√ Pengertian Internet

Internet merupakan jaringan global komputer dunia, besar dan sangat luas sekali dimana setiap komputer saling terhubung satu sama lainnya dari negara ke negara lainnya di seluruh dunia dan berisi banyak sekali macam informasi, mulai dari text, gambar, audio, video, dan lainnya.

Internet itu sendiri berasal dari kata Interconnection Networking, yang berarti kekerabatan dari banyak jaringan komputer dengan banyak sekali tipe dan jenis, dengan menggunakan tipe komunikasi menyerupai telepon, salelit, dan lainnya.

Dalam mengatur integrasi dan komunikasi jaringan komputer ini menggunakan protokol yaitu TCP/IP. TCP (Transmission Control Protocol) bertugas untuk memastikan bahwa semua kekerabatan bekerja dengan benar, sedangkan IP (Internet Protocol) yang mentransmisikan data dari satu komputer ke komputer lain. TPC/IP secara umum berfungsi menentukan rute terbaik transmisi data, menentukan rute alternatif kalau suatu rute tidak sanggup di gunakan, mengatur dan mengirimkan paket-paket pengiriman data.

Untuk sanggup ikut serta menggunakan kemudahan Internet, Anda harus berlangganan ke salah satu ISP (Internet Service Provider) yang ada dan melayani kawasan Anda. ISP ini biasanya disebut penyelenggara jasa internet.

Anda sanggup menggunakan kemudahan dari Telkom menyerupai Telkomnet Instan, speedy dan juga layanan ISP lain menyerupai first media, netzip dan sebagainya. Internet menawarkan banyak sekali manfaat, ada yang sanggup menawarkan manfaat baik dan buruk.

Baik bila digunakan untuk pembelajaran gosip dan jelek bila digunakan untuk hal yang berbau pornografi, gosip kekerasan, dan lain-lainnya yang negatif. Internet ini memungkinkan pengguna komputer di seluruh dunia untuk saling berkomunikasi dan menyebarkan gosip dengan cara saling mengirimkan email, menghubungkan komputer satu ke ke komputer yang lain, mengirim dan mendapatkan file dalam bentuk text, audio, video, membahas topik tertentu pada newsgroup, website social networking dan lain-lain.


Internet berawal dari diciptakannya teknologi jaringan komputer sekitar tahun 1960. Apa bahwasanya jaringan komputer itu ? Jaringan komputer ialah beberapa komputer terhubung satu sama lain dengan menggunakan kabel dalam satu lokasi, contohnya dalam satu kantor atau gedung. 

Jaringan komputer ini berfungsi semoga pengguna komputer sanggup bertukar gosip dan data dengan pengguna komputer lainnya. Pada awal diciptakannya, jaringan komputer dimanfaatkan oleh angkatan bersenjata Amerika untuk mengembangkan senjata nuklir. Amerika khawatir kalau negaranya diserang maka komunikasi menjadi lumpuh.

Untuk itulah mereka mencoba komunikasi dan menukar gosip melalui jaringan komputer. Setelah angkatan bersenjata Amerika, dunia pendidikan pun merasa sangat perlu mempelajari dan mengembangkan jaringan komputer. 

Salah satunya ialah Universitas of California at Los Angeles (UCLA). Akhirnya tahun 1970 internet banyak digunakan di unversitas-universitas di Amerika dan berkembang pesat hingga ketika ini. Agar para pengguna komputer dengan merek dan tipe berlainan sanggup saling berhubungan, maka para hebat menciptakan sebuah protokol (semacam bahasa) yang sama untuk digunakan di internet. 

Namanya TCP (Transmission Control Protocol, bahasa Indonesianya Protokol Pengendali Transmisi) dan IP (Internet Protocol).

Belum ada Komentar untuk "√ Pengertian Internet"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel