√ Panduan Lengkap Instal Aplikasi Sistem Gosip Desa ( Opensid )

Panduan ini ditujukan untuk pengguna komputer dengan sistem operasi Windows. Instalasi SID versi 3.04 ini telah menghimpun proses instalasi webserver dan aplikasi SID dalam satu langkah, dengan tahap-tahap sebagai berikut:

 Panduan ini ditujukan untuk pengguna komputer dengan sistem operasi Windows √ Panduan Lengkap Instal Aplikasi Sistem Informasi Desa ( OpenSID )

Untuk Panduan intal lengkap dengan gambarnya silakan download Panduan Penggunaan Aplikasi SID, DISINI
  1. Download Aplikasinya DISINI
  2. Copy file SID-3.04-Setup_win_x86_x64.exe (master aplikasi) ke komputer yang akan dijadikan server SID.
  3. Klik kanan pada ikon master aplikasi. Klik “Run as Administrator” untuk melaksanakan sanksi instalasi.
  4. Terbuka jendela instalasi aplikasi SID.
  5. Baca “Lembar Persetujuan” dan klik “Accept”
  6. Pilih Destination Folder (folder tujuan) instalasi aplikasi pada Direktori C:\ kemudian klik “Install”
  7. Proses instalasi akan berjalan, tunggu sampai selesai
  8. Ketika proses instalasi selesai, akan terbuka jendela cmd.exe. Tekan tombol mana saja (press any key to continue) untuk menjalankan aplikasi Apache dan MySQL pada webserver.
  9. Terbuka jendela XAMPP Control Panel, yang menunjukan proses instalasi webserver telah berhasil. Perhatikan bahwa module Apache dan MySQL telah aktif (running).
  10. Klik kotak di sisi kiri module Apache dan MySQL sampai muncul tanda centang/contreng hijau untuk mengakibatkan XAMPP otomatis hidup dikala komputer server dihidupkan. Caranya mengaktifkan service dengan klik “Stop” dulu module Apache dan MySQL, gres kemudian klik tanda silang merah pada “Service” sampai ikon bermetamorfosis centang hijau (Ada kotak persetujuan yang harus diklik “Yes”).
  11. Setelah itu, jalankan kembali module Aphace dan MySQL dengan klik tombol “Stop” menjadi “Start”. Aktifkan satu per satu.
  12. Tutup jendela XAMPP Control Panel dan restart komputer.
  13. Buka web-browser (Mozilla Firefox/Chrome). Ketik: localhost Tekan: enter
  14. Akan tampil halaman depan (front-end) website desa (lokal) pada komputer server dengan alamat: http://localhost/index.php/first
  15. Untuk masuk ke halaman eksekutif (back-end), klik goresan pena Sistem Informasi Desa (SID) yang ada di bab bawah (footer) halaman website desa.
  16. Akan tampil halaman log-in di alamat: http://localhost/index.php/siteman Ketik Username : admin Password : sid304 (username dan password ini direkomendasikan untuk diubah sesudah instalasi sebagai langkah pengamanan sistem)
  17. Akan tampil halaman eksekutif (back-end) di alamat: http://localhost/index.php/hom_desa Olah data desa dengan aplikasi SID sudah dapat dilakukan.

Belum ada Komentar untuk "√ Panduan Lengkap Instal Aplikasi Sistem Gosip Desa ( Opensid )"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel