√ Gosip Penting I Kemenag Buka Rekrutmen Kegiatan Guru Bina Daerah Tahun 2019

Kemenag Buka Rekrutmen Program Guru Bina Kawasan Tahun  √ Info Penting I Kemenag Buka Rekrutmen Program Guru Bina Kawasan Tahun 2019

Kementerian Agama melalui Direktorat Pendidikan Agama Islam kembali membuka rekrutmen calon guru pendidikan agama Islam (PAI) yang akan dikirim ke daerah perbatasan. Program Bantuan insentif pelatihan agama dan keagamaan Islam di wilayah perbatasan (Bina Kawasan) ini menjadi salah satu jadwal unggulan Kemenag dalam rangka memenuhi kebutuhan guru PAI di daerah dengan mengirimkan guru-guru fresh graduate.

Baca juga : Cara dan Persyaratan Pendaftaran Program Guru Bina Kawasan Tahun 2019

Pendaftaran bina daerah dibuka mulai 13 Mei sampai 10 Juni 2019. Sebanyak 50 penerima calon guru PAI akan dipilih untuk ditempatkan di 24 provinsi target di seluruh Indonesia, yaitu: Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Sumatera Selatan, Bengkulu, Lampung, Jawa Timur, Banten, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur, Kalimantan Utara, Sulawesi Tengah, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Barat, Gorontalo, Maluku, Maluku Utara, Papua Barat, dan Papua.

Direktur PAI, Rohmat Mulyana, menyebutkan bahwa penetapan 24 provinsi tersebut masih dalam proses seleksi sehingga sanggup menyesuaikan kebutuhan dan sebaran penerima bina daerah di daerah sasaran.  “Angkatan pertama sebaran Bina Kawasan tahun 2019 ada di 19 Provinsi, tahun ini akan kembali dikaji oleh tim semoga ada pengembangan di daerah lain. Ini masih dalam proses koordinasi dengan daerah,” ujar Rohmat di Jakarta, Senin (13/05).

Baca juga : Juknis Pendaftaran Dan Seleksi Peserta Bantuan Insentif Guru Bina Kawasan Tahun 2019

Kemenag menawarkan kesempatan kepada penerima bina daerah angkatan pertama yang berminat untuk mengikuti jadwal ini kembali. Menurut Rohmat, kesempatan ini diperlukan semoga pengembangan di daerah target berjalan maksimal serta sanggup menjadi pembimbing bagi penerima baru.

“Kami menawarkan kesempatan pada penerima bina daerah angkatan sebelumnya untuk mengikuti kembali, maksimal 2 tahun. Untuk penetapan daerah target akan ditentukan oleh tim,” terang Rohmat.

Proses seleksi akan dilaksanakan dalam dua tahap, yaitu: seleksi adminstrasi dan seleksi wawancara.  Dua tahapan seleksi ini wajib diikuti penerima sebelum mengikuti bimbingan teknis keberangkatan. Pelaksanaan seleksi adminitrasi dijadwalkan pada 11 - 16 Juni 2019, sedangkan pelaksanaan seleksi wawancara dijadwalkan pada 20 - 21 Juni 2019.

Kepala Sub Bagian Tata Usaha Direktorat PAI, Nasri, menjelaskan, proses seleksi ini akan dilakukan berbeda dengan seleksi tahun sebelumnya adalah dengan pemanfaatan aplikasi daring yang tersedia.

“Proses seleksi tahun ini akan kita coba dengan sistem daring. Kalau seleksi tahun kemarin kan penerima dengan tim bertatap muka langsung, untuk efisiensi waktu dan finansial maka kita laksanakan secara online,” ujar Nasri. 

Belum ada Komentar untuk "√ Gosip Penting I Kemenag Buka Rekrutmen Kegiatan Guru Bina Daerah Tahun 2019"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel