√ Honor Guru Indonesia Vs Luar Negeri

Gaji yakni sejumlah uang atau kompensasi yang dibayarkan kepada karyawan/tenaga kerja sebagai hasil imbalan dari melaksanakan pekerjaan yang dilakukan. Gaji adakala bisa dibayar per jam, per hari, per minggu, dan per bulan. Para Pekerja Pegawai Negeri Sipil (PNS) di suatu negara biasanya honor mereka telah ditetapkan oleh pemerintah negara-masing-masing tersebut. Hal yang sama berlaku dengan guru yang mempunyai pekerjaan dalam melaksanakan pengajaran di dunia pendidikan. Berikut akan dibahas gaji-gaji guru baik di Indonesia maupun di beberapa negara di luar negeri.

GAJI GURU INDONESIA


Di Indonesia, saya hanya membahas honor guru honorer dan honor guru PNS yang sudah mendapatkan sertifikasi guru. Berdasarkan data grafik honor guru di Indonesia. Guru honorer biasanya mendapatkan rata-rata honor per tahun sebesar 6 Juta Rupiah. Kaprikornus bila di hitung-hitung selama sebulan guru honorer sehabis membanding tulang hanya mendapatkan honor rata-rata sebesar 500 Ribu Rupiah.


Untuk Guru PNS yang sudah mendapatkan sertifikasi guru, menurut data grafik guru PNS mendapatkan sebesar 103 Juta per tahunnya. Guru PNS yang sudah sertifikasi akan mendapatkan honor sebesar 2x dalam setahun, di tambah dengan honor 13 dan 14. Jika dibagi honor guru PNS di Indonesia dalam sebulan rata-rata hanya mendapatkan sebesar 4 Juta Rupiah.


GAJI GURU LUAR NEGERI


LUXEMBOURG

wikipedia.org by Fliedermaus
Di luar negeri menyerupai di Luxembourg yakni salah satu negara berbasis katolik yang berada di Eropa mempunyai luas sebesar 2.586 km². Meskipun sebuah negara kecil, Luksemburg telah menjadi lebih berdikari dengan sumber dayanya dalam beberapa tahun terakhir. Salah satu aspek paling sukses di negara ini yakni sistem pendidikannya. Menurut Organisasi untuk Kerja Sama Ekonomi dan Program Pembangunan (OECD), kualitas pendidikan di Luksemburg melampaui banyak negara lain.

Menurut laporan yang dibentuk pada tahun 2011, 77 persen orang di Luksemburg mempunyai setidaknya pendidikan menengah atas. Ini setara dengan pendidikan SMA. Angka tersebut melebihi rata-rata OECD hanya 75 persen. Generasi yang lebih muda lebih unggul lagi, dengan 83 persen anak berusia 25-34 tahun yang telah menuntaskan pendidikan sekolah menengah atas.

Guru luar negeri menyerupai di Luxembourg dibayar dengan baik. Guru di Luxembourg mendapatkan yang tertinggi dari semua negara yang merupakan bab dari OECD. Gaji awal (dengan masa kerja di bawah 15 tahun) mereka rata-rata 1.2 Miliar Per Tahun. Guru yang berpengalaman lebih banyak memperoleh rata-rata 1.6 Miliar Per Tahun. Dibandingkan dengan honor awal guru dengan masa kerja di bawah 15 tahun di Amerika Serikat sebesar 590 Juta Rupiah Per Tahun dan honor maksimum 932 Juta Rupiah Per Tahun, honor di Luksemburg jauh lebih tinggi. Guru di Luxembourg juga masih muda; setengah dari guru sekolah dasar dan menengah berusia di bawah 40 tahun. Dibandingkan dengan Indonesia? Apa jadinya..

SWISS
penoyreprasad.com


Di Swiss, pendidikan yakni tanggung jawab pemerintah semenjak dimulainya wajib mencar ilmu hingga dan termasuk tingkat universitas dan pendidikan profesional dan pelatihan. Tanggung jawab pendidikan terutama terletak pada 26 Provinsi. Pemerintahan provinsi masing-masing mempunyai tanggung jawab sendiri untuk mendapatkan pendidikan pasca-wajib (sekolah pendidikan umum, pendidikan kejuruan dan profesional, universitas) dan karenanya bertanggung jawab atas tingkat pendidikan ini bersama-sama. Anggaran pembelanjaan Provinsi dan kota mereka membiayai 90% pengeluaran publik untuk pendidikan.

Guru SD (guru SD) dengan pengalaman kerja di bawah 15 tahun di luar negeri menyerupai di Swiss mendapatkan honor per tahun sebesar 1.1 Miliar Rupiah. Sedangkan untuk guru SD di Swiss honor per tahunnya yakni sekitar 960 Juta Rupiah. Untuk 36 Negara lainnya di eropa biasanya guru mendapatkan rata-rata honor per tahun sekitar 600 Juta-an Rupiah. 

Untuk guru sekolah menengah (SMP dan SMA) di Swiss mendapatkan honor rata-rata 1.08 Miliar s/d 1.14 Miliar Rupiah Per Tahunnya. Jika Anda bandingkan dengan guru honor di Indonesia 6 Juta Rupiah Per Tahun. Perbedaannya menyerupai langit dan bumi.

KOREA
emaze.com by tiakelley01
Mengajar Bahasa Inggris di Korea merupakan salah satu pekerjaan yang paling di minati dan terkenal di Asia, hal ini sesuai dengan honor serta tunjangan yang di berikan oleh korea secara murah hati. Untuk guru yang bisa mengajar secara profesional rata-rata mendapatkan honor sebulan sekita 90 Juta Rupiah termasuk daerah tinggal gratis, transportasi penerbangan gratis pulang pergi tiap tahun, dan bonus-bonus lainnya. Untuk menjadi guru di Korea Anda tidak harus mempunyai pengalaman kerja namun Anda setidaknya telah mendapatkan gelar sarjana minimal S-1 dan mempunyai sertifikasi TEFL. Jika dihitung-hitung per tahunnya guru di korea rata-rata mendapatkan honor sebesar 1.07 Miliar Rupiah.

JERMAN
spainexchange.com
Pendidikan publik di Jerman memungkinkan bawah umur yang berkualitas untuk mencar ilmu hingga tingkat universitas, terlepas dari status kemiskinan keluarga mereka. Sistem pendidikan Jerman berbeda dalam banyak hal dari yang ada di negara lain, namun menghasilkan siswa berprestasi. Mayoritas siswa Jerman masuk ke sekolah negeri. Tetapi tetap ada beberapa sekolah swasta di Jerman, namun tidak terlalu terkenal di bandingkan dengan sekolah negeri.

Untuk Gaji guru yang mempunyai masa kerja dibawah 15 tahun rata-rata mendapatkan 980 Juta Rupiah Per Tahunnya, dengan kata lainnya dalam sebulan guru tersebut mendapatkan honor kurang lebih 81 Juta Rupiah. 
Namun untuk guru yang telah bekerja diatas 15 tahun, biasanya mendapatkan honor 1.06 Miliar Per Tahunnya. Artinya dalam sebulan guru tersebut mempunyai honor kurang lebih 89 Juta Rupiah.

AMERIKA SERIKAT


Rata-rata Gaji Guru Baru di Amerika Serikat yakni 470 Juta Rupiah Per Tahun, sedangkan honor guru tetap rata-rata di Amerika (non-awal) yakni 930 Juta Rupiah.
Di Negara Bagian Montana mempunyai honor awal terendah: 354 Juta Rupiah/Tahun, sedangkan DC mempunyai honor awal tertinggi: 670 Juta Rupiah/Tahun. Datang di posisi kedua yakni New Jersey di 632 Juta Rupiah/Tahun. New York mempunyai honor guru rata-rata tertinggi: 978 Juta Rupiah Per Tahun dan South Dakota mempunyai nilai terendah: 514 Juta Rupiah/Tahun.

Belum ada Komentar untuk "√ Honor Guru Indonesia Vs Luar Negeri"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel