√ Download Instrumen Legalisasi Pkbm Ban-Pnf ( Kejar Paket ) Terbaru 2019

Salah satu kiprah pokok dan fungsi Badan Akreditasi Nasional Pendidikan Non Formal (BAN-PNF) ialah melaksanakan  akreditasi  terhadap  Pusat  Kegiatan  Belajar  Masyarakat  (PKBM). Akreditasi  ialah kegiatan  penilaian  kelayakan  satuan  beserta  program  PNF  berdasarkan  atas kriteria  yang  telah ditetapkan. Untuk menilai kelayakan tersebut disusun instrumen pengakuan yang mengacu pada Standar Nasional Pendidikan (SNP) sebagaimana ditetapkan melalui Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor  32  Tahun  2013  tentang  Perubahan  atas  Peraturan Pemerintah  Republik  Indonesia  Nomor  19 Tahun 2005, yang meliputi 8 (delapan) standar, yaitu 

 Salah satu kiprah pokok dan fungsi Badan Akreditasi Nasional Pendidikan Non Formal  √ Download Instrumen Akreditasi PKBM BAN-PNF ( Kejar Paket ) Terbaru 2019

1) Standar Kompetensi Lulusan, 
2) Standar Isi,
3) Standar Proses, 
4) Standar Pendidik dan Tenaga Kependidikan, 
5) Standar Sarana dan Prasarana, 
6) Standar Pengelolaan,  
7) Standar Pembiayaan dan 
8) Standar Penilaian Pendidikan.

Instrumen  akreditasi  digunakan  untuk  memperoleh  data  berkaitan  dengan  8  (delapan)  SNP yang menggambarkan kondisi PKBM secara obyektif. Untuk itu, instrumen ini harus diisi oleh pengelola PKBM atau pihak yang bertanggung jawab atas penyelenggaraan PKBM. Jawaban terhadap pertanyaan/pernyataan harus sesuai dengan mekanisme pengakuan PKBM yang telah ditetapkan oleh BAN- PNF.

Petunjuk Umum
  1. Sebelum  mengisi  instrumen  akreditasi  ini,  Saudara  harus  membaca  dan  memahami Pedoman Persyaratan dan Pedoman Pengisian Instrumen Akreditasi PKBM ini terlebih dahulu.
  2. Saudara  harus  meyiapkan  seluruh  dokumen  pendukung  yang  diperlukan  sebagai  kelengkapan jawaban  untuk  setiap  pertanyaan/pernyataan  yang  diajukan  pada  setiap  butir  dalam  instrumen akreditasi.
Petunjuk Khusus
  • Instrumen pengakuan PKBM ini terdiri atas 2 bagian, yaitu:
  1. Bagian  Pertama  adalah  pernyataan  dan  identitas  yang  memuat  :  1)  Pernyataan  Pimpinan Lembaga, 2) Identitas PKBM & Identitas Pengisi Instrumen, 3) Panduan Penyusunan Dokumen Permohonan  dan  Daftar  Lampiran  Akreditasi.  4)  Pedoman  Persyaratan  Akreditasi  PKBM, 5) Pedoman Pengisian Instrumen Akreditasi PKBM
  2. Bagian Kedua adalah Instrumen Akreditasi PKBM yang berisi butir-butir pertanyaan/pernyataan  yang  mencakup  8  (delapan)  SNP.  Butir-butir  pertanyaan/pernyataan tersebut bersifat: 1) terbuka, yaitu pertanyaan/pernyataan yang harus dilengkapi,   diisi   atau diberi   penjelasan  lebih  rinci  oleh  asesi  dan  2)  tertutup,  yaitu  pertanyaan/pernyataan  yang telah disediakan pilihan atau tanggapan dan asesi hanya menentukan yang sesuai dengan keadaan yang sebenarnya.
  • Pengisian  data  untuk  pertanyaan/pernyataan  terbuka  dilakukan  dengan  menjawab/mengisi data pada daerah jawaban/isian yang tersedia. Apabila daerah isian tersebut tidak mencukupi, maka data dapat  dituliskan  pada  lembar  terpisah  dengan  memberi  nomor  butirpertanyaan/pernyataan  dan halaman instrumennya. Sedangkan untuk ertanyaan/pernyataan tertutup, asesi dapat menyentang (√) pilihan yang sesuai dengan keadaan yang sebenarnya.
  • Asesi harus mengisi data secara lengkap dan konsisten untuk pertanyaan/pernyataan yang saling berkaitan satu sama lainnya.
  • Asesi harus melengkapi fotokopi dokumen pendukung secara lengkap dengan informasi terbaru dan disusun secara sistematis berdasarkan pertanyaan/pernyataan dalam instrumen akreditasi.
  • Instrumen pengakuan Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) ini terdiri dari 72 butir pertanyaan dengan rincian sebagai berikut:
1) Standar Kompetensi Lulusan (SKL)              3   Butir
2) Standar Isi                                                 7   Butir
3) Standar Proses                                         7   Butir
4) Standar Pendidik dan Tenaga Kependidikan 6   Butir
5) Standar Sarana dan Prasarana                         6   Butir
6) Standar Pengelolaan                                 28 Butir
7) Standar Pembiayaan                                 5   Butir
8) Standar Penilaian                                         10 Butir
Total                                                                        72 Butir

Download File
Download Instrumen Akreditasi PKBM BAN-PNF ( Kejar Paket )

Belum ada Komentar untuk "√ Download Instrumen Legalisasi Pkbm Ban-Pnf ( Kejar Paket ) Terbaru 2019"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel