√ Rpp Kurikulum 2013 Sd/Mi Revisi 2019 | Literasi Ppk 4C Hots

RPP Kurikulum 2013 SD /MI Revisi 2019 & 2019 tidak punya?

Jangan khawatir, saya akan membagikannya kepada Anda  lengkap setiap tematik dari kelas 1, 2, 3, 4, 5, 6, dan PAI untuk digunakan di semester 1 (ganjil) serta semester 2 (genap).

Semuanya di download modal kuota saja, alias GRATIS.

Memang banyak PRO dan KONTRA terhadap RPP SD Kurikulum 2013 sejak diberlakukan sistem pendidikan nasional ini.

Walaupun demikian, sebagai seorang Guru profesional, kita harus tetap melaksanakan kiprah dan tanggung jawab dengan baik.

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) ialah pengembangan rincian dari pembelajaran yang dirancang oleh guru dalam bentuk planning kerja. Rincian tersebut menjabarkan secara lebih terang mengenai silabus, acara pembelajaran, buku teks siswa, buku teks guru, model pembelajaran, media yang digunakan.

Secara singkat RPP digunakan oleh Guru SD dalam pelaksanaan proses berguru mengajar mengacu kepada 7 komponen dasar, yaitu:
  1. Identitas Sekolah/Madrasah: Seperti kelas, semester, tema, sub tema, dan pembelajaran.
  2. Alokasi waktu yang digunakan dikala belajar.
  3. Kompetensi Inti, kompetensi dasar, indikator, dan tujuan pembelajaran.
  4. Materi/topik pelajaran.
  5. Kegiatan pembelajaran.
  6. Cara penilaian beserta indikatornya.
  7. Media, materi ajar, dan sumber berguru digunakan.

Guru di setiap SD mempunyai kewajiban merancang RPP SD untuk digunakan dikelas dikala mengajar. Pentingnya RPP merupakan kepingan dari refleksi guru untuk membuat cara yang paling sempurna semoga siswa sanggup meraih tujuan pembelajaran secara maksimal.



    Perangkat Administrasi Guru Selain RPP SD/MI

    Merancang RPP Kurikulum 2013 SD secara lengkap dan sistematis sesuai dengan komponen dan prinsip penyusunannya adalah salah satu kiprah seorang Guru.

    Semua dilakukan semoga terciptanya acara berguru mengajar yang menyenangkan, inspiratif, efisien, interaktif, efektif, menantang, dan sanggup memotivasi penerima didik berpartisipasi, berkontribusi di kelas, sekolah, keluarga, dan lingkungan masyarakat dalam kehidupan sehari-hari.

    Selain merancang RPP SD/MI Kurikulum 2013, guru juga harus mempunyai perangkat manajemen kelas lainnya, seperti:

    Butuh proses yang panjang dalam mengembangkan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran. Secara umum terdapat 3 proses pengembangan RPP SD Revisi 2019 tersebut.

    Dimulai dari mengkaji Silabus, menganalisis buku guru, dan terakhir memperhatikan buku siswa yang digunakan selama proses pengajaran berlangsung.

    Hal-hal tersebut merupakan kewajiban yang harus diselesaikan guru. Demi membantu guru meringankan kiprah tersebut dan untuk saling menyebarkan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran. Saya menyediakan dan meringkas semua dokumen perangkat K13 SD menjadi praktis di akses. Sehingga Anda tidak mengalami kesusahan untuk mendownload.

    Banyak website diluar sana yang menyediakan RPP SD Kurikulum 2013, namun ketika kita mau mendownloadnya. Malah membuat sakit kepala saja.

    Melalui safe-link, mereka mengunakan tautan berantai demi meningkatkan trafic adsense (iklan google).

    Kaprikornus kita harus mengklik link download berkali-kali. Bahkan ada link serta file yang mengalami error. Menghabiskan kuota saja.

    Sedangkan saya, hanya membagikan RPP K13 SD Revisi 2019 menggunakan link internal, sehingga praktis di akses.

    sejak diberlakukan sistem pendidikan nasional ini √ RPP Kurikulum 2013 SD/MI Revisi 2019 | Literasi PPK 4C HOTS

    Manfaat Penggunaan RPP Kurikulum 2013 SD/MI

    Tentu, banyak diantara Anda sanggup membuat perangkat manajemen kelas dengan benar, namun sehabis selesai ditanda tangani oleh kepala sekolah, malah tidak dipergunakan hanya tersimpan di lemari kelas.

    Tahukah kamu? Bahwa ada beberapa manfaat yang bisa diperoleh jikalau tenaga pendidik memang benar-benar memakai RPP SD/MI K13 Tematik Revisi 2019, salah diantaranya ialah sebagai berikut:
    1. Proses berguru mengajar lebih terarah. Sebab, terlebih dahulu merencanakan apa yang akan dilakukan didalam kelas?. Tidak ada rasa canggung selama acara berguru berlangsung, sebab semuanya telah direncanakan.
    2. Jumlah jam tatap muka yang dihabiskan sempurna sasaran. Artinya sesuai dengan alokasi waktu RPP Kurikulum 2013. Apa lagi untuk mengajar di tingkat satuan sekolah dasar (SD). Guru harus mengupas tuntas 1 pembelajaran selama 1 hari. 
    3. Mempermudah kiprah guru terutama dalam melaksanakan penilaian. Sebab, sebelumnya didalam RPP SD/MI Kurikulum 2013 telah dirancang terlebih dahulu sesuai standar kompetensi dari penilaian spritual (K1), sosial (K2), pengetahuan (K3), dan keterampilan (K4)


    Apa RPP Kurtilas Revisi 2019 Sesuai Peraturan?

    RPP Kurikulum 2013 SD/MI ini sudah sesuai berdasarkan:
    • Permendikbud Nomor 20, 21, 22, 23, dan 24 Tahun 2019 ihwal Standar Isi, Proses, Penilaian Pendidikan dan Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Pelajaran pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah (Cek di Google, kalau penasaran)
    • Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 23 Tahun 2019 ihwal Penumbuhan Budi Pekerti (Download)
    • Perpres Nomor 87 Tahun 2019 ihwal Penguatan Pendidikan Karakter (Download)
    • Permendikbud Nomor 20 Tahun 2019 ihwal Penguatan Pendidikan Karakter pada Satuan Pendidikan Formal (Download)
    • Permendikbud Nomor 37 Tahun 2019 ihwal KI dan KD (Download)

    Menurut yuridis diatas:
    Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) ialah citra planning acara yang akan dilakukan setiap tatap muka yang biasanya lebih dari satu pertemuan. Guru mengembangkan kegiatan pembelajaran Literasi, PPK, 4C, dan HOTS berdasarkan Silabus K13 yang digunakan Sekolah demi tercapainya kompetensi dasar.
    Kaprikornus disimpulkan: Proses berguru mengajar yang baik sesuai impian pemerintah melaksanakan penerapan memakai ke 4 (empat) acara pembelajaran diatas.

    Guru dengan bijaksana harus bisa memenuhi impian tersebut melalui membuat persiapan yang matang sebelum mengajar. RPP menjawab itu semua.

    Bingung?

    Selanjutnya, saya akan menjelaskan sedikit ihwal 4 acara yang harus dimiliki didalam RPP sesuai kurikulum 2013 beserta beberapa modul untuk dipelajari jikalau Anda punya waktu luang.

    Jangan hingga nanti ditanya pengawas di sekolah, kepanjangan GLS, PPK, 4C, dan HOTS malah tidak tau.

    sejak diberlakukan sistem pendidikan nasional ini √ RPP Kurikulum 2013 SD/MI Revisi 2019 | Literasi PPK 4C HOTS

    4 Kegiatan RPP Kurikulum 2013 untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa

    Pendekatan pembelajaran yang diterapkan didalam RPP K13 SD dirancang memakai pendekatan tematik terpadu dimulai Kelas 1 hingga Kelas 6. Pada pelaksanaan Kurikulum 2013 di Sekolah Dasar, pengajaran dilaksanakan melalui integrasi banyak sekali acara ibarat literasi, PPK, kompetensi 4C, dan soal-soal berbasi HOTS.

    Gerakan Literasi Sekolah (GLS)

    Implementasi RPP K13 SD/MI Revisi 2019 mencakup acara yang mendorong siswa meningkatkan minat dan kemampuan membaca. Dilakukan memakai literasi baca tulis, numerasi, sains, finansial, digital, dan budaya kewarganegaraan. (Cek modul dan buku panduan Literasi)

    Penguatan Pendidikan Karakter (PPK)

    Selama transfer pengetahuan berlangsung. Guru juga harus cerdas dalam menanamkan pemikiran, sikap, dan tindakan dalam memperbaharui mental siswa semoga mempunyai huruf religius, nasionalis, mandiri, gotong-royong, dan integritas.(Cek modul dan buku panduan PPK)

    Keterampilan Abad-21 dikenal 4C

    Kegiatan pembelajaran RPP SD K13 Revisi 2019 dilakukan untuk mengasah keterampilan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) serta kemampuan berpikir "learning to know, learning to do, learning to be,dan learning to live together in peace".

    Bisa dilihat pada gambar dibawah lebih terang teladan kegiatannya.

    Kalau ada yang nanya 4C apa?
    Jawaban singkat: pokoknya yang bahasa inggris itu. 😎

    4 C adalah Komunikasi, Kolaborasi, Berpikir Kritis dan Pemecahan Masalah, serta Kreativitas dan Inovasi. Biar praktis uda di terjemahkan kok pakai google translate. 😆
    (Download cara implementasi RPP SD/MI Kurikulum 2013 dalam mengembangkan keterampilan abad-21)

    Higher Order Thinking Skill (HOTS)

    Kompetensi dasar dari RPP SD K13 Revisi 2019 menggunakan C4 (analisis), C5 (evaluasi), dan C6 (Kreasi) berdasarkan taksonomi bloom. (Cek Panduan Orientasi HOTS)

    Lihat :
    sejak diberlakukan sistem pendidikan nasional ini √ RPP Kurikulum 2013 SD/MI Revisi 2019 | Literasi PPK 4C HOTS


    Bagaimana Cara Download RPP Kurikulum 2013 SD/MI .doc?

    1. Bagi Anda yang ingin mendownload RPP SD/MI, hanya tinggal menelusuri lebih lanjut link tautan diahir artikel,
    2. Selanjutnya akan diarahkan secara otomatis menuju artikel lain, yang telah melaksanakan pembahasan secara lebih detail terkait perangkat manajemen kelas yang dibutuhkan,
    3. Setiap Rencana Pelaksanaan Pembelajaran telah saya bagi, menurut semester, tematik, sub tema, dan pembelajaran sesuai buku guru dan siswa yang berasal dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
    4. Adapun format RPP SD yang saya gunakan yaitu  WINRAR, dan .doc (dokumen). Perlu melaksanakan ekstrak file kemudian memakai software Microsoft Office, OpenOffice Writer, AbiWord, Google Docs sejenisnya, untuk bisa membukanya.


    Download RPP SD/MI Kurikulum 2013

    PerhatianRencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) K13 Revisi 2019 Tematik yang saya bagikan merupakan model yang sanggup dijadikan acuan sesuai dengan Buku Guru dan Siswa Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

    Jika terdapat ketidak cocokan beberapa kepingan ibarat kompetensi dasar, sumber belajar, atau acara pembelajaran.

    Diharapkan lakukan pengeditan terlebih dahulu untuk menyesuaikan dengan sekolah masing-masing.

    Berikut dibawah ini kumpulan teladan RPP SD/MI Kurikulum 2013 bisa Bapak dan Ibu Guru download:



    Bonus:


      PENUTUP

      Terima kasih sebab sudah meluangkan waktu untuk membaca artikel mengenai RPP SD/MI Kurikulum 2013 Revisi 2019 Semester 1 dan 2. Jika ada pertanyaan? link/file error? pribadi ke kolom komentar.

      Silahkan SHARE untuk saling menyebarkan RPP di media umum dengan teman-teman guru yang belum mempunyai perangkat manajemen kelas.

      Jangan lupa untuk subscribe via email dan notifikasi GRATIS, semoga website ini tetap hidup.

      Belum ada Komentar untuk "√ Rpp Kurikulum 2013 Sd/Mi Revisi 2019 | Literasi Ppk 4C Hots"

      Posting Komentar

      Iklan Atas Artikel

      Iklan Tengah Artikel 1

      Iklan Tengah Artikel 2

      Iklan Bawah Artikel