√ Kriteria Ketuntasan Minimal (Kkm) Kurikulum 2013 Sd/Mi

KKM Kurikulum 2013 SD/MI Kelas 1, 2, 3, 4, 5, 6 merupakan akronim dari Kriteria Ketuntasan Minimal, yang mempunyai arti sebagai nilai terendah yang harus dicapai oleh penerima didik biar sanggup dinyatakan LULUS dalam setiap Kompetensi Dasar (KD) dalam satu mata pelajaran yang dipelajari oleh penerima didik tersebut.

Nilai untuk Kriteria Ketuntasan Minimum atau KKM K13 SD/MI Revisi biasanya ditetapkan dikala sebelum tahun anutan gres dimulai di sekolah masing-masing. Oleh alasannya yaitu itu setiap guru kelas baik itu guru kelas 1, 2, 3, 4, 5, dan 6 ataupun guru bidang studi harus bisa memutuskan nilainya.

KKM SD/MI sanggup dikatakan sebagai alat ukur para penerima didik untuk mencapai ketuntasan. Besaran nilai harus ditentukan secara khusus oleh satuan pendidikan menurut hasil musyawarah guru mata Pelajaran di satuan Pendidikan atau beberapa satuan pendidikan yang mempunyai ciri yang sama.

Pertimbangan Bapak/Ibu guru atau lembaga MGMP atau KKG secara akademis menjadi faktor penentuan KKM SD setiap mata pelajaran seperti: matematika, ipa, ips, bahasa indonesia (BI), PPKN, PJOK (penjasorkes), SBK, Bahasa Inggris di lembaga pendidikan dengan kurikulum 2013 revisi.

Langkah-langkah dalam memutuskan KKM K13 SD/MI hampir sama dengan klarifikasi diatas. Bahwa dalam menentukan nilai Kriteria Ketuntasan Minimum Kurikulum 2013 dilakukan oleh guru kelas 1, 2, 3, 4, 5, dan 6 atau kelompok guru mata Pelajaran.

Beberapa langkah dan tahapan untuk menciptakan Nilai KKM kurtilas SD dengan revisi 2019 yaitu para guru harus memperhatikan 3 aspek penting, yaitu: Kompleksitas, daya dukung, dan Intak siswa.
  • Aspek kompleksitas diartikan: Semakin kompleks (sukar) KD Kemudian nilainya lebih rendah, dan semakin gampang KD Kemudian nilainya semakin tinggi.
  •  Daya dukung (sarana) diartikan: Semakin tinggi daya derma alam maka nilainya semakin tinggi.
  • Intak siswa (aspek asupan) diartikan: Semakin tinggi kemampuan awal siswa (intake) maka nilainya tetap tinggi pula
 merupakan akronim dari Kriteria Ketuntasan Minimal √ Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) Kurikulum 2013 SD/MI

Hasil penentuan KKM SD/MI Kurikulum 2013 oleh guru kelas 1, 2, 3, 4, 5, dan 6 atau kelompok guru mata disahkan oleh kepala sekolah untuk dijadikan patokan guru dalam melaksanakan penilaian dan kelulusan penerima didik.

Setelah NILAI disahkan makan selanjutnya disosialisaikan untuk pihak-pihak yang berkepentingan, yaitu penerima didik, orang tua, dan pengawas UPT dinas pendidikan. KKM SD yang dicantumkan dalam laporan hasil mencar ilmu atau raport pada dikala orang bau tanah / wali siswa.

Secara umum Kriteria Ketuntasan Minimal mempunyai beberapa fungsi di sekolah dasar, antara lain:
  1. Sebagai acuan bagi seorang guru kelas 1, 2, 3, 4, 5, dan 6 SD dalam menawarkan Pelajaran yang didik sesuai dengan Kompetensi Dasar (KD) setiap mata Pelajaran masing-masing kelas.
  2. Sebagai contoh bagi penerima didik biar sanggup dilakukan sebelum pembelajaran dan dilakukan
  3. Sebagai sasaran targer penerima didik dalam bahan pelajaran setiap Kompetensi Dasar yang telah ditentukan oleh guru masing-masing baik itu semua guru kelas 1 hingga 6.
  4. Sebagai salah satu instrumen dalam melaksanakan evaluasi
  5. Sebagai "kontrak" pedagogik antara pendidik, penerima didik dan masyarakat (sempurna orang bau tanah dan wali murid)


Komponen Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) SD/MI K13

KKM "kompleksitas, daya dukung, dan intake siswa "

Dimana pada kolom KKM K13 ini terbagi atas Kompleksitas, Daya dukung, dan Intake siswa
  1. Kompleksitas yaitu tingkat kesukaran bahan pada KD yang ingin di sasaran siswa. Jika tingkat kesukaran bahan "tinggi", maka kompleksitas akan semakin rendah nilainya. 
  2. Penentuan penilaian kriteria "daya dukung" sanggup dipengaruhi oleh beberapa hal, diantaranya: alat bantu/media yang digunakan, kompetensi guru, apakah "gelar" yang dimiliki guru sesuai dengan kelas yang diampu, apakah guru sudah sertifikasi, dll. Artinya: semakin besar daya dukung yang dimiliki guru, maka nilai pada kriteria "daya dukung" akan semakin tinggi juga nilai KKM Kurikulum 2013. 
  3. Yang terakhir yaitu "intake siswa", kriteria ini sanggup diartikan sebagai SDM siswa yang diajar oleh guru. Jika SDM siswa semakin tinggi, maka nilai KKM Revisi Terbaru untuk aspek "intake siswa", ikut semakin tinggi juga.


KKM "Penilaian Kompetensi Inti"

Terdapat 3 aspek penilaian ini yaitu:
  1. Sosial (K2)
  2. Pengetahuan (K3)
  3. Keterampilan (K4)

Loh Kompetensi Inti untuk Spiritual (K1) dimana? Itu disiapkan oleh guru agama masing-masing. Sedangkan untuk guru kelas harus mengerjakan ketiga penilaian diatas. 

Perlu hati-hati dalam menentukan KKM terutama pada kompetensi dasar aspek pengetahuan dan keterampilan. Semua nilai tergantung kepada kondisi sekolah, guru, dan siswa masing-masing.

Berikut yaitu Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) SD/MI Kurikulum 2013 yang sanggup di download Bapak dan Ibu Guru:


Terima kasih masih mau singgah ke blog kami untuk mendownload aplikasi KKM K13 SD/MI. Jika ada pertanyaan? atau menemukan link dan file yang error serta corrupt harap segera dilaporkan kepada kami di kolom komentar dibawah.

Jangan lupa untuk subscribe via email GRATIS, dan SHARE artikel ini di sosial media untuk saling menyebarkan dengan teman-teman guru yang membutuhkan.

              Belum ada Komentar untuk "√ Kriteria Ketuntasan Minimal (Kkm) Kurikulum 2013 Sd/Mi"

              Posting Komentar

              Iklan Atas Artikel

              Iklan Tengah Artikel 1

              Iklan Tengah Artikel 2

              Iklan Bawah Artikel