√ Panduan Pengguna Aplikasi Prosedur Verval Pd (Nisn) Kemenag Terbaru

Panduan Pengguna Aplikasi Mekanisme Verval PD  √ Panduan Pengguna Aplikasi Mekanisme Verval PD (NISN) Kemenag Terbaru

FITUR APLIKASI
Berikut yaitu klarifikasi fitur-fitur yang terdapat pada aplikasi verifikasi validasi penerima latih :

HOME
Tampilan awal aplikasi Verval PD Kemenag.

DASHBOARD
Menampilkan dashboard Verval PD Kemenag, yang menggambarkan perbandingan antara data siswa di sajian tumpuan dan sajian residu baik berdasarkan jumlah maupun persentase siswa.

SEKOLAH
Menampilkan data siswa per sekolah yang sudah mempunyai NISN. Data ditampilkan sesuai dengan kewenangan user (jabatan ketika pendaftaran di laman Jaringan Pengelola Data Pendidikan/SDM, baik itu Madrasah, Kabupaten/Kota, Propinsi, atau Pusat).

REFERENSI
Menampilkan data siswa per madrasah yang sudah mempunyai NISN dan dilengkapi juga dengan tombol UNMATCH, tombol yang berfungsi untuk mengembalikan data siswa dari sajian tumpuan ke sajian residu.

RESIDU
Menampilkan data siswa per sekolah yang belum diverifikasi NISN-nya dan harus dikelola oleh operator verval PD Kemenag. Fungsi untuk pengajuan NISN gres dan pengelolaan NISN berada di sajian ini, melalui tombol MATCH dan NOT-MATCH.

EDIT DATA
Fasilitas untuk mengajukan perubahan NISN dan juga merubah identitas siswa (nama dan tanggal lahir). Pengajuan perubahan dilakukan oleh operator Kemenag Kabupaten/Kota sesuai dengan undangan dari madrasah. Data yang sanggup diedit yaitu data siswa yang sudah masuk ke dalam data tumpuan Verval PD Kemenag.

KONFIRMASI DATA
Fasilitas untuk mengupdate/memperbaharui database arsip NISN PDSP (laman arsip NISN – http://nisn.data.kemdikbud.go.id), supaya data tumpuan hasil Verval PD Kemenag sanggup dicek oleh siswa atau madrasah secara berdikari melalui laman Arsip NISN.

APPROVAL
Menampilkan data siswa-siswa yang diajukan perubahan NISN atau nama dan tanggal lahir (EDIT DATA). Setiap pengajuan perubahan NISN oleh operator Kemenag Kabupaten/Kota memerlukan persetujuan (approval) terlebih dahulu dari Admin PDSP. Sedangkan setiap pengajuan perubahan nama dan tanggal lahir, memerlukan persetujuan (approval) dari Kanwil Kemenag Provinsi. Oleh alasannya itu, Operator Kanwil Kemenag Provinsi harus melaksanakan investigasi terhadap dokumen pendukung secara cermat dan teliti.

SYSTEM (Logout)
Menu untuk keluar dari Aplikasi Verval PD Kemenag (logout).

PENGGUNAAN APLIKASI
Sebelum melaksanakan verifikasi validasi data penerima didik, mohon disiapkan data siswa setiap madrasah (NISN, Nama Lengkap, Tanggal Lahir, Tempat Lahir dan Nama Ibu), dikelompokan berdasarkan Kelas. Tahapan awal pelaksanaan verifikasi validasi penerima latih :

Catatan :

  1. Jika merasa kesulitan, Operator Verval PD Kemenag Kabupaten/Kota sanggup meminta proteksi pihak madrasah untuk melaksanakan proses verifikasi dan validasi (verval) penerima latih madrasah yang bersangkutan melalui Aplikasi Verval PD Kemenag dengan login memakai akun Operator Verval PD Kemenag Kabupaten/Kota. Namun dalam pelaksanaannya, dimohon supaya kerahasiaan akun Operator Verval PD Kemenag Kabupaten/Kota (password) sanggup tetap terjaga.
  2. Pada ketika melaksanakan verval penerima didik, pihak madrasah diminta untuk menyiapkan daftar siswa secara lengkap sesuai dengan format pendataan EMIS sebagai pola pelaksanaan verval.
  3. Sampai dengan disusunnya panduan penggunaan aplikasi Verval PD Kemenag ini, fitur Edit Data, Konfirmasi Data dan Approval belum sanggup diakses alasannya masih dalam proses penyiapan oleh tim PDSP Kemendikbud.
Untuk penggunaannya silakan download Panduannya

Belum ada Komentar untuk "√ Panduan Pengguna Aplikasi Prosedur Verval Pd (Nisn) Kemenag Terbaru"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel