√ Biografi Robet Hooke

Robert Hooke
Robert Hooke yakni seorang penemu, andal matematika, kimiawan, filsafat dan arsitek yang lahir 28 Juli 1635 dan meninggal pada 3 Maret 1703.

Dia menulis salah satu buku ilmiah paling penting yang pernah ditulis, Micrographia , dan memperlihatkan donasi pada pengetahuan insan yang meliputi Arsitektur, Astronomi, Biologi, Kimia, Fisika, Survei & Pembuatan Peta, dan perancangan dan konstruksi instrumen ilmiah.

Kehidupan Awal dan Pendidikan

Robert Hooke lahir di Isle of Wight, Inggris pada tanggal 28 Juli 1635. Orang tuanya yakni John Hooke dan Cecily Gyles. Dia yakni anak bungsu dari keempat anaknya. Untuk sebagian besar masa kecilnya, dan sepanjang hidupnya, kesehatan Robert Hooke sangat lemah. Dia menghabiskan sebagian besar waktu sekolahnya di rumah.

Sebagai anak muda, beliau mengesankan ayah pendeta dengan keahliannya dalam menggambar dan karyanya pada instrumen menyerupai jam. Ayahnya yakin anaknya ditakdirkan menjadi pembuat jam atau artis.

Pada tahun 1648, ayah Robert Hooke meninggal, meninggalkannya warisan 40 pound - sejumlah besar uang. Anak laki-laki berusia 13 tahun itu pergi ke London untuk dididik di Westminster School, di mana beliau berguru bahasa klasik bahasa Yunani dan Latin dan berguru matematika dan mekanik.

Pada 1653, berusia 18, beliau mendaftarkan diri di Universitas Christ Church University Oxford, di mana beliau berguru ilmu eksperimental dan menjadi seorang chorister.

Hooke Menjadi Ilmuwan
Usia 20 tahun 1655, karir Hooke lebih jauh beralih ke sains.

Kemampuannya dalam bekerja dengan alat mekanis menjadi sangat halus, dan beliau berhasil bekerja di Oxford sebagai ajudan salah satu pendiri kimia modern - Robert Boyle . Hooke bekerja dengan Boyle selama tujuh tahun; Selama ini Boyle menemukan Hukum Boyle dengan peralatan yang dirancang dan dibangun oleh Hooke.

Royal Society
Pada tahun 1662, kini berusia 27, Hooke ditunjuk sebagai Kurator Percobaan untuk Royal Society yang gres didirikan, yang tujuannya yakni untuk memajukan pemahaman ilmiah wacana dunia.

Posisi Hooke, yang bertanggung jawab atas eksperimen, yakni hal yang penting bagi seorang perjaka untuk dipegangnya. The Royal Society, dengan motto Nullus In Verba - Take Nobody's Word For It - didasarkan pada eksperimennya. Hooke pindah dari Oxford ke London, di mana beliau memegang posisi Kurator selama empat puluh tahun.

Sebagai Kurator beliau bertanggung jawab atas eksperimen yang dilakukan oleh Society. Jelas waktu Hooke bersama Boyle telah membuatnya mengagumi dunia ilmiah. Boyle, yang merupakan anggota pendiri Royal Society, berterima kasih kepada mereka dikarenakan telah membebaskan Hooke untuk bekerja untuk mereka.


Penemuan Ilmiah Robert Hooke
Pengukuran Waktu
Sekitar 1657, Hooke memperbaiki jam pendulum dengan menemukan pelarian jangkar. Ini yakni roda gigi yang memberi sedikit dorongan pada setiap ayunan yang diambil pendulum, mencegahnya mengalir, sementara juga menggerakkan tangan ke depan.

Pada sekitar tahun 1660, Hooke menemukan keseimbangan isu terkini semi, penting untuk ketepatan waktu yang akurat dalam jam tangan saku, salah satunya dibentuk untuk penggunaannya sendiri. Sebuah bandul tidak bisa dipakai dalam jam saku, jadi cara lain untuk menandai berlalunya waktu sangat dibutuhkan.

Keseimbangan keseimbangan Hooke melekat pada roda keseimbangan dan menghasilkan osilasi biasa; osilasi ini memungkinkan waktu disimpan dengan akurat. Christiaan Huygens menemukan keseimbangan isu terkini semi secara independen dari Hooke lebih dari satu dekade kemudian.

Hukum Hooke
Pada tahun 1660 Hooke menemukan Hooke's Law, yang menyatakan bahwa:
“pertambahan panjang pegas akan sebanding dengan gaya yang bekerja pada pegas”
Rumus Hukum Hooke , sanggup dituliskan :

F = - k . Δx

Dimana : F = gaya (N)
K = konstanta pegas (N/m)
Δx = pertambahan panjang pegas (m)

Menurut aturan Hooke semakin besar gaya yang diberikan maka pegas juga akan semakin memanjang. 

Mikrografia dan Mikroskopi
Pada tahun 1665, ketika berusia 30 tahun, Hooke menerbitkan buku terlaris ilmiah pertama: Micrographia .

Buku itu yakni sebuah karya untuk talenta Hooke - pemahamannya wacana alam dan cahaya, keahliannya dalam merancang dan membangun instrumen ilmiah, dan keahliannya sebagai seniman. Hooke telah membangun mikroskop beragam dengan prosedur fokus gres yang dioperasikan sekrup yang telah dirancangnya. Sebelumnya, orang perlu memindahkan spesimen untuk membuatnya menjadi fokus.

Dia lebih jauh memperbaiki mikroskop dengan pencahayaan. Dia meletakkan lensa air di samping mikroskop untuk memusatkan cahaya dari lampu minyak ke spesimennya untuk menerangi mereka dengan terang. Hooke memakai mikroskopnya untuk mengamati detil terkecil yang sebelumnya tersembunyi dari alam. Bukunya Micrographia mengungkapkan dan menggambarkan penemuannya. Beberapa orang memperdebatkan diagramnya sebab mereka menolak untuk percaya apa yang mereka tunjukkan. Dunia yang ditemukan Hooke terlalu asing bagi mereka!

Buku "Mikrografia" Hooke
Micrographia yakni salah satu buku ilmiah terpenting yang pernah ditulis, sebab ia mengungkapkan sebuah dunia gres yang tidak pernah terbayangkan oleh orang-orang. Pengetahuan kita wacana mikrobiologi, fisika kuantum dan nanoteknologi semuanya sanggup ditelusuri kembali ke Micrographia Hooke dan jalan yang beberapa ilmuwan terinspirasi untuk diikuti sehabis melihat dunia Hooke telah mengungkapkannya.

Penemuan Hooke dari Jamur Mikroskopis






Hooke menemukan mikroorganisme yang pertama dikenal, dalam bentuk jamur mikroskopis, pada tahun 1665. Ini mendahului inovasi sel tunggal Antonie van Leeuwenhoek selama sembilan tahun.


Penemuan Hooke wacana "Sel Tumbuhan"
Hooke melihat kulit pohon gabus dan mengamati struktur mikroskopiknya. Dengan berbuat demikian, beliau menemukan dan menamai sel - blok bangunan kehidupan. Dia pikir benda-benda yang beliau temukan tampak menyerupai kamar individu di sebuah biara, yang dikenal sebagai sel. Hooke tidak menemukan fungsi biologis sel yang sebenarnya.

Micrographia dan Paleontologi
Hooke memakai mikroskopnya untuk mempelajari sel kuno di kayu fosil. Dia menyimpulkan bahwa fosil pernah menjadi makhluk hidup yang selnya telah menjadi mineral. Dia juga menyimpulkan bahwa beberapa spesies yang dulu pernah ada niscaya sudah punah. Meski kini ini diterima oleh hampir semua orang propertinya yang kontroversial ketika ia berhasil.

Kekuatan Gravitasi
Dalam sebuah ceramah pada tahun 1670, Hooke dengan sempurna menyampaikan bahwa gravitasi diterapkan pada semua benda angkasa dan bahwa gaya gravitasi antara badan menurun dengan jarak di antara keduanya. Jika kekuatan itu harus dilepas, benda langit akan bergerak dalam garis lurus.

Hooke sebagai Arsitek
Saat bekerja sebagai ilmuwan, Hooke membuatkan karir sampingan sebagai arsitek. Orang menyukai desain bangunannya, dan beliau ditunjuk menjadi Surveyor ke City of London. Sebenarnya, beliau menghasilkan lebih banyak uang sebagai arsitek daripada sebagai ilmuwan, sebab beliau merancang banyak bangunan yang menggantikan bangunan yang hancur akhir Kebakaran Besar London pada tahun 1666.

Rivalitas Robert Hooke dan Isaac Newton
Ini klise usang bahwa sejarah ditulis oleh para pemenang, dan mungkin tidak ada pemenang yang lebih besar dalam keseluruhan sejarah sains daripada Isaac Newton. Karya monumentalnya wacana gravitasi dan kalkulus membuatnya menjadi legenda di zamannya sendiri, dan sebuah demigod setelahnya, dan dalam 400 tahun berikutnya hanya Albert Einstein telah benar-benar menyaingi beliau dalam imajinasi populer. Anda mungkin bisa menebak bagaimana beliau berafiliasi dengan Robert Hooke.

Secara umum disepakati bahwa duduk masalah dimulai dengan gravitasi. Sangat menarik hati untuk memikirkan aturan gravitasi yang bermunculan dari kepala Newton yang terbentuk sepenuhnya, bahwa mekanika Newtonian benar-benar Newton. Namun para ilmuwan telah bergerak perlahan bertahun-tahun menuju gravitasi dari gagasan usang mereka wacana "aether" sebagai klarifikasi untuk daya tarik benda langit yang berbeda sebelum Principia Newton diterbitkan pada tahun 1686.

Robert Hooke yakni link yang sangat penting dalam rantai ini. Pada tahun 1670-an, beliau mendukung keyakinannya bahwa Matahari dan planet-planet saling tertarik satu sama lain, dan daya tarik ini tumbuh ketika mereka semakin erat satu sama lain. Dia mempertimbangkan gagasan aturan kuadrat terbalik untuk menggambarkan korelasi antara jarak benda langit dan daya tarik gravitasi mereka. Lebih dari ilmuwan lain sebelum Newton, Hooke sepertinya telah memperdebatkan gravitasi sebagai kekuatan universal, namun artikulasinya lebih merupakan gagasan dasar daripada teori penuh. Dengan Principia , Netwon menyediakan yang terakhir.

Perang wacana Gravitasi
Temperamen eksperimental Hooke mengecewakannya di sini. Semua baik dan cantik untuk membuang ide dan merancang eksperimen atau dua untuk mendemonstrasikannya, namun teori gravitasi memerlukan analisis matematis dan bukti yang ketat. Untuk semua bakatnya, Hooke tidak benar-benar siap untuk melaksanakan itu, sementara Newton yakni salah satu teoretikus paling brilian yang pernah ada, belum lagi eksperimen yang berbakat dengan sendirinya. Tapi Hooke yakin Newton tidak akan menemukan aturan kuadrat terbalik tanpa masukan Hooke. Itu yakni pernyataan Newton yang dipersengketakan dengan sengit - dan satu yang menciptakan nasib Hooke tersegel.

Newton bersedia mengakui bahwa Hooke yakni salah satu dari beberapa aktivis dalam karyanya wacana gravitasi, tapi kira-kira sejauh yang ia inginkan. Dalam perhitungan Newton, Hooke paling banter berperan sebagai efek kecil dan tidak pribadi terhadap pekerjaannya sendiri. Seperti yang Newton jelaskan kepada temannya Edmond Halley, Hooke memang telah menulis wacana gravitasi sekitar tahun 1680, namun surat-surat ini tidak mengandung banyak wawasan - sebaliknya, mereka telah menjelaskan kepada Newton betapa sedikitnya sahabat sebayanya menyerupai Hooke yang benar-benar tahu, dan betapa pentingnya hal itu. baginya untuk melanjutkan penelitiannya sendiri.

Dalam salah satu kebiasaan aneh ironi sejarah, kutipan paling terkenal dikaitkan dengan Newton - "Jika saya melihat lebih jauh dengan berdiri di bahu raksasa" - mungkin sesungguhnya yakni ibu dari semua ukiran bergairah pasif di Robert Hooke . Meskipun secara umum dipandang sebagai demonstrasi kerendahan hati ilmiah yang luar biasa pada penggalan Newton, kutipan tersebut berasal dari surat 1676 kepada Hooke, pada titik di mana pasangan tersebut telah berdebat mengenai kredit yang sempurna untuk beberapa pekerjaan di bidang optik. Hooke biasa digambarkan sebagai sangat pendek, bahkan bungkuk, dan satu teori yakni bahwa Newton menyebut "raksasa" yakni caranya untuk menyampaikan bahwa Hooke tidak mempunyai efek terhadap pekerjaannya.

Masalah Leonardo
Dalam biografi Hooke di tahun 2005, sejarawan sains Allan Chapman menjuluki Hooke England's Leonardo . Dan sementara efek Hooke pada sains kontemporer jauh melampaui Leonardo, masih merupakan kerikil nisan yang pas untuk dianugerahi - lebih daripada sosok ilmuwan Royal Society dan Inggris yang gres lahir, Hooke mewujudkan insan Renaisans yang ideal yang kita kaitkan dengan Leonardo da Vinci. Robert Boyle yakni bapak kimia modern, Christopher Wren merevolusi arsitektur, Isaac Newton yakni yang fisikawan - tapi Hooke, beliau melaksanakan semuanya. Dan itu mungkin benar-benar menjadi penggalan mengapa sangat gampang menghapus warisannya dari sejarah.

Mari pikirkan Leonardo sejenak. Kita kini mengenalnya sebagai polymath untuk mengakhiri semua polymath, seorang laki-laki yang unggul dalam rekayasa, anatomi, kartografi, botani, geologi, musik, dan belasan subjek lainnya. Dan sedikit pun hal ini diketahui di masa hidupnya - Leonardo menyimpan sebagian besar karya ilmiahnya untuk dirinya sendiri - dan bahkan lebih sedikit dari itu dihargai dengan benar, mengingat rancangannya untuk hal-hal menyerupai helikopter dan tank mustahil berada di depan waktu mereka. Desainnya untuk "sekrup udara" memang brilian, tapi memang jalan buntu yang tidak menghipnotis perkembangan helikopter sebenarnya.

Apa yang menciptakan Leonardo terkenal yakni lukisannya, dimana ia menjadi salah satu seniman Renaisans terbesar. Baru pada abad-abad berikutnya, kejeniusannya diketahui, dan reputasinya bermetamorfosis insan Renaisans akhir. Tanpa lukisan-lukisan sebagai penggalan tengahnya, itu mungkin bahwa Leonardo akan kurang ikon dari catatan kaki, yang terlupakan, jenius eksentrik yang tiba dengan helikopter dan lempeng tektonik tetapi tidak benar-benar mempunyai banyak dampak.

Hooke yakni seorang jenius yang melaksanakan banyak pekerjaan di bidang ilmiah yang berbeda, namun jadwal yang padat itu bisa dibilang berhasil melawannya. Dia menghasilkan banyak gagasan, tapi beliau terus bergerak dari satu terobosan ke terobosan lainnya, jarang melambat cukup untuk menyelesaikannya dengan teori penuh. Hal ini menciptakan pintu terbuka bagi ilmuwan lain - sering bekerja sepenuhnya secara independen - untuk fokus pada area tertentu dan memperlihatkan magnum opus yang sanggup mengamankan daerah mereka dalam sejarah. Luasnya karya Hooke benar-benar mengejutkan, tapi mungkin tidak mempunyai kedalaman dalam satu bidang pun yang bisa menciptakan reputasinya tidak tergoyahkan.

Tahun-tahun Terakhir Hooke
Di tahun-tahun berikutnya, Hooke menjadi semakin pemarah, terlibat dalam sejumlah perseteruan dengan ilmuwan lain, seringkali wacana siapa yang menyampaikan apa yang pertama. Perseteruan Hooke yang paling terkenal yakni dengan Isaac Newton. Hooke menduga Newton tidak mengakui gagasan Hooke wacana gravitasi secukupnya.

Meski diyakini seniman melukis potret Hooke dalam hidupnya, tak satu pun dari lukisan ini yang ada sekarang. Sejarawan berpikir bahwa, meskipun tidak ada yang sengaja memutuskan untuk menghancurkan lukisan Hooke, tidak ada yang berusaha keras untuk melestarikannya. Hasilnya yakni kita tidak mempunyai kemiripan dengan ilmuwan hebat ini.

Robert Hooke meninggal pada usia 67, pada tanggal 3 Maret 1703 di London. Dia telah menderita sakit selama beberapa tahun, namun penyebab pastinya kematiannya tidak tercatat. Berkat karya-karya hooke dalam dunia arsitek, beliau meninggal seorang laki-laki yang sangat kaya.

Kata-kata terakhir tiba dari Hooke wacana Micrographia :
Dengan teleskop, tidak ada yang jauh ke depan, namun mungkin terwakili dalam pandangan kita; dan dengan sumbangan Mikroskop, tidak ada yang begitu kecil untuk menghindari penyelidikan kami; Oleh sebab itu ada Dunia yang gres terlihat yang menemukan pengertiannya.

Belum ada Komentar untuk "√ Biografi Robet Hooke"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel