√ Download Aplikasi Sistem Isu Desa ( Sid ) Terbaru

Module ini merupakan bab untuk menghimpun data kependudukan sebagai data dasar dalam SID. Data penduduk menjadi dasar bagi pemanfaatan dan pengembangan data berikutnya. Data penduduk yang dimasukkan sebagai dasar ialah data penduduk berbasis Nomor Induk Kependudukan (NIK) sebagaimana yang diatur dalam Undang-Undang perihal Administrasi Kependudukan. Data penduduk berbasis NIK itu lalu sanggup dikembangkan pengelolaan datanya menjadi olah data keluarga, rumah tangga, dan kelompok. Dengan demikian, SID diperlukan dalam semakin gampang dan fleksibel untuk mengelola data penduduk dalam sifatnya yang de jure maupun de facto, sehingga sanggup membuka potenis pemanfaatan data yang lebih terbuka

 Module ini merupakan bab untuk menghimpun data kependudukan sebagai data dasar dalam S √ Download Aplikasi Sistem Informasi Desa ( SID ) Terbaru

Salah satu fungsi aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) ialah untuk mengoptimalkan pelayanan manajemen publik berbasis data. Pelayanan manajemen publik yang sanggup dilakukan dengan aplikasi SID mencakup pelayanan olah data dan pelayanan olah dokumen/surat. Pelayanan olah data sanggup dilakukan dengan memanfaatkan fungsi-fungsi statistik yang sanggup dimanfaatkan untuk laporan dan tumpuan pengambilan keputusan. Pelayanan olah dokumen sanggup dilakukan dari data yang telah diolah dan/atau dari pengelolaan manajemen surat-menyurat.

Aplikasi SID menghimpun seluruh data penduduk desa, sehingga sanggup dipakai untuk data dasar pembuatan surat manajemen kependudukan. Pelayanan manajemen persuratan itu sanggup dikelola oleh pemerintah desa di kantor pemerintah desa masing-masing. Tata cara pemanfaatan module cetak surat aplikasi SID dalam alur pelayanan publik di kantor desa secara garis besar sanggup dilakukan dengan urutan sebagai berikut:
  1. Penduduk pemohon surat tiba dengan membawa kartu identitas diri (KTP atau Kartu Keluarga/KK) dan diterima oleh staf pemerintah desa yang bertugas dalam pelayanan.
  2. Pastikan keberadaan dan status penduduk tersebut dalam database SID di Module "Penduduk". Gunakan akomodasi "Cari" dengan mengisikan nama atau NIK penduduk tersebut. Jika ada perubahan status, perbarui ketika itu juga menurut laporan penduduk yang bersangkutan. Jika penduduk tersebut belum terdaftar dalam database, masukkan data penduduk yang bersangkutan ke dalam SID merujuk pada dokumen kependudukan yang dimilikinya (wajib disertai dengan dokumen pendukung lainnya bagi penduduk pendatang/tinggal sementara). Jika data penduduk tersebut sudah tersimpan dalam SID, pembuatan surat sanggup dilakukan.
  3. Klik module "Cetak Surat" untuk memulai pembuatan surat.
  4. Klik salah satu jenis surat yang akan dibuat, sesuaikan dengan jenis urusan yang diajukan oleh penduduk pemohon surat. Jika jenis surat yang dimohonkan tidak tersedia dalam daftar surat di SID, gunakan jenis surat terakhir yang berjudul "Ubah Sesuaikan".

Download File

Belum ada Komentar untuk "√ Download Aplikasi Sistem Isu Desa ( Sid ) Terbaru"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel