√ Sistematika Tawaran Penelitian Tindakan Kelas
JUDUL PENELITIAN
Judul hendaknya singkat dan spesifik tetapi cukup terang menggambarkan duduk kasus yang akan diteliti dan tindakan untuk mengatasi masalahnya.
BIDANG KAJIAN
PENDAHULUAN
Penelitian dilakukan untuk memecahkan permasalahan pendidikan dan pembelajaran. Kemukakan secara terang bahwa duduk kasus yang diteliti merupakan sebuah duduk kasus yang konkret terjadi di sekolah, dan diagnosis dilakukan oleh guru dan/atau tenaga kependidikan lainnya di sekolah.
Masalah yang akan diteliti merupakan sebuah duduk kasus penting dan mendesak untuk dipecahkan, serta sanggup dilaksanakan dilihat dari segi ketersediaan waktu, biaya dan daya dukung lainnya yang sanggup memperlancar penelitian tersebut.
Setelah diidentifikasi duduk kasus penelitiannya, maka selanjutnya perlu dianalisis dan dideskripsikan secara cermat akar penyebab dari duduk kasus tersebut. Penting juga digambarkan situasi kolaboratif antar anggota peneliti dalam mencari duduk kasus dan akar penyebab munculnya duduk kasus tersebut. Prosedur yang dipakai dalam identifikasi duduk kasus perlu dikemukakan secara terang dan sistematis.
Masalah yang akan diteliti merupakan sebuah duduk kasus penting dan mendesak untuk dipecahkan, serta sanggup dilaksanakan dilihat dari segi ketersediaan waktu, biaya dan daya dukung lainnya yang sanggup memperlancar penelitian tersebut.
Setelah diidentifikasi duduk kasus penelitiannya, maka selanjutnya perlu dianalisis dan dideskripsikan secara cermat akar penyebab dari duduk kasus tersebut. Penting juga digambarkan situasi kolaboratif antar anggota peneliti dalam mencari duduk kasus dan akar penyebab munculnya duduk kasus tersebut. Prosedur yang dipakai dalam identifikasi duduk kasus perlu dikemukakan secara terang dan sistematis.
PERUMUSAN DAN PEMECAHAN MASALAH
Perumusan Masalah
Rumuskan duduk kasus penelitian dalam bentuk suatu rumusan penelitian tindakan kelas. Dalam perumusan duduk kasus sanggup dijelaskan definisi, asumsi, dan lingkup yang menjadi batasan penelitian. Rumusan duduk kasus sebaiknya memakai kalimat tanya dengan mengajukan alternatif tindakan yang akan dilakukan dan hasil positif yang diantisipasi dengan mengajukan indikator keberhasilan tindakan, dan cara pengukuran serta cara mengevaluasinya.
Pemecahan Masalah
Uraikan alternatif tindakan yang akan dilakukan untuk memecahkan masalah. Pendekatan dan konsep yang dipakai untuk menjawab duduk kasus yang diteliti, hendaknya sesuai dengan kaidah penelitian tindakan kelas. Cara pemecahan duduk kasus ditentukan berdasarkan pada akar penyebab permasalahan dalam bentuk tindakan (action) yang terang dan terarah.
Tujuan Penelitian
Kemukakan secara singkat wacana tujuan penelitian yang ingin dicapai dengan mendasarkan pada permasalahan yang dikemukakan. Tujuan umum dan khusus diuraikan dengan jelas, sehingga diukur tingkat pencapaian keberhasilannya.
Kontribusi Hasil Penelitian
Uraikan bantuan hasil penelitian terhadap kualitas pendidikan dan/atau pembelajaran, sehingga tampak keuntungannya bagi siswa, guru, maupun komponen pendidikan di sekolah lainnya. Kemukakan penemuan yang akan dihasilkan dari penelitian ini.
KAJIAN PUSTAKA
Uraikan dengan terang kajian teori dan pustaka yang menumbuhkan gagasan yang mendasari proposal rancangan penelitian tindakan. Kemukakan juga teori, temuan dan materi penelitian lain yang mendukung pilihan tindakan untuk mengatasi permasalahan penelitian tersebut.
Uraian ini dipakai untuk menyusun kerangka berpikir atau konsep yang akan dipakai dalam penelitian. Pada cuilan final sanggup dikemukakan hipotesis tindakan yang menggambarkan indikator keberhasilan tindakan yang diharapkan/diantisipasi.
Uraian ini dipakai untuk menyusun kerangka berpikir atau konsep yang akan dipakai dalam penelitian. Pada cuilan final sanggup dikemukakan hipotesis tindakan yang menggambarkan indikator keberhasilan tindakan yang diharapkan/diantisipasi.
RENCANA DAN PROSEDUR PENELITIAN
Uraikan secara terang mekanisme penelitian yang akan dilakukan. Kemukakan objek, waktu dan lamanya tindakan, serta lokasi penelitian secara jelas. Prosedur hendaknya dirinci dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, evaluasi-refleksi, yang bersifat daur ulang atau siklus.
Tunjukkan siklus-siklus kegiatan penelitian dengan menguraikan indikator keberhasilan yang dicapai dalam setiap siklus sebelum pindah ke siklus lain. Jumlah siklus diusahakan lebih dari satu siklus, meskipun harus diingat juga aktivitas kegiatan berguru di sekolah. Dalam planning pelaksanaan tindakan pada setiap tahapan hendaknya digambarkan peranan dan intensitas kegiatan masing-masing anggota peneliti, sehingga tampak terang tingkat dan kualitas kerja sama dalam penelitian tersebut.
Tunjukkan siklus-siklus kegiatan penelitian dengan menguraikan indikator keberhasilan yang dicapai dalam setiap siklus sebelum pindah ke siklus lain. Jumlah siklus diusahakan lebih dari satu siklus, meskipun harus diingat juga aktivitas kegiatan berguru di sekolah. Dalam planning pelaksanaan tindakan pada setiap tahapan hendaknya digambarkan peranan dan intensitas kegiatan masing-masing anggota peneliti, sehingga tampak terang tingkat dan kualitas kerja sama dalam penelitian tersebut.
JADWAL PENELITIAN
Buatlah aktivitas kegiatan penelitian yang mencakup perencanaan, persiapan, pelaksanaan, dan penyusunan laporan hasil penelitian dalam bentuk Gantt chart. Jadwal kegiatan penelitian disusun selama 10 bulan.
BIAYA PENELITIAN
Kemukakan besarnya biaya penelitian secara rinci dengan mengacu kepada kegiatan penelitian.
Rekapitulasi biaya penelitian:
Honorarium ketua, anggota maksimal 30%
Biaya operasional minimal 30 %
Biaya pembelian ATK maksimal 30%
Lain-lain pengeluaran 10%
PERSONALIA PENELITIAN
Jumlah personalia penelitian maksimal 5 orang, yang terdiri dari : 1 orang Ketua Peneliti (dosen LPTK), 4 orang anggota peneliti yang sanggup terdiri dari 1 orang dosen LPTK dan 3 orang guru dan/atau tenaga kependidikan lainnya di sekolah, atau 4 orang guru/tenaga kependidikan di sekolah. Jumlah guru minimal 2 orang dan harus lebih banyak dari jumlah dosen.
Uraikan kiprah guru, jumlah waktu yang dipakai dalam setiap bentuk kegiatan penelitian yang dilakukan. Penelitian ini sekurang-kurangnya dilakukan oleh 3 orang peneliti, yang 1 orang sebagai Ketua Peneliti (dosen LPTK) dan 2 orang guru dan/atau tenaga kependidikan lainnya di sekolah. Rincilah nama personalia tim peneliti, golongan, pangkat, jabatan, dan forum daerah tugas, sama dengan yang tercantum dalam Lembar Pengesahan no.2.
Uraikan kiprah guru, jumlah waktu yang dipakai dalam setiap bentuk kegiatan penelitian yang dilakukan. Penelitian ini sekurang-kurangnya dilakukan oleh 3 orang peneliti, yang 1 orang sebagai Ketua Peneliti (dosen LPTK) dan 2 orang guru dan/atau tenaga kependidikan lainnya di sekolah. Rincilah nama personalia tim peneliti, golongan, pangkat, jabatan, dan forum daerah tugas, sama dengan yang tercantum dalam Lembar Pengesahan no.2.
Lampiran-lampiran
1. Daftar Pustaka, yang dituliskan secara konsisten berdasarkan model APA, MLA atau Turabian.
2. Riwayat Hidup Ketua Peneliti dan Anggota Peneliti (Cantumkan pengalaman penelitian yang relevan hingga ketika ini).
Belum ada Komentar untuk "√ Sistematika Tawaran Penelitian Tindakan Kelas"
Posting Komentar