√ Silabus Kurikulum 2013 Sd /Mi Revisi Lengkap Semua Kelas

Silabus Kurikulum 2013 SD Revisi Lengkap - Hai semua Bapak dan Ibu Guru, kesempatan kali ini kami akan memposting artikel mengenai Silabus SD/MI K13 . Semoga dokumen yang saya bagikan sanggup dipakai dengan baik, dan bermanfaat bagi kita semua.

Silabus ialah suatu rencana pembelajaran dari kelompok mata pelajaran atau tema tertentu yang terdiri dari standar kompetensi, kompetensi dasar, materi pokok pelajaran, acara pembelajaran, indikator pencapaian kompetensi siswa, alokasi waktu pembelajaran, dan sumber belajar.

Penggunaan Silabus Kurikulum 2013 sangat bermanfaat bagi para guru, terutama dalam menyebarkan proses berguru mengajar di sekolah, selain itu juga membantu menciptakan sistem penilaian menjadi lebih efisien dan efektif.

Perangkat manajemen kelas yang akan Bapak/Ibu download merupakan versi yang berasal dari kemdikbud, oleh alasannya ialah itu kalau terdapat beberapa aspek yang tidak sesuai dengan situasi kondisi sekolah. Anda sanggup melaksanakan penilaian dan pengembangan sendiri.

Bagaimana cara menyebarkan Silabus Kurikulum 2013?

Proses pengembangan dari Silabus K13 sanggup dilakukan oleh tenaga pengajar secara mandiri, atau dengan kelompok Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP), Pusat Kegiatan Guru (PKG), dan Dinas Pendidikan setempat.

Langkah-langkah yang harus dilakukan ialah sebagai berikut:
  1. Kenali 3 hal berikut; karakteristik siswa-siswi, kondisi sekolah, dan keadaan masyarakat. Ini dikarenakan ke-3 faktor tersebut sangat menghipnotis proses berguru mengajar sanggup terealisasi secara maksimal
  2. Setiap guru yang terlibat dalam pengajaran suatu kelas, harus sanggup saling berkonsultasi, sehingga sanggup menghasilkan acara pembelajaran yang terpadu dan tersinkronisasi antar bidang studi. Contoh: Misalnya di kelas 4, guru yang mengajar terdapat 4 orang, yaitu guru kelas, guru bidang studi PJOK, B.Inggris, dan Agama. Silabus SD/MI Kurikulum 2013 setiap guru harus disusun saling terkait satu sama lain. Sehingga sanggup meningkatkan capaian kompetensi siswa.
  3. Jika guru tidak sanggup menciptakan silabus secara mandiri, maka sekolah harus memfasilitasi untuk ikut bergabung dalam forum-forum musyawarah dan kelompok kerja guru.


PRINSIP DASAR PENGEMBANGAN SILABUS SD /MI KURIKULUM 2013

1. Ilmiah
Setiap materi serta seluruh acara yang terkandung dalam Silabus SD/MI K13 harus sanggup secara benar dipertanggungjawabkan.

2. Relevan
Tingkat kesukaran baik materi pelajaran, dan soal-soal yang dipakai dalam rancangan Silabus SD Revisi Kurikulum 2013 harus sama dengan tingkat perkembangan fisik, emosional, sosial, spritual, dan intelektual dari siswa.

3. Sistematis
Untuk menciptakan suatu kompetensi yang tepat, setiap komponen Silabus K13 SD harus mempunyai keterkaitan fungsional.

4. Konsisten
Kompetensi dasar, materi pokok pelajaran, kompetensi dasar, acara pembelajaran, penilaian, sumber berguru harus saling berkaitan satu sama lain.

 kesempatan kali ini kami  akan memposting artikel mengenai Silabus SD √ Silabus Kurikulum 2013 SD /MI Revisi Lengkap Semua Kelas

5. Fleksibel
Artinya Silabus K13 Tematik sanggup mengakomodasi perubahan yang terjadi pada penerima didik dan lingkungan pendidikan di sekolah

6. Menyeluruh
Membahas semua kompetensi siswa ibarat aspek kognitif, afektif, dan psikomotor.

7. Memadai
Komponen ini sanggup memacu setiap kompetensi dasar yang akan dicapai oleh penerima didik.

8. Aktual dan Kontekstual
Silabus SD/MI Kurikulum 2013 sanggup berkembang sesuai dengan perubahan yang sanggup terjadi dari segi ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni.

Cara Download Silabus SD/MI K13 Tematik

  1. Dibawah ini terdapat beberapa file Silabus Tematik Kurikulum 2013 yang tersimpan dalam format .doc (dokumen)
  2. Jika Anda ingin membuka atau mengedit gunakan software Microsoft Word sejenisnya
  3. Jika terdapat beberapa file corrupt, silahkan informasikan kepada kami dengan memperlihatkan komentar di selesai artikel.
  4. Untuk Anda yang mau mendownload, hanya tinggal klik link tautan yang diminati.
  5. Secara otomatis Bapak dan Ibu guru akan diarahkan menuju artikel lain yang telah melaksanakan pembahasan lebih detail mengenai perangkat manajemen kelas tersebut.

Kumpulan Silabus Kurikulum 2013 SD/MI Setiap Kelas dan Tematik

Berikut ialah beberapa dokumen yang sanggup di download secara gratis:


Demikian artikel kali ini sanggup kami sampaikan. Semoga postingan download Silabus Kurikulum 2013 Tematik SD/MI Lengkap sanggup mempunyai kegunaan buat Bapak dan Ibu Guru.

Jangan lupa subscribe via email gratis, untuk mendapat informasi terkini mengenai perangkat manajemen kelas lainnya. Terima Kasih.

Belum ada Komentar untuk "√ Silabus Kurikulum 2013 Sd /Mi Revisi Lengkap Semua Kelas"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel