√ Silabus Tematik Kurikulum 2013 Sd/Mi Kelas 1, 2, 3, 4, 5, 6

Silabus Tematik Kurikulum 2013 SD/MI Kelas 1, 2, 3, 4, 5, 6 - Awal tahun pedoman baru, sewajarnya guru akan sibuk untuk menciptakan perangkat manajemen sekolah, salah satunya yaitu Silabus K13 Semester 1 dan 2.

Oleh karenanya, kami menciptakan artikel ini, sehingga sanggup saling mengembangkan dokumen tersebut kepada Bapak dan Ibu guru sekalian untuk sanggup merancang RPP SD nantinya. Tapi sebelumnya, kami akan membahas isu untuk menambah pemahaman kita semua.

Silabus merupakan rangkuman, garis-garis besar dari batasan setiap mata pelajaran yang mencerminkan kegiatan mencar ilmu dan mengajar secara holistik dan mencerminkan proses yang bekerjsama terjadi di satuan pendidikan. Perancangan Silabus K13 SD/MI Tematik dilakukan demi mendapat dan meningkatkan hasil capaian komptensi yang akan diperoleh siswa-siswi SD/MI.

Pembelajaran tematik yang akan dilakukan untuk setiap mata pelajaran yang terkandung didalam Silabus SD/MI K13 Tematik antara lain:
  • Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn):  Pembelajaran eksklusif (direct teaching) dilakukan dengan ruang lingkup Pancasila, Undang-Undang Dasar 1945, NKRI, dan Bhineka Tunggal Ika
  • Bahasa Indonesia (BI): Kegiatan dilakukan seputar cara memakai bahasa efektif dan efisien sesuai dengan Ejaan Yang Disempurnakan (EYD) baik secara ekspresi dan tulisan.
  • Matematika (MM): Mendorong siswa-siswi mencari tahu, merumuskan, dan menuntaskan duduk kasus dari banyak sekali sumber dalam kehidupan sehari-hari.
  • Ilmu Pengetahuan Alam (IPA): Kelas 1, 2, 3, (kelas rendah) kegiatan sains diintegrasikan pada pelajaran Bahasa Indonesia. Kelas 4, 5, 6 (kelas tinggi) mata pelajaran IPA dalam Silabus bangun sendiri tetapi dikaitkan menjadi satu kesatuan dengan mata pelajaran lain dalam bentuk tema yang sesuai.
  • Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS): Bertujuan menghasilkan siswa-siswi religius, jujur, demokratis, bahagia membaca, kreatif, kritis, mempunyai kemampuan mencar ilmu yang tinggi sehingga sanggup berkontribusi di kehidupan masyarakat sekitar.
  • Seni Budaya dan Prakarya (SBdP): Pembelajaran yang dilakukan melalui Silabus SD/MI bersifat rekreatif, eksperimentasi, keberanian dalam mengutarakan pendapat serta sanggup dilakukan melalui kegiatan terpadu atau single subject.
  • Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan (PJOK): Kompetensi Spiritual dan perilaku sosial dicapai memakai pembelajaran tidak eksklusif (indirect teaching) melalui keteladanan, kebiasaan, dan budaya sekolah.
Adapun komponen Silabus Kurikulum 2013 Tematik yang akan Bapak dan Ibu guru download yaitu sebagai berikut:
  1. Identitas Satuan Pendidikan
  2. Mata Pelajaran
  3. Kompetensi Dasar
  4. Materi Pembelajaran
  5. Tema
  6. Kegiatan Pembelajaran
  7. Penilaian
  8. Alokasi Waktu
  9. Sumber Belajar
Pembelajaran Silabus SD/MI Tematik selaras dengan perangcangan RPP Kurikulum 2013 SD lebih menuju kepada praktik pendidikan berbentuk tema yang mengarah acara siswa-siswi dalam kehidupan sehari-hari. Melalui kegiatan mencar ilmu diperlukan siswa bisa mengetahui dan memahami fenomena yang terjadi secara lebih konkret. Dalam praktiknya diperlukan akan tumbuh perilaku adat sosial, dan religius. 

Penekanan proses mencar ilmu mengajar Silabus K13 di SD terjadi bukan hanya semata acara mencar ilmu tetapi mencerminkan bagaimana merancang pembelajaran yang meningkatkan kreativitas dan berpikir kreatif siswa-siswi.

 sewajarnya guru akan sibuk untuk menciptakan perangkat manajemen sekolah √ Silabus Tematik Kurikulum 2013 SD/MI Kelas 1, 2, 3, 4, 5, 6

Download Contoh Silabus Tematik Kurikulum 2013 SD/MI

Silabus ini berbentuk format .doc atau dokumen, sehingga memerlukan software Microsoft Word untuk membukanya. Selain itu, perangkat manajemen hanya sebatas dijadikan sebagai model dan rujukan untuk melengkapi keperluan para guru semua. Kami tidak bertanggung jawab atas setiap ketidaksesuaian yang terjadi di sekolah masing-masing.

Untuk mendownload sanggup dilakukan melalui link berikut:

Sekian isu yang sanggup kami berikan mengenai Silabus SD/MI Tematik Kurikulum 2013. Jika terdapat pertanyaan atau Anda menemukan link/file yang error serta corrupt harap dilaporkan kepada kami melalui kolom komentar dibawah. Jangan lupa follow melalui tombol subscribe via email semoga tidak ketinggalan artikel perangkat kelas lainnya. Semoga bermanfaat.

    Belum ada Komentar untuk "√ Silabus Tematik Kurikulum 2013 Sd/Mi Kelas 1, 2, 3, 4, 5, 6"

    Posting Komentar

    Iklan Atas Artikel

    Iklan Tengah Artikel 1

    Iklan Tengah Artikel 2

    Iklan Bawah Artikel