√ Silabus Kelas 3 Kurikulum 2013 Sd/Mi Tematik | Kemdikbud

Silabus Kelas 3 Kurikulum 2013 SD/MI Tematik | Kemdikbud - Postingan kali ini, kami akan membagikan dokumen mengenai Silabus K13 Semester 1 dan 2 yang terdiri dari semua tema dilengkapi sub tema serta pembelajaran yang menyeluruh.

Pembelajaran tematik telah diberlakukan untuk tingkat satuan pendidikan SD (SD). Melalui pembelajaran tersebut setiap kegiatan akan dirancang secara khusus melalui Silabus dan RPP Kurikulum 2013 SD sesuai dengan acara kehidupan konkret.

Silabus SD/MI Kelas 4: Pengetahuan dan Keterampilan sama pentingnya

Melalui praktik pengetahuan dan keterampilan, kegiatan yang terkandung didalam Silabus Kelas 3 diperlukan menumbuhkan perilaku religius, dan adat sosial dalam melaksanakan tindakan yang bertanggung jawab untuk melaksanakan acara penerima didik.
 kami akan membagikan dokumen mengenai Silabus K √ Silabus Kelas 3 Kurikulum 2013 SD/MI Tematik | Kemdikbud

Dokumen Silabus SD/MI K13 Kelas 3 ini menekankan proses pembelajaran yang tidak hanya mementingkan aktivitas, tetapi wacana bagaimana membuat kehidupan pendidikan sekolah yang aktif, kreatif, dan berpikir kritis oleh penerima didik.

Penekanan yang dianjurkan dalam pembelajaran Silabus Tematik Kelas 3 Kurikulum 2013 tidak hanya memperkenalkan pembelajaran mata pelajaran yang didasari konsep atau teori hafalan, melainkan ke pemfokusan dimensi afeksi, keterikatan dan kepedulian penerima didik terhadap hal-hal nyata disekitar melalui acara mencar ilmu mandiri.

Praktik pengetahuan setiap mata pelajaran yang terkandung di Silabus SD/MI Kelas 3 dilakukan memakai pendekatan pembelajaran khusus. Peran Bapak dan Ibu Guru sangat dibutuhkan dalam mendorong rasa keingintahuan, perilaku terbuka, kritis, responsif yang dilakukan penerima didik.

Metode Pembelajaran Silabus Kurikulum 2013 Tematik

Salah satu pendekatan pembelajaran Silabus Kelas 3 K13 diadaptasi dengan orientasi Kurikulum 2013 melalui pendekatan proses keilmuan disebut saintifik dalam tahapan proses sebagai berikut: mengamati, menanyakan, mengumpulkan informasi, mengasosiasi, dan terakhir mengomunikasikan.

Sangat diperlukan Bapak dan Ibu guru bisa membuatkan segala jenis pendekatan tersebut sehingga meningkatkan kualitas siswa.

Penerapan Alokasi Waktu Pengajaran Bidang Studi Kelas 3

Permasalahan alokasi waktu untuk tiap kelas yang sempurna dalam melaksanakan perancangan dan pengembangan Silabus, sehingga sanggup menghasilkan penerima didik yang sanggup bersaing secara global sanggup dilakukan dengan memperhatikan tabel berikut:

KelasIIIIIIIVVVI
Jumlah jam pelajaran per minggu
30
32
34
36
36
36
Mata pelajaran Agama
4
4
4
4
4
4
Jumlah jam pelajaran tematik per minggu
26
28
30
32
32
32

Berdasarkan tabel tersebut sanggup diketahui bahwa alokasi waktu yang dilakukan pada pembelajaran total di kelas 3 ialah 34 Jam per minggu, dengan catatan 4 jam pelajaran Agama, dan 30 Jam dihabiskan untuk proses mencar ilmu mengajar tematik per minggu.

Mata pelajaran Bahasa Indonesia dan Matematika, kegiatan rancangan Silabus SD/MI Kelas 3 menekankan pada penguasaan membaca, menulis, dan berhitung. Kegiatan dilakukan memakai Literasi, Pendidikan Penguatan Karakter (PPK), 4C dan Higher Order Thinking Skill. Sedangkan pelajaran Pendidikan Jasmani dan Kesehatan (PJOK) sanggup diadaptasi menurut sarana serta prasarana yang dimiliki sekolah.

Contoh Silabus SD/MI K13 Kelas 3 Tematik

Dibawah ini merupakan Silabus Kelas 3 yang dibentuk oleh Pusat Kurikulum dan Pembukuan serta Kemdikbud. Sehingga sanggup dijadikan sebagai model panduan dalam membuatkan silabus sesuai mata pelajaran, Ilmu Pengetahuan Alam (IPA), Seni Budaya dan Keterampilan (SBK), Matematika, Pendidikan Kewarganegaraan (PKn), Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS), Bahasa Indonesia, Pendidikan Jasmani dan Kesehatan (PJOK), dan Pendidikan Agama dan Budi Pekerti.

Semuanya sanggup didownload sesuai tematik masing-masing, melalui link dibawah ini:


Cukup sekian artikel postingan mengenai Silabus SD/MI Tematik Kelas 3 K13 ini sanggup kami sajikan.

Jika ditemukan dimasa depan link/file yang error serta corrupt, kami harapkan Bapak dan Ibu guru memberitahukan melalui kolom komentar dibawah. Terima Kasih.

Belum ada Komentar untuk "√ Silabus Kelas 3 Kurikulum 2013 Sd/Mi Tematik | Kemdikbud"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel