√ Download Juknis Cara Input Dan Update Status Data Indeks Desa Membangun ( Idm )

Hasil perhitungan Indeks Desa Membangun yang meliputi 73.709 Desa berdasar data Potensi Desa Tahun 2019 telah dipublikasi Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi untuk pertama kali pada 19 Oktober 2019, yakni bersamaan dengan launching Indeks Desa Membangun. Hasil penghitungan IDM dikelompokkan menurut Provinsi, Kabupaten/Kota, Pulau Pulau Besar, dan tempat atau kecamatan. Setiap unit pengelompokan sanggup diperoleh rata rata Indeks Desa Membangun (IDM). Pembagian kelompok dilakukan sesuai dengan kepentingan penggunaan IDM.

 Hasil perhitungan Indeks Desa Membangun yang meliputi  √ Download Juknis Cara Input Dan Update Status Data Indeks Desa Membangun ( IDM )

Penghitungan Indeks Desa Membangunan secara nasional diperoleh dari indeks rata rata nasional yaitu 0,5662. Indeks ini membuktikan status kemajuan dan kemandirian Desa secara nasional dalam status Desa Tertinggal jikalau dibandingkan dengan batas ambang batas status tertinggal (≤ 0,5989). Hal ini juga berarti secara umum dikuasai Desa di Indonesia didominasi oleh Desa Tertinggal (Desa Pra-Madya). Untuk Desa Tertinggal (Desa Pra-Madya) berjumlah 33.592 Desa (46%) dan Desa Sangat Tertinggal (Desa Pratama) berjumlah 13.453 Desa (18%). Sedangkan jumlah Desa mempunyai status Desa Mandiri (Desa Sembada) terdapat 174 Desa (0,24%), sementara Desa Maju (Desa Pra-Sembada) yaitu 3.608 Desa (5%) dan Desa Berkembang (Desa Madya) 31% atau 22.882 desa. Hasil perhitungan Indeks Desa Membangun tersebut memberi pesan penting akan pentingnya kerja strategis dan tindakan yang cepat dan sempurna dalam upaya pembangunan dan pemberdayaan masyarakat Desa.

Demikian Pedoman Indeks Desa Membangun ini disusun untuk kepentingan memaksimalkan upaya dan sumber daya dalam meningkatkan martabat kehidupan Desa di dalam kerangka pembangunan dan pemberdayaan masyarakat Desa.

Download File

Belum ada Komentar untuk "√ Download Juknis Cara Input Dan Update Status Data Indeks Desa Membangun ( Idm )"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel