√ Pola Rpp K13 Kelas 6 Revisi 2019| Literasi,Ppk,4C,Hots

Download referensi Rencana Pelaksanaan Pembelajaran  √ Contoh RPP K13 Kelas 6 Revisi 2019| Literasi,PPK,4C,HOTS

Contoh RPP K13 Kelas 6 Revisi 2019- RPP Kurikulum 2013 SD/MI merupakan segala jenis upaya yang dilakukan guru mengenai citra mekanisme serta manajemen pengajaran demi mencapai satu atau lebih setiap kompetensi dasar yang telah ditetapkan sesuai standar kompetensi di dalam Silabus yang dipakai Sekolah.

Sejak diberlakukan sistem pendidikan kurikulum 2013, di tingkat satuan SD (SD). Manajemen pengajaran yang dilakukan guru mengalami perubahan, salah satunya dalam penyusunan RPP K13 Kelas 6.

Setelah munculnya Kurikulum 2013 Revisi 2019. Perancangan RPP Kelas 6 dalam acara pembelajaran tematik yang dilakukan guru SD/MI memakai pendekatan berupa Literasi (meningkatkan minat baca), PPK (Penguatan Pendidikan Karakter), 4C (komunikasi, kolaborasi, berpikir kritis, dan memecahkan masalah), serta HOTS (penanam kemampuan tingkat tinggi).

Dibawah ini yakni salah satu Contoh RPP K13 Kelas 6 yang sanggup dijadikan referensi dalam perancangan perangkat manajemen sekolah:



Download referensi Rencana Pelaksanaan Pembelajaran  √ Contoh RPP K13 Kelas 6 Revisi 2019| Literasi,PPK,4C,HOTS

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
REVISI 2019

(Disusun Berdasarkan Permendikbud Nomor: 22 Tahun 2019)

Satuan Pendidikan : ............................
Kelas Semester : ............................
Tema : ............................
Sub Tema : ............................
Pembelajaran : ............................
Alokasi Waktu : ............................
Hari/Tanggal Pelaksanaan   : ............................


A.  KOMPETENSI INTI (KI)

KI 1 : Menerima, menjalankan dan menghargai pedoman agama yang dianutnya.

KI 2 : Memiliki sikap jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya.

KI 3 : Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca dan menanya) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu perihal dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan tempat bermain.

KI 4 : Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis, dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan peri-laku anak beriman dan berakhlak mulia.

B. KOMPETENSI DASAR (KD)

Bahasa Indonesia

NO KOMPETENSI DASAR (KD) INDIKATOR
1
3.1Menyimpulkan informasi berdasarkan teks laporan hasil pengamatan yang didengar dan dibaca. 3.1.1 Menemukan ide pokok dan informasi penting serta menyajikannya dalam bentuk diagram.
2
4.1Menyajikan simpulan secara verbal dan tulis dari teks laporan hasil pengamatan atau
wawancara yangdiperkuat oleh bukti.
4.1.1 Mengembangkannya dengan memakai bahasanya sendiri secara rinci menjadi sebuah tulisan.

IPS

NO KOMPETENSI DASAR (KD) INDIKATOR
1 3.1 Mengidentifikasi keanekaragaman geografis dan kehidupan sosial budaya, ekonomi, politik di wilayah ASEAN. 3.1.1 Menyebutkan kehidupan sosial budaya dari dua negara ASEAN terkait kondisi geografisnya
2 4.1 Menyajikan hasil identifikasi karakteristik geografis dan kehidupan sosial budaya, ekonomi, dan politik di wilayah ASEAN. 4.1.1 Menulis laporan perihal perbedaan sosial budaya dari dua negara terkait kondisi geografisnya.

IPA

NO KOMPETENSI DASAR (KD) INDIKATOR
1 3.1 Membandingkan cara perkembangbiakan flora dan hewan 3.1.1 Mengidentifikasi perkembangbiakan generatif melalui gambar yang dibuatnya dan manfaatnya
2 4.1 Menyajikan karya perihal perkembangangbiakan tumbuhan. 4.1.1 Melaporkan perkembangbiakan generatif melalui tabel dan manfaatnya

C. TUJUAN PEMBELAJARAN

  1. Setelah membaca teks perihal perkembangbiakan jagung, siswa bisa menemukan ide pokok dan informasi penting serta menyajikannya dalam bentuk diagram.
  2. Setelah menemukan ide pokok dari bacaan, siswa bisa mengembangkannya dengan memakai bahasanya sendiri secara rinci menjadi sebuah tulisan.
  3. Setelah mengamati bunga, siswa bisa menelaah perkembangbiakan generatif berdasarkan gambar sendiri dan memanfaatkannya dengan benar.
  4. Setelah berdiskusi, siswa bisa melaporkan perkembangbiakan generatif melalui tabel dan keuntungannya dengan benar.
  5. Setelah membaca teks perihal ASEAN dan kehidupan sosial budayanya, siswa bisa menyebutkan kehidupan sosial budaya dari dua negara ASEAN terkait kondisi geografisnya dengan benar.
  6. Setelah berdiskusi, siswa bisa menulis laporan perihal perbedaan sosial budaya dari dua negara terkait kondisi geografisnya dengan benar melalui diagram Venn.

  •  Karakter siswa yang diharapkan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) SD/MI K13 Kelas 6   : Religius, Nasionalis, Mandiri , Gotong Royong  Integritas 

D. KEGIATAN PEMBELAJARAN

Kegiatan Deskripsi Kegiatan Alokasi Waktu
Pendahuluan
  

    Download referensi Rencana Pelaksanaan Pembelajaran  √ Contoh RPP K13 Kelas 6 Revisi 2019| Literasi,PPK,4C,HOTS
  1. Guru memperlihatkan salam dan mengajak semua siswa berdo’a berdasarkan agama dan keyakinan masing-masing. Religius
  2. Menyanyikan lagu “Indonesia Raya” bersama-sama. dilanjutkan lagu Nasional “Tanah Airku”. Nasionalis
  3. Guru mengecek kesiapan diri dengan mengisi lembar kehadiran dan mengusut kerapihan pakaian posisi dan tempat duduk diadaptasi dengan acara pembelajaran.
  4. Pembiasaan Membaca 15 menit. Literasi
  5. Menjelaskan secara singkat tema yang akan dipelajari yaitu ”Selamatkan Makhluk Hidup”. Nasionalis
  6. Guru memberikan tahapan acara yang mencakup acara mengamati, menanya, mengeksplorasi, mengomunikasikan dan menyimpulkan. Communication
10 menit
Inti
  • Guru membawa salah satu jenis flora yang sering dimanfaatkan sebagai materi makanan. Misalnya : singkong, ubi jalar, padi, atau yang lainnya.
  • Mengikuti RPP SD/MI K13 Kelas 6. Guru mengajukan pertanyaan, misalnya:
  1. Apa yang kalian ketahui perihal tumbuhan ini?
  2. Apa keuntungannya dalam kehidupanmu?
  3. Apa yang ingin kalian ketahui perihal flora sebagai sumber makanan?’
  • Guru kemudian menuliskan balasan siswa di papan tulis dan memberikan bahwa mereka akan berguru perihal flora dan manusia. Communication
  • Guru mengajak siswa ke luar kelas untuk mengamati lingkungan dan mendiskusikan flora sebagai sahabat manusia. Siswa sanggup memberikan manfaat flora atau interaksi mereka dengan tumbuhan. Creativity and Innovation
  • Siswa diminta untuk mengamati gambar yang ada pada buku pelajaran. Guru memberi waktu sekitar tiga menit.
  • Setiap siswa kemudian menulis pertanyaan dan menukarkannya dengan sahabat di sebelah menjawabnya, dan mendiskusikan jawabannya. Collaboration
  • Melalui acara RPP K13 Kelas 6, Guru membimbing diskusi, berjalan berkeliling dari kelompok satu ke kelompok lain untuk memastikan bahwa setiap anggota berpartisipasi aktif.
  • Guru melaksanakan evaluasi terhadap satu kelompok ketika mereka berdiskusi. Saat menilai, guru memakai rubrik. Siswa yang belum dinilai pada kesempatan ini sanggup dinilai ketika merek melaksanakan diskusi di kesempatan lain. Rubrik sanggup dilihat di halaman penilaian. Collaboration
  • Guru mengajak satu atau dua siswa untuk memberikan hasil diskusinya, kemudian memberi penguatan kepada seluruh siswa mengenai balasan yang diharapkan. Guru sanggup memberi kesempatan kepada seluruh siswa untuk memperlihatkan komentar dari balasan yang ada.
  • Guru tidak menjawab langsung, namun memberi kesempatan kepada siswa lain untuk mencoba menjawab pertanyaan yang diajukan oleh temannya. Guru sanggup menguatkan jawaban-jawaban yang ada. Creativity and Innovation

  Jawaban yang diharapkan yakni sebagai berikut.
  1. Hewan dan insan memperoleh manfaat dari tumbuhan.
  2. Manfaat flora bagi manusia, antara lain:

  • Sumber energi bagi manusia.
  • Sumber vitamin untuk menjaga kesehatan tubuh.
  • Sumber oksigen untuk bernapas.
  • Pengikat air tanah.
  • Peneduh dan memperindah kehidupan di bumi.
  3. Manfaat flora bagi hewan, yaitu sebagai sumber energi
  bagi hewan.
  4. Tumbuhan merupakan sumber bagi kehidupan insan dan
  hewan. Tumbuhan yakni produsen penghasil cadangan kuliner dan
  sumber oksigen untuk bernapas dan melindungi bumi dari sengatan
  sinar matahari.
  5. Beberapa hal yang akan terjadi jikalau tidak ada tumbuhan
  adalah insan dan binatang tidak mempunyai sumber kuliner dan bumi
  akan gersang sehingga kehidupan akan berakhir.

  • Siswa melanjutkan acara sesuai RPP Kurikulum 2013 Kelas 6, dengan membaca teks perihal tumbuhan jagung dalam hati. Mandiri

  Bagaimana Jagung Berkembang Biak?

Download referensi Rencana Pelaksanaan Pembelajaran  √ Contoh RPP K13 Kelas 6 Revisi 2019| Literasi,PPK,4C,HOTSJagung yakni salah satu tumbuhan yang dijadikan kuliner pokok di banyak sekali tempat di Indonesia. Contohnya, Pulau Madura mengakibatkan jagung sebagai kuliner pokok. Jagung merupakan salah satu tumbuhan menghasilkan karbohidrat yang sangat diharapkan oleh tubuh. Petani awalnya akan menanam biji jagung. Setelah tiga hingga empat hari kemudian, bakal tumbuhan akan muncul di permukaan tanah. Tanaman jagung akan terus tumbuh menjadi besar. Petani akan memanen jagung sekitar 3 hingga 3,5 bulan. Sekuntum bunga jagung awalnya berbentuk ibarat tongkol. Pada bab ujungnya, jagung mempunyai helai rambung. Pada helai rambut tersebut terdapat tepung sari. Ketika angin bertiup, tepung sari akan terbang. Tepung sari yang terbawa angin, sebagian akan jatuh di kepala putik yang terletak di bab bawah bunga pada pohon jagung yang lain. Ketika itulah terjadi pembuahan.

Download referensi Rencana Pelaksanaan Pembelajaran  √ Contoh RPP K13 Kelas 6 Revisi 2019| Literasi,PPK,4C,HOTS
Bunga jagung terus tumbuh berkembang sehingga menjadi buah jagung. Perkembangan itulah yang sanggup diamati dari waktu ke waktu. Buah jagung akan siap dipanen ketika rambut jagung sudah berwarna kecokelatan dan bab tongkolnya sudah mengering. Buah jagung yang dikupas akan memperlihatkan biji jagung yang berwarna kuning. Bagian yang dimakan oleh insan yakni biji jagung. Petani jagung harus menanam kembali sebagian biji jagung dari hasil supaya jagung selalu tersedia sebagai materi kuliner manusia. panen. Biji jagung yang bau tanah sanggup ditanam kembali. Dari sinilah akan dimulai lagi perkembangbiakan jagung.
Oleh: Nuniek

    Download referensi Rencana Pelaksanaan Pembelajaran  √ Contoh RPP K13 Kelas 6 Revisi 2019| Literasi,PPK,4C,HOTS
  • Setiap siswa mengisi diagram berdasarkan bacaan dalam RPP Kurikulum 2013 Kelas 6.
  • Siswa kemudian mendiskusikan diagramnya dengan sahabat kelompoknya dan memperbaiki jawabannya apabila perlu. Berdasarkan balasan tersebut, setiap siswa kemudian menyebarkan isi diagram dengan memakai kosakata baku. Collaboration
  • Guru memberikan daftar periksa evaluasi kepada siswa. Communication
Diagram Venn dinilai dengan memakai daftar periksa yang terdapat di halaman penilaian.

  • Siswa membaca proses perkembangbiakan secara generatif, kemudian mengamati gambar bagian-bagian reproduksi bunga
  • Siswa mengamati proses perkembangbiakan secara generatif dan manfaat dari perkembangbiakan generatif.
  • Siswa mengamati bagian–bagian bunga tepat berikut.
Download referensi Rencana Pelaksanaan Pembelajaran  √ Contoh RPP K13 Kelas 6 Revisi 2019| Literasi,PPK,4C,HOTS

  • Siswa mencari informasi dari banyak sekali sumber mengenai proses perkembangbiakan generatif tumbuhan.
  1. Perkembangbiakan generatif (secara kawin) dilakukan melalui proses penyerbukan dan pembuahan.
  2. Penyerbukan merupakan awal terjadinya perkembangbiakan tumbuhan, melalui melekatnya atau jatuhnya serbuk sari ke kepala putik.
  3. Penyerbukan pun terjadi, melalui buluh serbuk sari bergerak menuju bab flora yang disebut bakal biji.
  4. Terjadinya pembuahan dengan meleburnya sel kelamin jantan/spermatozoid dengan sel kepamin betina/sel telur di bakal biji.
  5. Hasil dari pembuahan yakni zigot.
  6. Zigot mengalami perkembangan menjadi lembaga, kemudian bakal biji, bakal buah, dan hasilnya menjai daging buah.
  7. Calon flora gres juga disebut dengan lembaga
  • Siswa mendiskusikan hasilnya dengan kelompoknya. Collaboration
  • Siswa mencari bunga di lingkungan sekolah dan mengamati bagian-bagiannya. Siswa kemudian menggambar bagian-bagian bunga tersebut.
  • Siswa saling membandingkan gambar yang telah dibentuk dengan sahabat sekelasnya
  • Untuk mencari persamaan dan perbedaannya. Jika terdapat perbedaan, siswa diminta menjelaskan perbedaan tersebut. Siswa kemudian menulis manfaat dari perkembangbiakan generatif dan menyerahkannya kepada guru. Critical Thinking and Problem Solving
  • Guru mensosialisasikan daftar periksa kepada siswa berdasarkan RPP K13 Kelas 6 Revisi 2019. Diagram Venn dinilai dengan memakai daftar periksa yang terdapat di halaman belakang.
  • Setelah siswa membaca teks perihal bunga yang hidup di negara ASEAN, guru dan siswa membahasnya sebentar. Kemudian siswa membaca fakta perihal ASEAN. Guru memberi waktu sekitar tiga menit.
  • Dalam kelompoknya, setiap siswa diminta untuk memberikan kondisi geografis negara ASEAN dan kehidupan sosial budayanya. Siswa kemudian diminta untuk memberikan bunga yang menjadi bunga nasional di negara ASEAN. Collaboration
  • Guru memperlihatkan penguatan perihal kehidupan sosial budaya Negara ASEAN.
  • Guru meminta siswa menentukan dua negara ASEAN yang mereka minati untuk ditulis. Guru memberikan bahwa sesudah mereka berguru perihal negara ASEAN, semua siswa harus menulis informasi perihal kedua negara tersebut secara lengkap. Mereka akan mencari informasi secara bertahap. Creativity and Innovation
  • Pada pertemuan ini siswa hanya membandingkan kehidupan social budaya dari dua negara. Mereka sanggup memasukkan informasi perihal bunga di dalam diagram Venn (nama bunga, nama sebutan bunga, kapan dimanfaatkan, di mana tumbuh, dll).

Diagram Venn dinilai dengan memakai daftar periksa yang terdapat di halaman penilaian.
Download referensi Rencana Pelaksanaan Pembelajaran  √ Contoh RPP K13 Kelas 6 Revisi 2019| Literasi,PPK,4C,HOTS
  • Siswa melaksanakan refleks dengan menjawab pertanyaan yang terdapat dalam buku siswa.
  • Guru sanggup menambahkan pertanyaan refleksi berdasarkan panduan yang terdapat pada lampiran di Buku Guru.
150 menit
Penutup
  • Bersama-sama siswa menciptakan kesimpulan / rangkuman hasil berguru selama sehari Integritas
  • Bertanya jawab perihal materi yang telah dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian materi)
  • Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk memberikan pendapatnya perihal pembelajaran yang telah diikuti.
  • Melakukan evaluasi hasil belajar
  • Menyanyikan lagu tempat “Ampar-Ampar Pisang”
  • Mengajak semua siswa berdo’a berdasarkan agama dan keyakinan masing-masing (untuk mengakhiri acara pembelajaran) Religius
15 menit

E. SUMBER DAN MEDIA PEMBELAJARAN

  1. Buku Pedoman Guru Tema : Selamatkan Makhluk Hidup Kelas 6 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2019).
  2. Buku Siswa Tema : Selamatkan Makhluk Hidup Kelas 6 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2019).
  3. Tumbuhan.
  4. https://soalrppsilabus.blogspot.com/search?q=rpp-kurikulum-2013-sdmi


Diketahui Oleh:
Mengetahui
Kepala Sekolah




……………………………….                                             
NIP. ………………………….
…………, ………….20…
Guru Kelas VI
  
  
  
  
…………………………….
NIP. ……………………….




LAMPIRAN 1

F. MATERI PEMBELAJARAN

  1. Menemukan informasi dan ide pokok dari teks laporan dan mengisi peta pikiran yang sediakan. Mengembangkan informasi dan ide pokok dalam bentuk tulisan.
  2. Mengamati tumbuhan dengan perkembangbiakan generative dan manfaatnya.
  3. Menemukan persamaan dan perbedaan karakteristik dua Negara ASEAN terkait kondisi sosial budaya

G. METODE PEMBELAJARAN

  1. Pendekatan : Saintifik
  2. Metode : Simulasi, diskusi,permainan, tanya jawab, penugasan dan ceramah kelas

LAMPIRAN 2

H. PENILAIAN

1. Penilaian Sikap


NONAMA
  Perubanan tingkah laku
  

  Santun
  
PEDULI
TANGGUNG
JAWAB
KCBSBKCBSBKCBSB
123412341234
1............................
2............................
3............................
4............................
5............................
6Dst..

Keterangan:
K (Kurang) : 1, C (Cukup) : 2, B (Baik) : 3, SB (Sangat Baik) : 4

2. Penilaian Diskusi

Saat berdiskusi, siswa dinilai dengan rubric


KriteriaSangat Baik (4)Baik (3)Cukup (2)Kurang (1)
MendengarkanSelalu mendengarkan sahabat yang sedang berbicara.Mendengarkan sahabat yang berbicara, namun beberapa kali masih perlu diingatkan.Masih perlu diingatkan untuk mendengarkan sahabat yang sedang berbicara. √Sering diingatkan untuk mendengarkan sahabat yang sedang berbicara, namun tidak mengindahkan.
Komunikasi secara nonverbal  ibarat (kontak mata, bahasa tubuh, postur, suara, ekspresi wajah)Merespons dan menerapkan komunikasi nonverbal dengan tepat.Melalui komunikasi non-verbal secara tepat sanggup merespon dengan ditunjuk mitra sekelas √Sering merespons kurang tepat terhadap komunikasi nonverbal yang ditunjukkan teman.Membutuhkan dukungan dalam memahami bentuk komunikasi nonverbal yang ditunjukkan teman.
Partisipasi (menyampaikan ide, perasaan, pikiran)Isi pembicaraan menginspirasi teman. Selalu mendukung dan memimpin lainnya ketika diskusi.Berbicara dan menandakan secara rinci, merespons sesuai dengan topik.Berbicara dan menandakan secara rinci, namun terkadang merespons kurang sesuai dengan topik.Jarang berbicara selama proses diksusi berlangsung. √
Sumber: RPP SD/MI K13 Kelas 6
Catatan: Centang (√) pada bab yang memenuhi criteria

Nilai Diskusi = Total Nilai Siswa ÷ Nilai Maksimal x 100

3. Bahasa Indonesia

Tulisan siswa dinilai dengan memakai daftar periksa.

Indikator Penilaian Ada dan Benar Tidak Benar
Menyebutkan ide pokok untuk setiap paragraf dengan benar
.....
.....
Tulisan memuat seluruh ide pokok
.....
.....
Tulisan memuat fakta bukan opini
.....
.....
Sebagian goresan pena memakai kosakata baku
.....
.....


4.IPS

Tugas dinilai dengan daftar periksa.

Indikator Penilaian Ada dan Benar Tidak Benar
Diagram Venn memuat dua negara ASEAN
.....
.....
Diagram Venn membandingkan kondisi geografis dua negara
.....
.....
Diagram Venn membandingkan kehidupan sosial budaya
.....
.....
Diagram Venn menyebutkan bunga nasional kedua negara
.....
.....

5. IPA

Tabel dan goresan pena dinilai dengan daftar periksa

Indikator Penilaian Ada dan Benar Tidak Benar
Gambar memuat bab perkembangbiakan bunga
.....
.....
Tabel memuat cara perkembangbiakan bunga
.....
.....
Manfaat perkembangbiakan secara generatif ditulis dengan menyertakan contoh
.....
.....
6. Catatan Anekdot untuk mencatat sikap (peduli)
(contoh terlampir di bab lampiran Buku Guru)

Pengayaan

Mintalah siswa untuk membawa tumbuhan bunga yang berbeda dan memperlihatkannya kepada temannya untuk didiskusikan cara perkembangbiakannya.

Siswa sanggup membawa tumbuhan keesokan hari sesudah mereka berguru perihal perkembangbiakan tumbuhan.

Remedial
  • Siswa yang belum memahami cara perkembangbiakan flora sanggup mendiskusikannya dengan guru dengan mengamati kembali tumbuhan yang ada di sekitar.
  • Guru membantu siswa untuk menyebutkan bab bunga dan cara penyerbukannya.

Kerjasama dengan Orang Tua
  • Siswa diminta memperhatikan lingkungan umahnya dan memperhatikan apakah ada tumbuhan yang berkembang biak secara generatif.
  • Siswa diminta memberikan hasilnya kepada guru dan sahabat di sekolah.

Jika ingin mendownload Rencana Pelaksanaan Pembelajaran diatas sanggup dilakukan melalui link berikut:

Sekian artikel mengenai RPP Kurikulum 2013 SD/MI yang sanggup kami sajikan. Jika terdapat pertanyaan, sanggup di tanya melalui kolom komentar dibawah. Jangan lupa subscribe via email gratis biar tidak ketinggalan informasi perangkat manajemen sekolah lainnya. Terima Kasih.

Belum ada Komentar untuk "√ Pola Rpp K13 Kelas 6 Revisi 2019| Literasi,Ppk,4C,Hots"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel