√ Download Juknis Petunjuk Pelaksanaan Olimpiade Penelitian Siswa Indonesia ( Opsi ) Smp/Mts Tahun 2019

Petunjuk Pelaksanaan Olimpiade Penelitian Siswa Indonesia √ Download Juknis Petunjuk Pelaksanaan Olimpiade Penelitian Siswa Indonesia ( OPSI ) SMP/MTs Tahun 2019

Pada tahun 2025 – 2030 Indonesia akan mendapat bonus demografi, yakni ketika jumlah usia produktif di Indonesia mencapai titik yang tertinggi. Pada ketika itu diperkirakan jumlah penduduk Indonesia sekitar 300 juta. Namun pada sisi lain, kondisi sumber daya alam kita akan terus menipis. Salah satu jalan keluarnya ialah memperkuat inovasi, yakni meningkatkan ekonomi berbasis
ilmu pengetahuan, teknologi dan kreatifitas.

Dalam Rencana Strategis (Renstra) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Tahun 2019-2019, visi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Tahun 2019- 2019 ialah terbentuknya insan serta  kosistem pendidikan dan kebudayaan yang berkarakter dengan berlandaskan gotong royong. Pemerintah sebagai pengelola dan penyelenggara pendidikan berupaya keras dalam melaksanakan program-program peningkatan mutu pendidikan.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah, Direktorat Pembinaan SMP berusaha mewujudkan agenda Nawacita Presiden Republik Indonesia, yakni meningkatkan kualitas hidup insan Indonesia dan melaksanakan revolusi abjad bangsa yang akan dilaksanakan melalui penelitian melalui Olimpiade Penelitian Siswa Indonesia 2019.

Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Pertama, Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan terus berusaha memfasilitasi dan meningkatkan daya penemuan penerima didik. Salah satu acara ialah penyelenggarakan Olimpiade Penelitian Siswa Indonesia (OPSI). Kegiatan OPSI SMP merupakan suatu wahana bagi penerima didik untuk mengimplementasikan Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) melalui training acara penelitian semenjak dini. Tahun 2019 acara lomba penelitian tingkat nasional akan diselenggarakan serempak Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

OPSI SMP ialah suatu ajang kompetisi karya ilmiah yang berbasis acara penelitian siswa SMP/MTs negeri dan swata atau yang sederajat yang dilaksanakan secara nasional. Sebelumnya, acara ini pernah berjulukan Lomba Penelitan Ilmiah Remaja (LPIR) SMP, Lomba Penelitian Ilmiah Pelajar (LPIP) SMP dan Lomba Penelitian Siswa Nasional (LPSN). Dalam upaya berkelanjutan untuk meningkatkan output dan hasil OPSI dari tahun ke tahun, maka Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan melalui 2 Petunjuk Pelaksanaan OPSI Tingkat SMP 2019 Gerakan Literasi Sekolah terus mendorong sekolah untuk memperkuat budaya meneliti sekolah ataupun antar sekolah yang melibatkan guru pembimbing dan para pakar di bidang masing-masing. Direktorat Pembinaan SMP berusaha menunjukkan penemuan dalam setiap penyelenggaraan acara baik akademis maupun non akdemis di setiap tahunnya. Kegiatan OPSI SMP ini akan mengalami penemuan dalam penyelenggaraan dengan mengacu pada acara internasional yang diikuti oleh peraih medali LPSN SMP tahun 2019 pada Mexico Exposcience ataupun acara kompetisi ilmiah dewasa internasional (International Youth Science Competition) sebagai barometer potensi dewasa Indonesia dalam bidang penelitian. Agar pelaksanaan OPSI SMP tahun 2019 terselenggara dengan baik, maka disusun buku petunjuk pelaksanaan yang sanggup dipakai menjadi pegangan panitia, siswa, guru, dewan juri dan pihak terkait lainnya. Olehkarenanya,

Direktorat Pembinaan SMP dipandang perlu memprogram acara OPSI SMP tahun 2019 yang dilaksanakan tidak melalui seleksi berjenjang, namun seleksi pribadi ke Direktorat Pembinaan SMP. Petunjuk Pelaksanaan OPSI SMP Tahun 2019 ini tidak hanya berisi juknis pelaksanaan lomba OPSI, tapi juga menunjukkan perspektif pentingnya OPSI SMP tahun 2019 untuk diikuti oleh para siswa dalam pengembangan dunia penelitian di Indonesia.
Sumber : http://ditpsmp.kemdikbud.go.id

Download Juknis Petunjuk Pelaksanaan Olimpiade Penelitian Siswa Indonesia ( OPSI ) SMP/MTs Tahun 2019

Belum ada Komentar untuk "√ Download Juknis Petunjuk Pelaksanaan Olimpiade Penelitian Siswa Indonesia ( Opsi ) Smp/Mts Tahun 2019"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel