√ Registrasi Bidikmisi 2019 Dibuka, Cek Persyaratan Dan Juknis Panduannya

 Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh √ PENDAFTARAN BIDIKMISI 2019 DIBUKA, CEK PERSYARATAN DAN JUKNIS PANDUANNYA

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.
Mengawali tahun 2019 ini, kami sampaikan bahwa Pemerintah terus berkomitmen untuk fokus meningkatkan pembangunan Sumberdaya Manusia melalui banyak sekali upaya cerdas. 

Bidikmisi yaitu salah satu upaya untuk membantu asa para siswa yang mempunyai keterbatasan ekonomi tetapi berprestasi untuk melanjutkan studi di perguruan tinggi. Bidikmisi yang dikelola oleh Kementrian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti), melalui Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan, untuk tahun 2019 telah ditingkatkan kuotanya hingga 50% lebih tinggi daripada tahun sebelumnya. Hal ini dimaksudkan semoga Program Bidikmisi sanggup menawarkan layanan pemberian yang lebih luas lagi kepada para siswa yang memerlukan. 

HAL 1
Selain itu, pada tahun ini juga Kemenristekdikti bersama dengan Majelis Rektor Perguruan Tinggi Negeri se Indonesia (MRPTNI) telah melaksanakan transformasi yang signifikan terhadap Sistem Seleksi Mahasiswa Baru, baik secara kelembagaan dengan dibentuknya Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT),
maupun secara substansi tes dan pelaksanaannya melalui Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) yang sanggup diikuti oleh siswa lebih dari satu kali. 

Dengan banyak sekali upaya lain yang dipadukan untuk lebih meningkatkan kualitas sumberdaya insan terdidik, diperlukan negara sanggup hadir memfasilitasi dengan lebih baik semoga para siswa mempunyai kesempatan yang lebih luas untuk berguru di jenjang pendidikan tinggi. Selamat mengikuti proses seleksi masuk perguruan tinggi melalui Jalur SNMPTN dan SBMPTN...

Tetaplah semangat meraih cita-cita…
Bidikmisi akan membantu siswa cerdas yang mempunyai keterbatasan ekonomi…
Selamat berjuang...

APA ITU BIDIKMISI ?
Bidikmisi yaitu pemberian biaya pendidikan dari pemerintah bagi lulusan Sekolah Menengah Atas (SMA) atau sederajat yang mempunyai potensi akademik baik tetapi mempunyai keterbatasan ekonomi. Bidikmisi bertujuan untuk meningkatkan susukan dan kesempatan berguru di perguruan tinggi; meningkatkan prestasi mahasiswa; menjamin keberlangsungan studi mahasiswa dengan sempurna waktu; dan melahirkan lulusan yang mandiri, produktif serta mempunyai kepedulian sosial sehingga bisa berperan dalam upaya pemutusan mata rantai kemiskinan dan pemberdayaan masyarakat.

Penerima Bidikmisi yaitu siswa Sekolah Menengan Atas atau sederajat yang akan lulus pada tahun berjalan atau lulus 1 (satu) tahun sebelumnya; mempunyai potensi akademik baik tetapi mempunyai keterbatasan ekonomi yang didukung bukti dokumen yang sah dan lulus seleksi penerimaan mahasiswa gres pada perguruan tinggi. Keterbatasan ekonomi dibuktikan dengan kepemilikan Kartu Indonesia Pintar (KIP) atau pendapatan kotor adonan orang tua/wali sebesar Rp4.000.000,00 (empat juta rupiah) atau pendapatan kotor adonan orang tua/wali dibagi jumlah anggota keluarga maksimal Rp750.000,00 (tujuh ratus lima puluh ribu rupiah).

FASILITAS BAGI PENERIMA BIDIKMISI
Pembebasan biaya registrasi seleksi masuk untuk SNMPTN dan SBMPTN serta seleksi lain yang ditetapkan oleh masing-masing panitia dan perguruan tinggi. Penggantian biaya kedatangan pertama untuk pendaftar Bidikmisi yang ditetapkan sebagai akseptor Bidikmisi sesuai dengan ketentuan perundang-undangan. Pembebasan biaya pendidikan yang dibayarkan ke perguruan tinggi. Subsidi biaya hidup sebesar Rp650.000,00 (enam ratus lima puluh ribu rupiah) per bulan.

ANGKA WAKTU PEMBERIAN BIDIKMISI
Program Sarjana maksimal 8 (delapan) semester; 
Program Profesi: Dokter maksimal 4 (empat) semester
Dokter Gigi maksimal 4 (empat) semester
Dokter Hewan maksimal 4 (empat) semester
Ners maksimal 2 (dua) semester
Apoteker maksimal 2 (dua) semester

PENDAFTARAN BIDIKMISI
Tata cara registrasi Bidikmisi jalur SNMPTN dan SBMPTN, dilakukan secara online melalui laman LTMPT / Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (https://ltmpt.ac.id/) atau laman Bidikmisi (https://bidikmisi.belmawa.ristekdikti.go.id/)

Download File 
Juknis Panduan Bidikmisi : https://bidikmisi.belmawa.ristekdikti.go.id/petunjuk/pedoman

Belum ada Komentar untuk "√ Registrasi Bidikmisi 2019 Dibuka, Cek Persyaratan Dan Juknis Panduannya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel