√ 13 Cara Memperpanjang Umur Atau Usia (Didukung Oleh Sains)

Banyak orang berpikir impian hidup sangat ditentukan oleh genetika. Namun, sepertinya gen memainkan tugas yang jauh lebih kecil dari yang dipercayai semula. Sebaliknya, faktor lingkungan ibarat diet dan gaya hidup dianggap sebagai penentu utama untuk memperpanjang umur ataupun usia seseorang.

Berikut 13 hal yang sanggup Anda lakukan untuk meningkatkan peluang melihat ulang tahun ke-100 Anda.

CARA 1. Hindari makan berlebihan

Hubungan antara asupan kalori dan umur panjang ketika ini menghasilkan banyak minat.Penelitian memperlihatkan bahwa pengurangan 10–50% dalam asupan kalori normal sanggup meningkatkan masa hidup maksimum - setidaknya dalam beberapa penelitian pada hewan. Studi populasi insan yang terkenal untuk umur panjang juga mengamati kekerabatan antara asupan kalori rendah, masa hidup yang diperpanjang dan kemungkinan penyakit yang lebih rendah.

Terlebih lagi, pembatasan kalori sepertinya terkait dengan penurunan berat tubuh berlebih dan lemak perut , yang keduanya terkait dengan kehidupan yang lebih pendek.

Dikatakan demikian, pembatasan kalori jangka panjang sering tidak berkelanjutan dan sanggup meliputi imbas samping negatif, ibarat peningkatan rasa lapar, suhu tubuh yang rendah dan dorongan seksual yang berkurang.

Apakah pembatasan kalori memperlambat penuaan atau memperpanjang kehidupan insan belum sepenuhnya dipahami.
INTINYA:
Membatasi kalori Anda sanggup membantu Anda hidup lebih usang dan melindungi terhadap penyakit. Namun, penelitian lebih lanjut diharapkan pada manusia.

CARA 2. Makan Beberapa Kacang

Kacang-kacangan yaitu kekuatan nutrisi.
Mereka kaya protein , serat , antioksidan dan senyawa tanaman bermanfaat. Kacang-kacangan juga merupakan sumber dari beberapa vitamin dan mineral, ibarat tembaga, magnesium , kalium, folat , niasin dan vitamin B6 dan E.

Beberapa penelitian memperlihatkan bahwa kacang mempunyai imbas menguntungkan pada penyakit jantung, tekanan darah tinggi, peradangan, diabetes, sindrom metabolik, kadar lemak perut dan bahkan beberapa bentuk kanker.

Ketika tiba ke usia tua, sebuah studi baru-baru ini mengamati bahwa subjek yang mengkonsumsi setidaknya 3 porsi kacang per ahad mempunyai risiko 39% lebih rendah dari final hayat dini ( 13 ).

Demikian pula, dua ulasan terbaru termasuk lebih dari 350.000 subjek mengamati bahwa mereka yang makan kacang mempunyai risiko final hayat yang lebih rendah 4-27% selama masa studi, dengan pengurangan tertinggi untuk mereka yang makan satu porsi kacang per hari ( 14 , 15 ).
INTINYA:
Menambahkan beberapa kacang ke dalam asupan masakan harian Anda sanggup menciptakan Anda tetap sehat dan membantu Anda hidup lebih lama.

CARA 3. Memakai Bumbu Rempah Rempah

Ketika tiba ke sifat anti-penuaan, kunyit tidak diragukan lagi bumbu yang paling populer. Ini sebab mengandung senyawa bioaktif berpengaruh yang disebut kurkumin. Karena sifat antioksidan dan anti-inflamasinya , kurkumin dianggap membantu menjaga fungsi otak, jantung dan paru-paru, serta melindungi terhadap kanker dan melawan penyakit yang berkaitan dengan usia.

Ketika tiba ke umur panjang, kurkumin terkait dengan peningkatan umur pada serangga dan tikus. Namun, temuan ini belum direplikasi dalam semua penelitian perihal topik ini, dan tidak ada penelitian pada insan yang sanggup ditemukan ketika ini. Namun demikian, kunyit telah dikonsumsi selama ribuan tahun di India dan umumnya dianggap aman.

Selain itu, mengingat manfaat potensial lainnya, Anda tidak akan banyak kehilangan dengan menambahkan sedikit kunyit ekstra ke masakan Anda.
INTINYA:
Curcumin, senyawa bioaktif utama dalam kunyit, mempunyai sifat antioksidan dan anti-inflamasi. Beberapa penelitian pada binatang memperlihatkan bahwa itu sanggup meningkatkan masa hidup.

CARA 4. Makan Banyak Makanan Tanaman Sehat

Mengkonsumsi banyak sekali macam masakan nabati, ibarat buah - buahan , sayuran, kacang-kacangan, biji-bijian, biji - bijian dan kacang - kacangan , sanggup mengurangi risiko penyakit dan meningkatkan umur panjang.

Misalnya, banyak penelitian menghubungkan rujukan makan yang kaya tanaman dengan risiko final hayat dini yang lebih rendah. Ini juga dikaitkan dengan penurunan risiko kanker, sindrom metabolik, penyakit jantung, depresi dan kerusakan otak.

Efek ini dikaitkan dengan masakan nabati yang kaya dalam banyak sekali nutrisi dan antioksidan, termasuk polifenol, karotenoid, folat dan vitamin C.

Oleh sebab itu, beberapa studi mengaitkan diet vegetarian dan vegan, yang secara alami lebih tinggi dalam masakan nabati, dengan risiko final hayat prematur yang lebih rendah 12–15%.

Penelitian yang sama juga melaporkan 29-52% risiko final hayat yang lebih rendah dari kanker atau penyakit jantung, ginjal atau yang berafiliasi dengan hormon.

Perlu disebutkan bahwa beberapa penelitian melaporkan bahwa risiko final hayat dini dan penyakit tertentu meningkat dengan konsumsi daging yang lebih besar.

Namun, yang lain melaporkan adanya tautan yang tidak ada atau jauh lebih lemah, dan imbas negatif sepertinya terkait dengan daging olahan secara khusus.

Vegetarian dan vegan juga umumnya cenderung lebih sadar kesehatan daripada pemakan daging, yang setidaknya bisa sebagian menjelaskan temuan ini.

Satu hal tetap terang - makan banyak masakan nabati sangat mungkin bermanfaat bagi kesehatan dan umur panjang.
INTINYA:
Makan banyak masakan nabati kemungkinan akan membantu Anda hidup lebih usang dan tetap bebas dari banyak sekali penyakit umum.

CARA 5. Berolahraga

Seharusnya tidak mengherankan bahwa tetap aktif secara fisik sanggup menciptakan Anda tetap sehat dan menambah usia dalam hidup Anda .

Jumlah minimum yang diharapkan untuk memetik manfaat, ibarat perhiasan 3 tahun kehidupan, mungkin hanya 15 menit per hari.

Selain itu, manfaat acara fisik sepertinya bersifat tambahan, yang berarti bahwa risiko final hayat dini sanggup berkurang sebanyak 4% untuk setiap 15 menit perhiasan acara fisik harian.

Sebuah tinjauan baru-baru ini mengamati 22% risiko final hayat dini yang lebih rendah pada individu yang berolahraga, tetapi kurang dari rekomendasi 150 menit per minggu.

Namun, orang yang mencapai rekomendasi 150 menit yaitu 28% lebih kecil kemungkinannya untuk meninggal lebih awal. Terlebih lagi, orang yang berolahraga di luar itu mempunyai risiko final hayat 35% lebih rendah selama masa studi.

Akhirnya, beberapa penelitian mengaitkan acara yang berpengaruh dengan pengurangan risiko 5% lebih besar, dibandingkan dengan acara dengan intensitas rendah atau sedang.
INTINYA:
Berolahraga lebih dari 150 menit per ahad yaitu yang terbaik, tetapi bahkan sejumlah kecil acara fisik sanggup bermanfaat bagi kesehatan dan umur panjang.

CARA 6. Jangan Merokok

Merokok sangat terkait dengan penyakit dan final hayat dini.

Secara keseluruhan, laki-laki dan perempuan yang merokok sanggup kehilangan sampai 10 tahun hidup mereka dan tiga kali lebih mungkin untuk meninggal sebelum waktunya dibandingkan mereka yang tidak pernah mengambil rokok.

Untungnya, tidak ada kata terlambat untuk berhenti.

Satu studi melaporkan bahwa individu yang berhenti merokok pada usia 35 tahun sanggup memperpanjang hidup mereka sampai 8,5 tahun.

Selain itu, berhenti merokok di usia 60-an sanggup menambah sampai 3,7 tahun ke kehidupan Anda. Bahkan, berhenti di tahun 80-an Anda mungkin masih memperlihatkan manfaat.
INTINYA:
Memadamkan rokok Anda sanggup memperpanjang hidup Anda secara signifikan. Tidak ada kata terlambat untuk memetik manfaat dari berhenti merokok.

CARA 7. Hindari Alkohol

Konsumsi alkohol berat dikaitkan dengan penyakit hati, jantung dan pankreas, serta peningkatan risiko final hayat dini secara keseluruhan.

Namun, konsumsi moderat dikaitkan dengan kemungkinan berkurangnya beberapa penyakit, serta 17-18% penurunan risiko final hayat dini.

Anggur dianggap sangat bermanfaat sebab kandungan antioksidan polifenolnya yang tinggi.
Hasil dari penelitian 29 tahun memperlihatkan bahwa laki-laki yang lebih menyukai anggur 34% lebih kecil kemungkinannya untuk meninggal lebih awal daripada mereka yang lebih menyukai bir atau minuman keras.

Selain itu, ulasan yang mengamati anggur menjadi sangat protektif terhadap penyakit jantung, diabetes, gangguan neurologis, dan sindrom metabolik.

Untuk menjaga konsumsi moderat, dianjurkan bahwa perempuan bertujuan untuk 1-2 unit atau kurang per hari dan maksimum 7 unit per minggu. Pria harus menjaga asupan harian mereka menjadi kurang dari 3 unit setiap hari, dengan maksimum 14 unit per minggu.

Penting untuk dicatat bahwa tidak ada penelitian yang berpengaruh yang memperlihatkan bahwa manfaat yang dikaitkan dengan minum sedang lebih besar daripada mereka yang tidak mengonsumsi alkohol.

Dengan kata lain, tidak perlu minum alkohol jikalau Anda tidak biasa mengonsumsi alkohol.
INTINYA:
Jika Anda minum alkohol, mempertahankan asupan moderat sanggup membantu mencegah penyakit dan memperpanjang hidup Anda. Anggur mungkin sangat bermanfaat.

CARA 8. Prioritaskan Kebahagiaan Anda

Merasa senang sanggup secara signifikan meningkatkan umur panjang Anda.

Bahkan, individu yang lebih senang mempunyai pengurangan 3,7% pada final hayat dini selama periode studi 5 tahun.

Sebuah penelitian terhadap 180 biarawati Nasrani menganalisis tingkat kebahagiaan yang dilaporkan sendiri ketika mereka pertama kali memasuki biara dan kemudian membandingkan tingkat ini dengan umur panjang mereka.

Mereka yang merasa paling senang pada usia 22 tahun 2,5 kali lebih mungkin untuk tetap hidup enam dekade kemudian.

Akhirnya, review dari 35 penelitian memperlihatkan bahwa orang yang senang sanggup hidup sampai 18% lebih usang daripada rekan-rekan mereka yang kurang bahagia.
INTINYA:
Memprioritaskan apa yang menciptakan Anda senang cenderung mempunyai imbas positif, baik pada suasana hati Anda dan kemampuan Anda untuk hidup lebih lama.

CARA 9. Hindari Stres 

Kecemasan dan stres secara signifikan sanggup menurunkan jangka hidup Anda.

Misalnya, perempuan yang menderita stres atau kecemasan dilaporkan sampai 2 kali lebih mungkin meninggal sebab penyakit jantung, stroke atau kanker paru-paru.

Demikian pula, risiko final hayat dini sampai 3 kali lebih tinggi untuk laki-laki yang gelisah atau stres dibandingkan dengan rekan-rekan mereka yang lebih santai.

Jika Anda merasa stres, tawa dan optimisme bisa menjadi dua komponen kunci dari solusi.

Studi memperlihatkan bahwa individu pesimistis mempunyai risiko final hayat dini sebesar 42% lebih tinggi daripada rekan mereka yang lebih optimis. Namun, tawa dan pandangan hidup yang optimis sanggup mengurangi stres, berpotensi memperpanjang hidup Anda.
INTINYA:
Menemukan cara untuk mengurangi kecemasan dan tingkat stres Anda harus dilihat sebagai investasi jangka panjang dalam jangka hidup Anda. Juga, mempunyai pandangan hidup yang optimis sanggup bermanfaat.

CARA 10. Bersosialisasi

Para peneliti melaporkan bahwa mempunyai kehidupan bersosialisasi sanggup membantu Anda hidup sampai 50% lebih lama.

Bahkan, mempunyai sedikitnya 3 ikatan sosial sanggup menurunkan risiko final hayat dini Anda lebih dari 200%.

Studi juga menghubungkan sosialisasi yang sehat dengan perubahan kasatmata pada fungsi jantung, otak, hormonal dan kekebalan tubuh, yang sanggup menurunkan risiko penyakit kronis.

Lingkaran sosial yang berpengaruh mungkin juga membantu Anda bereaksi kurang negatif terhadap stres, mungkin lebih lanjut menjelaskan imbas kasatmata pada jangka hidup.

Akhirnya, satu studi melaporkan bahwa memperlihatkan sumbangan mungkin bahwasanya lebih bermanfaat daripada menerimanya. Kaprikornus selain mendapatkan sumbangan dari sobat dan keluarga, pastikan Anda membalasnya.
INTINYA:
Memelihara kekerabatan akrab sanggup menjadikan penurunan tingkat stres, meningkatkan imunitas dan memperpanjang umur.

CARA 11. Tingkatkan hati nurani Anda

Kesadaran mengacu pada kemampuan seseorang untuk disiplin diri, terorganisir, efisien dan berorientasi pada tujuan. Berdasarkan data dari penelitian yang diikuti 1.500 anak laki-laki dan perempuan ke usia tua, belum dewasa yang dianggap gigih, terorganisir dan disiplin tumbuh sampai hidup 11% lebih usang daripada rekan-rekan mereka yang kurang teliti.

Orang yang teliti mungkin juga mempunyai tekanan darah yang lebih rendah dan kondisi kejiwaan yang lebih sedikit, serta risiko diabetes dan duduk kasus jantung atau sendi yang lebih rendah. Ini mungkin sebagian sebab individu yang teliti kurang cenderung mengambil risiko dan bereaksi negatif terhadap stres, tetapi lebih mungkin untuk menjalani kehidupan profesional yang sukses dan bertanggung jawab perihal kesehatan mereka.

Untungnya, hati nurani sanggup dikembangkan di setiap tahap dalam kehidupan, bahkan melalui langkah-langkah sekecil merapikan meja, melekat pada rencana kerja atau sempurna waktu.
INTINYA:
Menjadi sadar terkait dengan umur yang lebih panjang dan duduk kasus kesehatan yang lebih sedikit di usia tua.

CARA 12. Minum Kopi atau Teh Secukupnya

Baik kopi dan teh dikaitkan dengan penurunan risiko penyakit kronis.

Misalnya, polifenol dan katekin yang ditemukan dalam teh hijau sanggup menurunkan risiko terkena kanker, diabetes, dan penyakit jantung.

Demikian pula, konsumsi kopi dikaitkan dengan risiko lebih rendah terkena diabetes tipe 2, penyakit jantung, kanker tertentu, dan penyakit otak, ibarat Alzheimer dan Parkinson.

Selain itu, baik peminum kopi dan teh mendapat manfaat dari risiko final hayat dini yang lebih rendah 20-30% jikalau dibandingkan dengan non-peminum.

Ingatlah bahwa terlalu banyak kafein juga sanggup mengakibatkan kecemasan dan insomnia, jadi Anda mungkin ingin membatasi asupan sampai 400 mg per hari maksimum yang disarankan, yang setara dengan 4 cangkir kopi atau kurang.
Ini juga perlu dicatat bahwa umumnya diharapkan waktu 6 jam untuk imbas kafein mereda.

Karena itu, jikalau Anda kesulitan mendapatkan cukup tidur berkualitas tinggi, Anda mungkin ingin mengalihkan asupan Anda ke awal hari.
INTINYA:
Konsumsi teh dan kopi secukupnya sanggup bermanfaat untuk penuaan dan memperpanjang umur dan kesehatan

CARA 13. Kembangkan Pola Tidur yang Baik

Tidur sangat penting untuk mengatur fungsi sel dan membantu tubuh Anda pulih.

Sebuah studi baru-baru ini melaporkan bahwa umur panjang kemungkinan terkait dengan rujukan tidur biasa, ibarat tidur dan berdiri sekitar waktu yang sama setiap hari ( 100 ).

Durasi tidur juga sepertinya menjadi faktor, dengan terlalu sedikit dan terlalu banyak tidur yang berbahaya.

Misalnya, tidur kurang dari 5–7 jam per malam terkait dengan risiko final hayat dini sebesar 12%, sementara tidur lebih dari 8–9 jam per malam juga sanggup menurunkan jangka hidup Anda sampai 38%.

Para peneliti percaya bahwa terlalu sedikit tidur sanggup meningkatkan peradangan dan meningkatkan risiko membuatkan kondisi ibarat diabetes, penyakit jantung dan obesitas . Ini semua terkait dengan masa hidup yang diperpendek.

Di sisi lain, tidur yang berlebihan sanggup dikaitkan dengan depresi, pengangguran, acara fisik yang rendah dan kondisi kesehatan yang tidak terdiagnosis, yang semuanya sanggup berdampak negatif pada masa hidup.
INTINYA:
Mengembangkan rutinitas tidur yang meliputi 7–8 jam tidur setiap malam sanggup membantu Anda hidup lebih lama.
Pesan:
Umur panjang sebagian ditentukan oleh genetika. Namun, sebagian besar dari berapa usang Anda tinggal tetap di dalam kendali Anda. Jika Anda ingin mencapai usia lanjut, maka pastikan untuk memperlihatkan kiat-kiat ini untuk dicoba.

Belum ada Komentar untuk "√ 13 Cara Memperpanjang Umur Atau Usia (Didukung Oleh Sains)"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel