√ Panduan Penggunaan Aplikasi Sistem Gosip Desa ( Sid ) Terbaru

Anda sedang membaca panduan teknis penggunaan aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) versi 3.04. Aplikasi ini ialah bab dari sebuah seri inisiatif terbuka dan kolaboratif antara para pegiat teknologi isu dengan komunitas desa untuk membangun solusi administrasi data dan isu untuk mendukung proses pembangunan perdesaan. SID lahir sebagai gagasan bersama sejumlah komunitas desa dan komunitas petani, berguru dari pengalaman pengelolaan data dalam aneka macam situasi dan kebutuhan. SID dibangun sebagai platform yang disediakan bagi komunitas untuk mempermudah pengelolaan sumber daya. Sumber daya yang dikelola berupa pengetahuan, kekayaan alam dan potensi lain yang bisa dikelola untuk mendukung kemandirian komunitas. Kemandirian komunitas menjadi salah satu kunci penting dalam upaya penguatan masyarakat. Kemandirian ialah situasi dimana suatu komunitas bisa mengelola sumberdaya yang mereka miliki sebagai modal utama untuk mengatasi duduk perkara maupun menyebarkan diri secara koletif menuju situasi yang lebih baik. Kemampuan mengelola sumberdaya juga menjadi syarat penting biar suatu komunitas bisa meminimalkan ketergantungan dari pihak lain. 

 Anda sedang membaca panduan teknis penggunaan aplikasi Sistem Informasi Desa  √ Panduan Penggunaan Aplikasi Sistem Informasi Desa ( SID ) Terbaru

Sedikit atau banyak setiap komunitas mempunyai sumber daya yang sangat penting. Sumber daya yang dimaksud bisa berupa sumber daya yang bersifat fisik (tangible) maupun non-fisik (intangible). Dalam kenyataannya kekayaan sumberdaya tersebut seringkali tidak disadari secara kolektif. Kondisi ini menyebabkan sumberdaya yang dimiliki oleh suatu komunitas kurang terkelola secara optimal. SID ialah alat dari sebuah konsep pemanfaatan sistem isu sebagai alat bantu (instrumen) pengelolaan sumberdaya berbasis komunitas. Sebagai sebuah konsep generik, SID bisa diterapkan oleh pelbagai pihak di wilayah yang berbeda dengan jenis sumber daya yang berbeda dan dengan nama yang berbeda. Substansinya ialah upaya mengoptimalkan fungsi informasi-komunikasi untuk pengelolaan sumber daya berbasis.

APAKAH SISTEM INFORMASI (SID)?
Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) ialah sistem olah data dan isu berbasis komputer yang sanggup dikelola oleh pemerintah dan komunitas desa dalam dua ranah:

1. Offline
Aplikasi diinstall dalam komputer server di kantor desa dan dioperasikan sebagai server (pusat data) yang bersifat lokal. Oleh alasannya ialah tidak terhubung ke internet, SID offline hanya bisa diakses dalam jaringan lokal (local area network). Sistem offline ini direkomendasikan untuk diterapkan dalam penggunaan aplikasi SID harian. Database dari hasil proses olah data secara offline itu sanggup diunggah ke sistem online secara berkala.

2. Online
SID akan optimal bila terhubung ke internet sebagai sistem online berbasis web. SID online akan otomatis berfungsi juga sebagai website desa. Website desa ini mempunyai fungsi yang terbagi dalam dua bagian, yakni bab depan (front-end) yang bisa diakses oleh publik dan bab dalam (back-end) yang hanya bisa diakses oleh direktur sistem. Dalam pengembangannya, sistem data isu ini akan bisa dihubungkan dengan sistem isu di tingkat supradesa untuk mendapat bentuk manfaat yang lebih luas bersama para pihak dari tingkat desa, kabupaten/kota, sampai provinsi, dan kawasan.

Download File

Belum ada Komentar untuk "√ Panduan Penggunaan Aplikasi Sistem Gosip Desa ( Sid ) Terbaru"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel