√ Cara Update Dan Juknis Panduan Lengkap Penggunaan Aplikasi Siskeudes Terbaru 2019

Koneksi database harus dilakukan pada ketika pertama kali aplikasi digunakan. Koneksi database disimpan dalam file config.ini pada folder aplikasi keuangan desa. Koneksi database secara default memakai tab koneksi Microsoft Acces Database

 Koneksi database harus dilakukan pada ketika pertama kali aplikasi dipakai √ Cara Update Dan Juknis Panduan Lengkap Penggunaan Aplikasi Siskeudes Terbaru 2019

Pada inteface koneksi data tersedia 2 pilihan opsi koneksi, via ODBC (Open Database Connectivity) atau Direct Acces. Dengan koneksi via ODBC, aplikasi keuangan desa melaksanakan pembacaan data tidak secara eksklusif ke Driver MsAcces akan tetapi memakai mesin ODBC pada sistem operasi windows. Sedangkan Direct Acces pembacaan file eksklusif dilakukan pada file database yang bersangkutan.

Penggunaan opsi koneksi ODBC mengharuskan sistem komputer terinstall Microsoft Jet OleDB 4.0 pada Microsoft Office 2000-2003. Sehingga untuk komputer yang tidak terinstall office 2003 tidak sanggup memakai fitur ini. Apabila ingin tetap memakai fitur ini yaitu dengan cara menambahkan instalasi Office Acces 2003 atau Acces Database Engine. Untuk memastikan apakah fitur ini sanggup dipakai sanggup dilihat pada Control Panel Windows pada tab System & Security => Adminstratif Tools => Datasource Secara teknis penggunaan opsi via ODBC lebih disarankan dan lebih menjamin keamanan data dari kerusakan (corrupt) dan sanggup dipakai pada mode multiuser dengan cara melaksanakan sharing folder database “DataAPBDes.mde”.

Penggunaan opsi Direct Acces menciptakan aplikasi eksklusif melaksanakan pembacaan file pada database keuangan desa. Opsi ini dipakai apabila dalam komputer tidak tersedia Microsoft Jet Oledb4.0 untuk “*.mdb” pada komputer yang hanya terinstall office2007, 2010 atau 2013. Penggunaan opsi ini tidak disarankan alasannya yaitu pada kondisi tertentu, menyerupai komputer lambat, low memory atau komputer terinfeksi virus sanggup menciptakan database rusak atau corrupts.

Penggunaan opsi ini hanya untuk single user atau dengan kata lain hanya untuk komputer PC atau Laptop secara stand alone (tidak memakai jaringan). Penggunaan aplikasi dengan mode ODBC lebih disarankan jikalau dibandingkan dengan mode Direct Acces demi keamanan data. Untuk komputer yang sudah terlanjut terpasang Office 2007 s.d 2013 biar menambahkan office acces 2003 sehingga sanggup memakai fitur ODBC. Penggunaan aplikasi dengan memakai database SQLServer biar menghubungi Tim Pengembang. Tatacara pengoperasian dan penggunaan aplikasi pada dabase SQLServer sama menyerupai tatacara penggunaan database pada aplikasi Simda BPKP.

Untuk pemeliharaan data keuangan desa pada database microsoft acces, pengguna aplikasi biar melaksanakan compact and repair database secara terpola untuk memampatkan database. Proses ini sanggup dilakukan minimal 1 bulan sekali. Cara melaksanakan compact and repair database yaitu dengan membuka database aplikasi keuangan desa “DataAPBDes.mde” pada folder aplikasi dan menentukan sajian yang tersedia Proses pemampatan data hanya sanggup dilakukan ketika aplikasi sedang tidak aktif. Oleh alasannya yaitu itu aplikasi keuangan desa harus ditutup dengan tepat terlebih dahulu sebelum proses compact and repair database dilakukan.

Untuk Selengkapnya Silakan Download

Belum ada Komentar untuk "√ Cara Update Dan Juknis Panduan Lengkap Penggunaan Aplikasi Siskeudes Terbaru 2019"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel