√ Manfaat Teknologi Di Pendidikan Sekolah.

Teknologi bisa dikatakan sebagai suatu sistem atau pun alat yang sanggup mempermudah insan untuk memenuhi segala jenis kebutuhannya. Teknologi kian hari semakin canggih, hal ini terjadi alasannya pengetahuan insan dalam membuat teknologi semakin berkembang. Perkembangan itu tentu harus sejalan dengan manfaat yang akan diperoleh kalau teknologi tersebut diterapkan di dunia nyata. 

Semakin banyak teknologi yang beredar di pasaran, harus sanggup di manfaatkan secara optimal, khususnya teknologi-teknologi tersebut sanggup dimanfaatkan di dunia pendidikan. Mengapa harus di dunia pendidikan?. 

Dengan banyak dimanfaatkannya teknologi di dunia pendidikan tentu akan banyak sekali manfaatnya, baik itu untuk para guru, atau pun siswa. Manfaat teknologi sanggup menunjang pemahaman siswa-siswi calon generasi penerus mengenai ilmu pengetahuan. Dengan meningkatnya pengetahuan bibit-bibit generasi muda, tentu juga akan bermanfaat dengan berkembangan teknologi di masa depan. Sebab teknologi di ciptakan oleh manusia, yang dahulunya mereka duduk di dingklik sekolah, diperlukan dimasa depan sanggup berbagi teknologi dimasa depan.

Adapun manfaat yang sanggup dirasakan baik itu guru, tenaga pendidik, atau pun para siswa kalau banyak teknologi diterapkan di dunia pendidikan sekolah adalah:

Guru gampang mengajar di depan kelas, siswa-siswi lebih gampang dan cepat dalam memahami pengetahuan yang telah diajarkan oleh guru.


Teknologi yang sanggup dimanfaatkan di pendidikan sekolah salah satunya yakni Laptop, komputer, dan LCD infocus. Dengan dukungan teknologi tersebut tentu para guru tidak perlu mencicipi kelelahan dalam menulis di papan tulis lagi. Dengan dukungan teknologi menyerupai laptop, guru sanggup membuat ataupun mendownload materi pembelajaran sesuai dengan topik pendidikan di sekolah di website-website internet. Materi pendidikan tersebut sanggup berupa: video, animasi, gambar, Microsoft Power Point, Microsoft Word, dan lainnya

Para siswa-siswi merasa lebih termotivasi dan aktif selama pendidikan sekolah dengan dimanfaatkannya teknologi. 


Setiap semua guru dimuka bumi ini yang terjun di dunia pendidikan niscaya selalu mempunyai impian yang sama untuk pendidikan siswanya, yaitu mempunyai impian biar siswa mempunyai motivasi dan aktif dalam proses berguru mengajar di sekolah maupun diluar. Motivasi dan keaktifan siswa tersebut sanggup ditingkatkan dengan menarik rasa antusiasme siswa melalui media-media pembelajaran khususnya media yang berbau teknologi yang bisa membuat minat siswa meningkat dan tertarik dengan pendidikan.

Bersama-sama, baik siswa dan guru terbiasa dan tidak ketinggalan zaman dengan teknologi-teknologi yang kian berkembang.


Menurut Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, seorang guru harus mempunyai 4 kompetensi yaitu: Pedagogik, Kepribadian, Sosial, dan Profesional. Penggunaan teknologi dalam pendidikan di sekolah sanggup meningkatkan kompetensi profesional seorang guru. Kompetensi profesional itu merupakan hal-hal yang dimiliki guru dalam perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran untuk mendidikan para penerima didik di kelas. Dengan dimanfaatkannya teknologi bisa membantu guru di sekolah dalam melaksanakan perencanaan dan pelaksaan pendidikan yang tepat.
  • Misalnya: Memanfaatkan software Mc. Word dalam merancang RPP di sekolah, memanfaatkan software Mc. Power Point dalam membuat Raport sesuai dengan Kurikulum 2013 sekarang. dll

Anak-anak yang sanggup menyesuaikan diri dengan teknologi merupakan hal yang membanggakan bagi orangtua maupun guru. Mampu memakai teknologi di zaman digital sanggup dikatakan sebagai salah satu kemampuan/soft skill yang dibutuhkan seorang anak untuk perkembangan kariernya di masa depan. Memupuk kemampuan teknologi itu sedini mungkin sanggup memperlihatkan pengaruh positif biar perkembangan keahlian anak berada di level yang lebih tinggi.


Mudahnya memperoleh sumber dan materi belajar.



Ketika kita membicarakan materi berguru baik itu guru atau siswa, di zaman teknologi dengan kurun digital kini bukan hanya sebatas buku. Dengan memanfaatkan teknologi internet kita bisa mempermudah mencari dan menemukan aneka macam materi untuk guru dalam mengajar dikelas, atau bahan-bahan berguru siswa yang mempermudah siswa dalam memahami pendidikan pengetahuan yang mau ia pelajari. Bukan hanya itu siswa sanggup memanfaatkan internet untuk mempermudah dalam mengerjakan soal-soal pelajaran ataupun dalam membuat dan menyusun makalahnya.


Memanfaatkan teknologi, jarak bukan lagi kendala dalam komunikasi pendidikan



Era digital kini ini, jarak bukan menjadi permasalahan serius dalam berkomunikasi. Banyak teknologi seperti: handphone, email, WA, dan dari media umum yang sanggup memudahkan Anda untuk melaksanakan komunikasi. Bahkan kini ini, sudah banyak situs website yang memperlihatkan layanan pembelajaran dan pengajaran secara online antara lain zenius.net, ruangkita.com, ruangguru.com, dan lainnya. Dengan dukungan teknologi internet tersebut pembelajaran antara guru dan siswa tidak harus dilakukan di satu ruangan (kelas) yang sama. Pemanfaatan teknologi juga sanggup membantu orangtua dalam memonitoring aktifitas anak di sekolah, dengan dukungan teknologi komunikasi antara orang renta dan guru sanggup dilakukan dengan cepat dan mudah. Komunikasi antara guru dan orangtua merupakan kunci sukses perkembangan pendidikan anak.


Sekolah mengikuti perkembangan teknologi menjadi lebih populer



Meningkatnya standar pendidikan suatu sekolah berkaitan dekat dengan pemanfaatan teknologi-teknologi pendidikan di sekolah tersebut. Memfasilitasi penerima didik dalam menuntut ilmu sanggup dilakukan dengan memakai beberapa teknologi.
Misalnya: Jika di suatu sekolah mempelajari pelajaran biologi dengan topik pelajaran "sel", tentu dalam pengajaran yang dilakukan memerlukan teknologi menyerupai mikroskop, kalau pembelajaran tidak memakai alat bantu, tentu akhirnya pelajaran masih sangat bersifat ajaib yang menjadikan siswa susah dalam mencerna pendidikan. 

Seiring banyak digunakannya teknologi yang mempermudah pendidikan siswa, tentu sekolah juga akan mendapatkan beberapa manfaat salah satunya yakni meningkatnya legalisasi sekolah tersebut, alasannya nilai standar sekolah telah meningkat.

Belum ada Komentar untuk "√ Manfaat Teknologi Di Pendidikan Sekolah."

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel