√ Nomor Atom, Nomor Massa, Isotop, Isobar, Dan Isoton

NOMOR ATOM DAN NOMOR MASSA

Suatu atom mempunyai sifat dan massa yang unik dan berbeda satu sama lain. Dalam inovasi partikel penyusun atom dikenal istilah nomor atom (Z) dan nomor massa (A).

NOMOR ATOM (Z)

Unsur yang stabil mempunyai jumlah nomor atom (Z) yang sama dengan jumlah protonnya. Nomor atom juga menawarkan ciri unik suatu unsur, lantaran atom bersifat netral maka jumlah proton sama dengan jumlah elektron. Sehingga nomor atom juga mengambarkan jumlah elektron. Elektron inilah yang nantinya paling memilih sifat suatu unsur. Nomor atom ditulis agak ke bawah sebelum lambang unsur. Atom oksigen mempunyai 5 proton dan 5 elektron sehingga nomor atomnya 5.



NOMOR MASSA (A)

Massa elektron sangat kecil, dianggap nol. Sehingga massa atom ditentukan oleh inti atom yaitu proton dan neutron. Nomor massa ditulis agak ke atas sebelum lambang unsur. Atom oksigen mempunyai nomor atom 8 dan nomor massa 16, sehingga atom oksigen mengandung 8 proton dan 8 neutron.


ISOTOP, ISOBAR, ISOTON


Setelah penulisan lambang atom unsur dan inovasi partikel penyusun atom, ternyata ditemukan adanya unsur-unsur yang mempunyai jumlah proton yang sama tetapi mempunyai massa atom yang sama dan ada pula unsur-unsur yang mempunyai jumlah neutron sama atau massa atom yang sama tetapi nomor atom berbeda. Untuk itu dikenalkanlah istilah isotop, isobar dan isoton.

ISOTOP

Atom yang mempunyai nomor atom yang sama tetapi mempunyai nomor massa yang berbeda disebut dengan isotop.
Contoh Isotop :



Jika unsur mempunyai jumlah elektron yang sama maka setiap isotop 1 unsur mempunyai sifat-sifat kimia yang sama pula. Isotop-isotop unsur ini sanggup dipakai untuk memilih massa atom relatif (Ar), atom tersebut menurut kelimpahan istop dan massa atom semua isotop. 

Contoh :

Suatu Oksigen yang ada di alam terdiri dari 3 isotop dengan kelimpahan sebagai berikut :

Hitunglah massa atom rata-rata atau Ar dari unsur oksigen diatas?
Jawab :


ISOBAR

Isobar yakni Perbandingan unsur-unsur yang mempunyai nomor massa yang sama. Adanya isotop yang menciptakan adanya isobar.




ISOTON

Isoton yakni perbandingan suatu atom yang mempunyai jumlah netron sama namun jumlah protonnya berbeda, bahwa neutron yakni selisih (hasil kurang) antara nomor massa dengan nomor atom. Maka isoton tidak sanggup terjadi untuk unsur yang sama.



Ringkas:

Isotop yakni atom dari unsur yang sama, tetapi berbeda massa. Perbedaan massa disebabkan perbedaan jumlah neutron. Atom unsur yang sama sanggup mempunyai jumlah neutron yang berbeda. Isobar yakni atom dari unsur yang berbeda, tetapi mempunyai nomor massa sama. Isoton yakni atom dari unsur yang berbeda, tetapi mempunyai jumlah neutron sama.



Sumber:
Utami, Budi, dkk. 2009. Kimia Untuk SMA/MA Kelas X. Jakarta: Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional.


Belum ada Komentar untuk "√ Nomor Atom, Nomor Massa, Isotop, Isobar, Dan Isoton"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel