√ Pendidikan Indonesia Pada Era Jepang

Pada masa pemerintahan pendudukan Jepang di Indonesia, Jepang mengadakan perubahan-perubahan yang besar dengan menghapus aneka macam jenis pendidikan rendah menurut golongan-golongan penduduk itu, yang ada hanya satu jenis sekolah rendah untuk sekolah lapisan masyarakat yang disebut “Syoo-gekkoo” (sekolah rendah) usang belajarnya 6 tahun. Selanjutnya, ada “TYUU Gakkoo” (sekolah menengah pertama) 3 tahun “Kootoo gakkoo”. Sedang sekolah pendidikan gurunya yaitu Kyoin Yoogoi sho (sekolah guru B) lamanya

4 tahun dan si han Gakkoo (sekolah guru atas). Pendidikan ala Jepang memiliki prograsivitas dan lebih dinamis,tetapi dinamika dan progresivitas itu lebih ditekankan pada physical training, bukan mental disiplin. Demokratisasi pendidikan pada masa penjajahan Jepang juga memiliki tujuan politis, dan tidak bersifat dinamis.

Pendidikan pada zaman Jepang, tujuan pendidikan bukan untuk memajukan bangsa Indonesia, tetapi mendidik belum dewasa untuk sanggup menunjang kepentingan perang Jepang melawan sekutu.
  • Kelemahan pendidikan zaman Jepang 
- Kerja bakti; kinrohosi, cari iles-iles : nama jarak cari besi bau tanah
- Bahasa Inggris dihentikan : pengetahuan sempit
- Latihan kemiliteran/ baris-berbaris : kyoren 
  • Keuntungan pendidikan zaman Jepang 
- Sekolah rakyat 6 tahun
- Bahasa Indonesia : bahasa pengantar
- Senam pagi : taiso

Belum ada Komentar untuk "√ Pendidikan Indonesia Pada Era Jepang"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel