√ K13: Kegiatan Semester (Promes) Kurikulum 2013 Sd/Mi Revisi

K13: Program Semester (PROMES) Kurikulum 2013 SD/MI Revisi - Perencanaan pendidikan ialah keahlian yang wajib dipunyai oleh tiap guru. Perencanaan ini dibutuhkan buat mempermudah para guru dalam melaksanakan pendidikan, sekalian melaksanakan evaluasi.

Kurikulum merupakan bab dari planning untuk menciptakan aturan mengenai tujuan, materi pelajaran, isi, dan cara yang dilakukan sebagai panduan melaksanakan proses berguru mengajar semoga melahirkan akseptor didik bermutu tinggi.

Sebagai tenaga pendidik, guru mempunyai kemampuan dalam mengembangkan Kurikulum yang dipakai oleh sekolah. Salah satu tugasnya yaitu menciptakan Program Semester K13 Revisi yang akan menjadi pola dalam Standar Kelulusan Siswa.

Standar Kelulusan Siswa

Standar proses yaitu bab dari standar pendidikan nasional mempunyai relasi dengan proses berguru mengajar di sekolah, kaitan inilah menjadi faktor penentu kelulusan dari akseptor didik. Standar kompetensi lulusan yaitu penentu penilaian kemampuan lulusan siswa-siswi dimulai dari sikap, pengetahuan, dan keterampilan.

Standar Kompetensi Lulusan (SKL) yaitu bab dari standar nasional pendidikan yang merupakan kriteria kompetensi lulusan minimal yang berlaku di seluruh wilayah aturan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Dengan SKL kita akan mempunyai patok mutu (bench-mark) baik bersifat penilaian mikro ibarat kualitas proses dan kualitas produk maupun bersifat penilaian makro ibarat keefektifan dan efisiensi suatu acara pendidikan, dengan cita-cita dimasa depan pendidikan akan melahirkan sumber daya insan yang bukan hanya sekedar mempunyai pengetahuan dan keterampilan tetapi standar moral yang dipertanggung jawabkan.

Program Semester SD/MI Kurikulum 2013 Revisi

Permendikbud RI Nomor 024 Tahun 2019 Tentang Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Pelajaran Kurikulum 2013 (K13) pada Pendidikan Dasar dan Menengah. Berisi perihal kompetensi inti pada kurikulum 2013 merupakan tingkat kemampuan untuk mencapai standar kompetensi lulusan yang harus dimiliki seorang akseptor didik pada setiap tingkat kelas.
Kompetensi dasar yang dimaksud dalam permendikbud tersebut yaitu kemampuan dan materi pembelajaran minimal yang harus dicapai oleh para akseptor didik setiap mata pelajaran pada masing-masing satuan pendidikan yang mengacu pada kompetensi inti menurut silabus.

Program semester SD/MI ialah klasifikasi dari acara tahunan sekolah dasar sehingga acara tersebut tidak sanggup disusun ketika sebelum tersusun acara tahunan.Perencanaan pembelajaran merupakan keterampilan yang harus dimiliki oleh setiap guru.

Tahap tersebut diharapkan untuk memudahkan para guru dalam melaksanakan pembelajaran, sekaligus melaksanakan penilaian. Salah satu kemampuan pendukung yang diharapkan untuk merencanakan pembelajaran yaitu keterampilan dalam merancang acara tahunan, acara semester, dan pemetaan kompetensi dasar.

Menyusun Program Semester Kurikulum 2013 Kelas 1, 2, 3, 4, 5, dan 6 sanggup dilakukan dengan banyak sekali alternatif format. Didalam artikel ini, Bapak dan Ibu Guru SD/MI sanggup memakai beberapa contoh untuk dijadikan model PROSEM tersebut. Format penyusunan setiap acara semester tidak ada perubahan yang banyak kalau dibandingkan dengan KTSP.

Hanya ada perhiasan contoh manajemen kelas untuk mata pelajaran yang terpisah dari tematik. Program Semester SD atau biasanya disingkat dengan PROMES/PROSEM SD Kurikulum 2013 berisi garis-garis besar Kompetensi Dasar yang ingin dicapai oleh akseptor didik dalam 1 semeter.

PROMES merupakan hasil dari klasifikasi dari PROTA yang telah Bapak/Ibu Guru buat sebelumnya.

Untuk di kurikulum 2013 abreviasi dari K13 ini, isi dari PROMES (Program Semester) SD Kurikulum 2013 Revisi 2019 Semester 1 dan 2 umumnya yaitu sebagai berikut:
  • Identitas, terdiri dari: Satuan Pendidikan, muatan pelajaran, kelas/semester, dan tahun pelajaran.
  • Format Isian, terdiri dari: Tema, sub tema, alokasi waktu, keterangan kapan pembelajaran akan berlangsung.

Dalam cara pengisian dari Promes SD Semester 1 dan 2 Kurikulum 2013 (dikenal dengan K13) Revisi 2019 baik itu dikelas 1, 2, 3, 4, 5, dan 6 ini hampir sama dengan cara mengisi PROTA.

Untuk Kompetensi Dasar (KD) yang akan dicapai oleh akseptor didik diberikan tanda cek-list (√ ) sempurna di kolom alokasi waktu kapan Kompetensi Dasar (KD) akan dipelajari oleh akseptor didik.

 Perencanaan pendidikan ialah keahlian yang wajib dipunyai oleh tiap guru √ K13: Program Semester (PROMES) Kurikulum 2013 SD/MI Revisi
Pada kolom keterangan biasanya berisi tanggal niscaya pelajaran mengenai Kompetensi Dasar (KD) akan dilakukan. Secara sederhana teknik dalam mengisi acara semester (PROMES) sama ibarat mengisi acara tahunan (PROTA). Beberapa komponen yang sudah ada dalam acara tahunan tinggal memindah saja (tema dan subtema). Seperti acara tahunan, acara semester juga banyak alternatifnya.

PROMES/PROSEM SD dibawah ini yaitu khusus untuk tingkat SD (SD) Kelas 1, 2, 3, 4, 5, dan 6, PROMES SD Semester 1 dan 2 ini sanggup Bapak/Ibu Guru Download secara gratis serta eksklusif siap di print untuk dipakai sebagai salah satu manajemen guru di Kurikulum 2013 (K13) Revisi 2019.

Program semester merupakan rumusan kegiatan berguru mengajar dalam satu semester yang kegiatannya didasarkan pada modul yang tertuang dalam SKKD. Program semester terbuat bersumber pada pertimbangan alokasi waktu yang ada, jumlah pokok bahasan yang terdapat dalam semester tersebut serta frekuensi tes yang diubahsuaikan dengan kalender pembelajaran. 

Program semester hendak memudahkan guru dalam alokasi waktu mengarahkan modul yang wajib dicapai dalam semester tersebut. Pada dasarnya yang jadi isi dari acara semester merupakan apa yang tercantum dalam GBPP, namun terdapat perluasan serta kelengkapan sehingga membentuk sesuatu acara kerja pengajaran.

Download Program Semester (PROMES) Kurikulum 2013 SD/MI

Berikut yaitu beberapa contoh format dari Program semester yang sanggup eksklusif didownload melalui link dibawah ini:
Prosem K13 Kelas 3 Semester 1 FORMAT WORD, Klik DOWNLOAD
Prosem K13 Kelas 3 Semester 1 FORMAT EXCEL, Klik DOWNLOAD 
Prosem K13 Kelas 6 Semester 1 FORMAT WORD, Klik DOWNLOAD

Sekian informasi yang sanggup kami berikan mengenai Program Semester SD/MI Kurikulum 2013. Jika ada pertanyaan silahkan cantumkan di kolom komentar.


Jangan lupa SUBSCRIBE via email semoga tidak ketingalan informasi menarik lainnya. Silahkag SHARE artikel ini untuk saling membuatkan dengan guru yang belum melengkapi perangkat kelasnya. Terima Kasih.

                Belum ada Komentar untuk "√ K13: Kegiatan Semester (Promes) Kurikulum 2013 Sd/Mi Revisi"

                Posting Komentar

                Iklan Atas Artikel

                Iklan Tengah Artikel 1

                Iklan Tengah Artikel 2

                Iklan Bawah Artikel