√ Download Juknis Petunjuk Pelaksanaan Olimpiade Literasi Siswa Nasional ( Olsn ) Smp/Mts Terbaru

Petunjuk Pelaksanaan Olimpiade Literasi Siswa Nasional √ Download Juknis Petunjuk Pelaksanaan Olimpiade Literasi Siswa Nasional ( OLSN ) SMP/MTs Terbaru

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Permendikbud) Nomor 23 Tahun 2019 Tentang Penumbuhan Budi Pekerti salah satu poin menyatakan perlunya sekolah menyisihkan waktu 15 menit secara terpola untuk adaptasi membaca sebelum jam pelajaran dimulai. Pembiasaan ini dilakukan sebagai salah satu upaya menumbuhkan kebijaksanaan pekerti akseptor didik melalui gerakan literasi sekolah.

Dalam Rencana Strategis (Renstra) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Tahun 2019-2019, visi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Tahun 2019-2019 ialah terbentuknya insan serta ekosistem pendidikan dan kebudayaan yang berkarakter dengan berlandaskan gotong royong.

Pemerintah sebagai pengelola dan penyelenggara pendidikan berupaya keras dalam melaksanakan program-program peningkatan mutu pendidikan. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah, Direktorat Pembinaan SMP berusaha mewujudkan acara Nawacita Presiden Republik Indonesia, yakni meningkatkan kualitas hidup insan Indonesia dan melaksanakan revolusi aksara bangsa yang akan dilaksanakan melalui literasi membaca dan menulis melalui Olimpiade Literasi Siswa Nasional 2019.

Gerakan Literasi Sekolah (GLS) ialah sebuah upaya yang dilakukan secara menyeluruh dan berkelanjutan untuk mengakibatkan sekolah sebagai organisasi pembelajaran yang warganya literat sepanjang hayat melalui pelibatan publik. Literasi, oleh UNESCO didefinisikan sebagai kemampuan mengidentifikasi, memahami, menginterpretasi, mencipta, mengkomunikasikan dan menghitung dengan memakai materi cetak dan tertulis dalam konteks yang beragam. 

Literasi pada hakikatnya mengacu pada kemampuan mengatasi duduk kasus dan mencapai tujuan hidup dengan memakai teks sebagai media utamanya, secara verbal maupun tulis. Selain terkait acara adaptasi membaca dan menulis dalam proses pembelajaran ataupun ekstrakurikuler, gerakan literasi sekolah juga sanggup dilakukan melalui medium lomba-lomba ataupun ekspo yang melibatkan
akseptor didik dan pemangku kepentingan lainnya. Sebagai upaya memperlihatkan ruang untuk menyebarkan kreativitas dan potensi siswa SMP di bidang bahasa, seni, sastra, dan budaya melalui acara literasi, Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Pertama, Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, menyelenggarakan kegiatan Olimpiade Literasi Siswa Nasional (OLSN) Tahun 2019. OLSN dibangun untuk menjadi ajang pembelajaran terutama dalam hal 2 Petunjuk Pelaksanaan OLSN Tingkat SMP 2019 olah pikir, olah hati, dan olah rasa.

Kegiatan OLSN SMP tahun 2019 tidak hanya berorientasi pada kejuaraan. Esensi kegiatan ini terletak pada nilai pendidikannya, sebagai pengalaman mencar ilmu (learning experience), sekaligus sebagai upaya menguatkan pendidikan karakter, menyerupai perilaku saling menghargai, saling menghormati, solidaritas dan toleransi. Dengan begitu, OLSN sebagai bab dari Gerakan Literasi Sekolah sanggup menjadi bab untuk mempercepat terwujudnya indonesia literat. Agar pelaksanaan OLSN SMP tahun 2019 sebagaimana yang dimaksud sanggup terealisasi dengan baik, maka perlu disusun buku petunjuk pelaksanaan yang sanggup dipakai sebagai pegangan panitia, siswa, guru, dewan juri dan pihak terkait. Petunjuk pelaksanaan ini tidak hanya berisi ketentuan lomba per cabang, namun juga memperlihatkan informasi pentingnya OLSN SMP 2019 diikuti oleh para siswa dalam penguatan pendidikan aksara di bidang bahasa, sastra, seni dan budaya.
Sumber : http://ditpsmp.kemdikbud.go.id

Belum ada Komentar untuk "√ Download Juknis Petunjuk Pelaksanaan Olimpiade Literasi Siswa Nasional ( Olsn ) Smp/Mts Terbaru"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel