√ Unduh Pemikiran Skoring Legalisasi Untuk Sd/Mi, Smp/Mts, Sma/Ma Terbaru

 Bobot Komponen dan Bobot Butir Instrumen Akreditasi Sekolah Menengan Atas √ Unduh Pedoman Skoring Akreditasi Untuk SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA Terbaru

TEKNIK PENSKORAN AKREDITASI SMA/MA
A. Bobot Komponen dan Bobot Butir Instrumen Akreditasi SMA/MA
Instrumen Akreditasi SMA/MA disusun menurut delapan komponen yang mengacu pada Standar Nasional Pendidikan. Instrumen Akreditasi ini terdiri dari 165 butir pernyataan tertutup yang terdiri dari lima opsi jawaban. Bobot Komponen dan Bobot Butir Instrumen Akreditasi SMA/MA

B. Penentuan Skor Butir dan Skor Tertimbang Maksimum
Seluruh butir pernyataan Instrumen Akreditasi SMA/MA merupakan pernyataan tertutup yang terdiri dari lima opsi tanggapan yaitu A, B, C, D, atau E. Setiap pernyataan yang dijawab A memperoleh skor = 4, B memperoleh skor = 3, C memperoleh skor = 2, D memperoleh skor = 1, dan E memperoleh skor = 0. Jika perolehan skor maksimum setiap butir sama dengan 4, maka Skor Tertimbang Maksimum sanggup dihitung dengan rumus: Skor Tertimbang Maksimum = Jumlah Butir x Skor Butir Maksimum x Bobot Butir Skor Tertimbang Maksimum pada setiap komponen pengakuan menyerupai nampak pada Tabel 2 Kolom 5 berikut ini. Dari tabel tersebut terlihat bahwa Jumlah Skor Tertimbang Maksimum sama dengan 400.

C. Penentuan Nilai Akhir Akreditasi
  1. Langkah-langkah penentuan Nilai Akhir Akreditasi yaitu sebagai berikut. 1. Menghitung Jumlah Skor Butir yang dijawab A, B, C, D, atau E pada komponen 1 (Standar Isi). Sebagai contoh, tanggapan butir pernyataan instrumen pada standar isi
  2. Mengulang langkah C.1 di atas untuk komponen 2 (Standar Proses) hingga dengan komponen 8 (Standar Penilaian). Sebagai pola kesannya menyerupai pada Tabel 4 Kolom 3, dari Nomor 2 hingga 8.
  3. Menghitung Skor Tertimbang untuk setiap komponen dengan rumus: Skor Tertimbang setiap Komponen = Jumlah Skor Butir x Bobot Butir. Sebagai contoh: Skor Tertimbang untuk Standar Isi = 55 x 0,83 = 45,65. Selanjutnya masukkan Skor Tertimbang untuk Standar Isi tersebut ke dalam Tabel 4, Kolom 5, Nomor 1.
  4. Mengulang langkah C.3 di atas untuk komponen 2 (Standar Proses) hingga dengan komponen 8 (Standar Penilaian). Sebagai pola kesannya menyerupai pada Tabel 4 Kolom 5, dari Nomor 2 hingga 8.
  5. Menjumlahkan Skor Tertimbang untuk setiap komponen mulai dari komponen 1 hingga komponen 8. Sebagai contoh: Jumlah Skor Tertimbang dari seluruh komponen pengakuan sama dengan 346,63 (lihat Tabel 4, Kolom 5 Nomor 9).
  6. Menentukan Nilai Akhir Akreditasi dalam skala ratusan (0—100)

D. Penentuan Nilai Akreditasi Komponen
Nilai Akreditasi Komponen merupakan nilai persentase capaian untuk setiap komponen akreditasi. Langkah-langkah untuk memilih Nilai Akreditasi Komponen yaitu sebagai berikut.
  1. Menghitung Nilai Akreditasi Komponen dalam skala ratusan (0—100),
  2. Mengulang langkah D.1 di atas untuk komponen 2 (Standar Proses) hingga dengan komponen 8 (Standar Penilaian). Sebagai pola kesannya menyerupai pada Tabel 5 Kolom 5, dari Nomor 2 hingga 8.
Catatan: 
Untuk Mendapatkan Password Silakan Hubungi SMS/WA 0853-8611-7714

Download File

Belum ada Komentar untuk "√ Unduh Pemikiran Skoring Legalisasi Untuk Sd/Mi, Smp/Mts, Sma/Ma Terbaru"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel