nalisis, menuntaskan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
- memfasilitasi penerima didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
- memfasilitasi penerima didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
- memfasilitasi penerima didik menciptakan laporan eksplorasi yang dilakukan baik verbal maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
- memfasilitasi penerima didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
- memfasilitasi penerima didik melaksanakan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
- memfasilitasi penerima didik melaksanakan acara yang menumbuhkan pujian dan rasa per¬caya diri penerima didik.
Macam-macam alternatif acara elaborasi:
- Diskusi/ mandiri
- Mengidentifikasi ciri
- Menemukan konsep
- Melakukan generalisasi
- Mencari bagian-bagian
- Mendeskripsikan persamaan dan perbedaan
- Memasukkan dalam kelompok yang mana (memilah-milah)
- Membandingkan dengan dunia kasatmata atau pengetahuan yang telah dimiliki (analisis beda dan persamaannya)
- Menganalisis mengapa terjadi begini/ begitu dari hasil eksperimen/ demonstrasi
- Meramalkan apa yang akan terjadi dari eksperimen
- Mengidentifikasi mana yang beda/sama dengan model bandingkan/kriteria dan mana yang lebih baik
- Mengidentifikasi apa yang salah/benar, mengapa salah/benar
- Mengurutkan
- Mengelompokkan
- Mengkombinasikan
- Menyusun mana yang bekerjasama dan mana yang tidak
- Menguhung-hubungkan (mencari model hubungan)
- Memasangkan contoh dan bukan contoh (memanfaatkan model bandingan untuk elaborasi)
Kegiatan Konfirmasi
Dalam acara konfirmasi, guru melaksanakan kegiatan-kegaiatan berikut.
- memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan penerima didik,
- memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan klarifikasi terperinci penerima didik melalui aneka macam sumber,
- memfasilitasi penerima didik melaksanakan refleksi untuk memperoleh pengalaman berguru yang telah dilakukan,
- memfasilitasi penerima didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar;
- berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan penerima didik yang menghadapi kesulitan, dengan memakai bahasa yang baku dan benar;
- membantu menuntaskan masalah;
- memberi pola semoga penerima didik sanggup melaksanakan pengecekan hasil eksplorasi;
- memberi info untuk bereksplorasi lebih jauh;
- memberikan motivasi kepada penerima didik yang kurang atau belum berpartisipasi
Macam-macam alternatif acara konfirmasi:
- Penyimpulan
- Memberikan balikan apa yang dikerjakan penerima didik
- Penjelasan mengapa salah
- Penjelasan mana yang bnar dan yang salah
- Meluruskan yang salah
- Menegaskan yang benar
- Melanjutkan/ menambahkan yang kurang
- Mengangkat masalah yang salah dan yang benar - menjelaskan mengapa salah/benar
- Menyimpulkan konsep, kriteria , prinsip, cara mencapai yang lebih baik, contoh dan bukan contoh
- Memperluas contoh yang bebar dan yang salah
- Menjelaskan bagaimana seharusnya
- Menciptakan rubrik
Belum ada Komentar untuk "√ Panduan Terbaru Ihwal Pembuatan Rpp Ktsp Dan K13"
Posting Komentar