√ Sop Pemutahiran Status Perkembangan Indeks Desa Membangunan ( Idm )

Pedoman Indeks Desa Membangun (IDM) disusun untuk menunjukkan panduan kepada pemerintah pusat, daerah, dan Desa dalam  memanfaatkan data dan informasi Indeks Desa Membangun sebagai salah satu basis dalam proses perencanaan, pelaksanaan, serta pemantauan dan evaluasi  pembangunan Desa.


Indeks Desa Membangun (IDM) disusun dengan landasan bahwa pembangunan merupakan proses akumulasi dari dimensi sosial, dimensi ekonomi dan dimensi ekologi. Ketiganya menjadi mata rantai yang saling memperkuat yang bisa menjamin keberlanjutan pembangunan dan pemberdayaan masyarakat Desa. Pembangunan desa dimaknai sebagai proses untuk meningkatkan kapabilitas penduduk dalam mengelola dan  memanfaatkan potensi yang terdapat di desa. Paradigma pembangunan yang mengedepankan pembangunan insan didasarkan  pada  ruang  dimensi sosial, dimensi ekonomi dan dimensi ekologi (lingkungan). Dalam penyusunan IDM ketiga dimensi dibuat oleh sejumlah variabel dan indikator.

Aspek sosial mempunyai dimensi yang luas, sehingga dibutuhkan pengelompokan yang meliputi sub-dimensi pendidikan, kesehatan, modal sosial dan permukiman. Dimensi ekonomi dibuat dari keragaman ekonomi produksi masyarakat, ketersediaan dan kanal terhadap kredit dan perbankan, transportasi (prasarana dan moda transportasi), kanal terhadap sentra perdagangan (pasar) dan jasa jasa. Sedangkan dimensi ekologi terkait dengan kualitas lingkungan dengan komponen kualitas air, tanah dan udara. Kualitas lingkungan juga meliputi resiko resiko yang muncul dari tindakan dan atau mengabaikan faktor faktor yang menyebabkan banjir, longsor dan kebakaran hutan. Termasuk di dalam kualitas lingkungan meliputi kewaspadaan terhadap resiko bencana.

Download File

Belum ada Komentar untuk "√ Sop Pemutahiran Status Perkembangan Indeks Desa Membangunan ( Idm )"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel