√ Apa Itu Dapodik?

APA ITU DAPODIK?DAPODIK merupakan abreviasi dari Data Pokok Pendidikan. DAPODIK yaitu software berbasis Web dimana berguna dalam pendataan dan pengelolaan data-data pendidikan yang dikelola oleh forum Instansi pendidikan Indonesia. Terdapat 3 jenis data pendidikan yang dikelola oleh DAPODIK.
  1. Data Sekolah : Berisi informasi-informasi mengenai sekolah, menyerupai nama sekolah, NPSN, bentuk pendidikan sekolah tersebut, alamat sekolah, kontak sekolah, data periodik, sarana dan prasarana sekolah, sanitasi, blockgrant, jadwal yang dimiliki sekolah (layanan khusus, inklusi, ekstrakurikuler, pondok pesantren), legalisasi sekolah, dan lain-lainnya.
  2. Data Siswa: Berisi informasi-informasi wacana siswa/siswi sekolah tersebut, seperti: nama siswa, jenis kelamin, NIS, NISN, NIK, tempat/tanggal lahir, rombongan belajar, reg sertifikat kelahiran, dll.
  3. Data Guru/Tenaga administrasi sekolah: Berisi data-data wacana para guru dan tenaga manajemen yang bekerja di sekolah tersebut, seperti: nama, jenis kelamin, NIK, NUPTK, tempat/tanggal lahir, email, no hp, dll.

SISTEM YANG DIMILIKI DAPODIK


Sejak tahun 1970-an, sistem pengolahan dan pengumpulan data-data pendidikan dilakukan dengan metode kuisoner secara manual. Perkembangan sistem manajemen pendidikan di Tanah Air diikuti oleh seiring perkembangan zaman, semakin canggihnya alat-alat komunikasi dan teknologi memungkinkannya berkembangnya pendataan manajemen dalam dunia pendidikan. Untuk mempermudah pendataan info manajemen dalam dunia pendidikan dibutuhkan aplikasi untuk menunjang kelancaran tersebut, oleh alasannya yaitu itu terbentuklah suatu sistem pengolahan data pendidikan yang dikenal dengan DAPODIK menggunakan sistem online dan real time.


DAPODIK dirancang menggunakan open source basis serta menerapkan aplikasi berbasis web dengan database sistem terpusat. Makara dalam mengolah data-data riwayat sekolah, siswa, dan guru/tenaga pendidik lebih praktis dan praktis diakses alasannya yaitu info tersebut sanggup dilihat oleh masyarakat secara real time dan online melalui internet. Adapun data-data yang dikumpulkan tersebut akan dikelola oleh pemerintah dalam melaksanakan perencanaan perbaikan-perbaikan untuk memajukan pendidikan Indonesia di Masa Depan.

Belum ada Komentar untuk "√ Apa Itu Dapodik?"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel