√ Download Petunjuk Juknis Pelaksanaan Olimpiade Sains Nasional ( Osn ) Smp/Mts Terbaru

 Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Tahun  √ Download Petunjuk Juknis Pelaksanaan Olimpiade Sains Nasional ( OSN ) SMP/MTs Terbaru

Dalam Rencana Strategis (Renstra) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Tahun 2019-2019, visi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Tahun 2019-2019 ialah terbentuknya insan serta ekosistem pendidikan dan kebudayaan yang berkarakter dengan berlandaskan gotong royong. 

Pemerintah sebagai pengelola dan penyelenggara pendidikan berupaya keras dalam melaksanakan program-program peningkatan mutu pendidikan. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah, Direktorat Pembinaan SMP berusaha mewujudkan jadwal Nawacita Presiden Republik Indonesia, yakni meningkatkan kualitas hidup insan Indonesia dan melaksanakan revolusi abjad bangsa yang akan dilaksanakan melalui bidang sains pada Olimpiade Sains Nasional 2019. Olimpiade Sains Nasional (OSN) tingkat SMP diadakan semenjak tahun 2003. Ini menjadi jadwal tahunan yang dilaksanakan di setiap satuan pendidikan mulai dari sekolah, kecamatan, kabupaten/kota, provinsi dan nasional.  

Olimpiade Sains Nasional (OSN) merupakan wadah bagi siswa dalam mengim-plementasikan Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) melalui bidang sains. Ini melalui proses pembelajaran sains di sekolah untuk memperlihatkan efek posi-tif dalam peningkatan mutu pendidikan sains yakni bidang Matematika, Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) dan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS). Direktorat Pembinaan SMP berusaha memperlihatkan penemuan dalam peningkatan mutu pendidikan pada OSN SMP yakni pada periode 2003 s.d. 2009, bidang yang dilombakan pada OSN mencakup 3 bidang utama: Matematika, Biologi, dan Fisika. Pada tahun 2010, Direktorat Pembinaan SMP memasukkan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) dalam bidang yang dilombakan pada OSN. Sehingga semenjak tahun 2010 s.d. 2019 bidang OSN SMP yang dilombakan ialah 4 (empat) bidang. Dengan adanya kurikulum 2013, Bidang Fisika dan Biologi digabungkan menjadi satu bidang dengan nama Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) pada tahun 2019. Sehingga mulai tahun 2019 s.d. 2019 bidang lomba mencakup 3 bidang yakni Matematika, IPS, dan IPA.

Perubahan yang terjadi ini dimaksud untuk memotivasi dan menumbuhkembang Petunjuk Pelaksanaan OSN Tingkat SMP 2019 kan atmosfer kompetisi serta mendorong pihak-pihak yang berwenang untuk memperlihatkan ruang belajar, memfasilitasi dan menstimulus para siswa dan guru yang berprestasi dan mempunyai talenta minat pada sains supaya meningkatkan kemampuan akademisnya dengan berpartisipasi pada OSN SMP tahun 2019.

OSN SMP tahun 2019 ini memperlihatkan kesempatan kepada para siswa yang berprestasi terbaik di tingkat nasional untuk meningkatkan pencapaian prestasinya di tingkat internasional. Indonesia telah mengirimkan duta terbaik di bidang sains yakni Matematika dan IPA untuk berprestasi pada ajang kompetisi internasional yakni International Teenagers Mathematics Olympiad (ITMO) di Davao, Filipina dan International Junior Science Olympiad (IJSO) di Arnhem, Netherland. Mereka telah berhasil menyabet beberapa medali untuk diberikan kepada Negara Indonesia. Perolehan medali untuk 2 kompetisi Internasional ini 20 medali pada ITMO, sedangkan 6 medali untuk IJS0. Oleh karenanya, Direktorat Pembinaan SMP dipandang perlu memprogram aktivitas OSN SMP tahun 2019 yang dilaksanakan secara berjenjang dari tingkat sekolah sampai tingkat nasional. Dalam rangka mempersiapkan pelaksanaan OSN SMP tahun 2019 supaya terealisasi secara baik, disusunlah petunjuk pelaksanaan OSN SMP Tahun 2019 sebagai pola bagi panitia pelaksana aktivitas seleksi tingkat sekolah, kabupaten/kota, provinsi, dan tingkat nasional.
Sumber : http://ditpsmp.kemdikbud.go.id

Download Petunjuk Juknis Pelaksanaan Olimpiade Sains Nasional ( OSN ) SMP/MTs Terbaru

Belum ada Komentar untuk "√ Download Petunjuk Juknis Pelaksanaan Olimpiade Sains Nasional ( Osn ) Smp/Mts Terbaru"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel