√ 4 Sumber Nilai Pendidikan Budaya Dan Abjad Bangsa

1. Agama

Indonesia merupakan salah satu negara yang ada di dunia yang mempunyai kepercayaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa. Oleh alasannya itu masyarakat yang berada di Indonesia menganut agama yang mereka yakini. Dengan kata lain kehidupan masyarakat akan didasari oleh kepercayaan agama. Masyarakat Indonesia sendiri didasari oleh beberapa agama, diantaranya Islam, Katolik protestan, Katolik katolik, Hindu, Buddha, dan Kong Hu Cu. Nilai-nilai keagamaan inilah menjadi dasar dan huruf bangsa.


2. Pancasila


Salah satu prinsip dasar kehidupan bangsa dan negara Indonesia yaitu Pancasila. Pancasila sendiri juga terdapat di pembukaan Undang-Undang Dasar 1945 bahkan diperjelas dalam pasal-pasalnya. Oleh alasannya itu kehidupan politik, hukum, ekonomi, budaya, kemasyarakatan, seni dan khususnya pendidikan diatur didalam Pancasila. 

Ada lima sendi utama penyusun Pancasila atau secara umum merupakan isi Pancasila:

1. Ketuhanan Yang Maha Esa,

2. kemanusiaan yang adil dan beradab,
3. persatuan Indonesia,
4. kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan/perwakilan
5. keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia

Dengan memakai Pancasila sebagai dasar dalam pengembangan pendidikan budaya dan huruf bangsa sanggup mempersiapkan para akseptor ajar supaya terjun dalam kehidupan bermasyarakat menjadi contoh di warga negara serta mempunyai kemampuan, soft-skill, kemauan, prestasi yang sanggup di terapkan dalam kehidupan.


3. Budaya


Suatu kehidupan masyarakat selalu didasari oleh nilai-nilai budaya masyarakat yang diakui. Budaya tersebut biasanya merupakan turunan dari para nenek moyang. Budaya merupakan salah satu nilai terpenting dalam suatu bangsa, alasannya merupakan warisan dari huruf bangsa tersebut. 


Beberapa kebudayaan bangsa indonesia yang populer diseluruh dunia adalah:

1. Wayang
2. Angklung
3. Keris
4. Tari Saman
5. Reog Ponorogo
6. Tari Kecak
7. Tari Barong dari Bali
8. Tari Pendet
9. Batik
10. Lagu sayang-sayange
11. Lagu Jali-jali
12. Tari ramanaya

Nilai budaya akan selalu didasari oleh konsep komunikasi antar anggota masyarakat. Sebab itu budaya bangsa haruslah dilestarikan dan di kembangkan. Maka dari itu semenjak kecil nilai-nilai budaya harus ditanamkan dalam jiwa para generasi muda, supaya sanggup membentuk huruf dalam pendidikan budaya di sekolah-sekolah.


4. Pendidikan Nasional




Sebagai rumusan kualitas yang harus dimiliki setiap warga negara Indonesia, dikembangkan oleh banyak sekali satuan pendidikan di banyak sekali jenjang dan jalur. Tujuan pendidikan nasional memuat banyak sekali nilai kemanusiaan yang harus dimiliki warga negara Indonesia. Oleh alasannya itu, tujuan pendidikan nasional yaitu sumber yang paling operasional dalam pengembangan pendidikan budaya dan huruf bangsa.


Tujuan Pendidikan Nasional yaitu mencerdaskan kehidupan bangsa dan menyebarkan insan Indonesia seutuhnya, yaitu insan yang beriman dan bertaqwa terhadap Tuhan Yang Maha Esa dan berbudi pekerti luhur, mempunyai pengetahuan dan keterampilan, kesehatan jasmani dan rohani, kepribadian yang mantap dan berdikari serta rasa tanggung jawab kemasyarakatan dan kebangsaan.

Belum ada Komentar untuk "√ 4 Sumber Nilai Pendidikan Budaya Dan Abjad Bangsa"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel