√ 6 Jenis Evaluasi Pembelajaran

Jika kurikulum ialah apa yang diajarkan, dan model pembelajaran ialah bagaimana, penilaian ialah "Hmmmm" yang membingungkan - seperti, saya berasumsi ini dan ini wacana pembelajaran siswa, tetapi sesudah memperlihatkan penilaian ini, baik .... "Hmmmmm."

Berikut ini ialah 6 jenis penilian yang biasa dilakukan guru selama proses pembelajaran.

6 Jenis Penilaian Pembelajaran

1. Penilaian Diagnostik (sebagai Prapenilaian)
Satu cara untuk memikirkannya: Menilai kekuatan, kelemahan, pengetahuan, dan keterampilan siswa sebelum menerima instruksi. Dengan kata lain penilaian ini merupakan DASAR sebelum dilakukan penilaian pembelajaran.

2. Penilaian Formatif
Satu cara untuk memikirkannya: Menilai kinerja siswa selama pengajaran, dan biasanya terjadi secara teratur selama proses pengajaran. Biasanya penilaian formatif dilakukan sebulan sekali.

3. Penilaian sumatif
Penilaian sumatif ialah suatu penilaian yang memperlihatkan hasil nilai atau angka yang lalu dijadikan cerminan mengenai hasil capaian siswa selama 1 semester. Kegiatan penilaian ini dilakukan jikalau pembelajaran seluruh bahan pelajaran telah selesai. Penilaian sumatif dipakai untuk memilih pembagian terstruktur mengenai penghargaan (RANGKING SISWA). Penilaian sumatif dirancang untuk merekam pencapaian keseluruhan siswa secara sistematis.


4. Penilaian Sikap
Penilaian kompetensi perilaku dalam pembelajaran merupakan serangkaian aktivitas yang dirancang untuk mengukur perilaku penerima didik, perilaku yang dimaksud bukan hanya sekedar perilaku di kelas tetapi juga perilaku keseluruhan siswa di sekolah. Penilaian perilaku juga merupakan aplikasi suatu standar atau sistem pengambilan keputusan terhadap sikap. Kegunaan utama penilaian perilaku sebagai bab dari pembelajaran ialah refleksi (cerminan) pemahaman dan kemajuan perilaku penerima didik secara individual.

5. Kriteria Penilaian-Referensi
Salah satu cara untuk memikirkannya: Mengukur kinerja siswa terhadap tujuan, target khusus, atau standar. Jadi boleh dikatakan bahwa penilaian pembelajaran ini ialah suatu penilaian yang meminta penerima tes untuk mendemonstrasikan dan mengaplikasikan pengetahuan ke dalam banyak sekali macam konteks sesuai dengan kriteria yang diinginkan.

6. Penilaian Interim / Benchmark
Salah satu cara untuk memikirkannya: Mengevaluasi kinerja siswa pada interval periodik, sering pada final periode penilaian. Dapat memprediksi kinerja siswa pada penilaian sumatif final tahun.

Belum ada Komentar untuk "√ 6 Jenis Evaluasi Pembelajaran"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel